Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, dan Motivasi Kerja terhadap Prestasi Guru di Madrasah Ibtidaiyah Swasta (MIS) Se-Kecamatan Polombangkeng Utara Kabupaten Takalar
Sari
Abstrak :
Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Prestasi Kerja Guru di Madrasah Ibtidaiyah Swasta Se-Kecamatan Polombangkeng utara Kabupaten Takalar (2) Untuk mengetahui pengaruh motivasi kerja terhadap Prestasi Kerja Guru di Madrasah Ibtidaiyah Swasta Se-Kecamatan Polombangkeng utara Kabupaten Takalar (3) Untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi kerja secara bersama-sama terhadap Prestasi Kerja Guru di Madrasah Ibtidaiyah Swasta Se-Kecamatan Polombangkeng utara Kabupaten Takalar.
Penelitian ini dilaksanakan pada Madrasah ibtidaiyah swasta se-Kecamatan Polom bangkeng utara mulai Juni 2017 – Agustus 2017. Populasi Penelitian ini adalah Guru di Madrasah Ibtidaiyah Swasta Se-Kecamatan Polombangkeng utara Kabupaten Takalar yang berjumlah 32 orang, Sampel sebanyak 20 orang. Teknik penarikan sampel dengan menggunakan teknik Probability Sampling tepatnya Simple random Sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode survey Jenis expost facto dengan membagikan kuesioner (angket) kepada guru yang telah teruji validitas reliabilitasnya dan sesuai dengan penelitian yang dilakukan. Analisis data yang digunakan dengan menggunakan analisis deskriptif, Uji Linearitas, Uji Multikolinieritas, Uji T-Test, dan Uji F-Test.
Hasil Penelitian menunjukkan bahwa (1) Kepemimpinan kepala Sekolah berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap Guru di Madrasah Ibtidaiyah Swasta Se-Kecamatan Polombangkeng Kabupaten Takalar (2) Motivasi Kerja berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap prestasi kerja Guru di Madrasah Ibtidaiyah Swasta Se-Kecamatan Polombangkeng Kabupaten Takalar (3) Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja berpengaruh positif dan signifikan secara Simultan terhadap Guru di Madrasah Ibtidaiyah Swasta Se-Kecamatan Polombangkeng Kabupaten Takalar
Kata Kunci : Kepemimpinan, Motivasi kerja, Prestasi Kerja GuruTeks Lengkap:
PDFReferensi
Abdul Hadis dan Nurhayati B. (2010). Manajemen Mutu Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
A.L Hartani. (2011). Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: LaksBang.
Darmadi, Hamid. 2013. Dimensi-Dimensi Metode Penelitian Pendidikan dan Sosial.Bandung: Alfabeta.
Edy, Sutrisno. (2011). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Hamzah B. Uno dan Nina Lamatenggo. (2012). Teori Kinerja dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.
Husaini, Usman. (2008). Manajemen, teori, praktik, dan riset pendidikan. Jakarta: BumiAksara.
Ghalib, N., & Gunawan, B. I. (2016). PENGARUH MOTIVASI KERJA DAN BUDAYA SEKOLAH TERHADAP KOMPETENSI GURU MADRASAH DI KECAMATAN SOMBA OPU KABUPATEN G. Jurnal Mirai Management, 1(1), 42-49.
Kartono, Kartini. 2008. Pemimpin dan Kepemimpinan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Kurniawati, E.D, 2009. Pengembangan Bahan Ajar Bahasa dan Sastra Indonesia dengan pendekatan tematis. Surakarta: Program Pascasarjana Universitas Sebelas Maret.
Mardapi, Djemari, 2012. Pengukuran Penilaian dan Evaluasi Pendidikan. Yogyakarta: Nuhamedika.
Miftah Thoha (2010) Kepemimpinan dalam manajemen. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Depdiknas, 2010. Petunjuk Teknis Pelaksaan Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya. Jakarta: Depdiknas.
Robbins & Coulter (2012). Defenisi Gaya Kepemimpinan, dalam muhamadbahrulum.blogspot.co.id. diakses 5 Maret 2018
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,
Kualitatif, dan Rnd. Bandung: Alfabeta.
, 2011. Metode Penelitian Statsitika untuk penelitian. Bandung : Alfabeta.
, 2012. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung : CV Alfabeta
_______. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung:Alvabeta.
Supardi (2014). Motivasi kerja, dalam Zalssyam. Blogspot.co.id/2015/06/ kinerja-guru-motivasi-kerja dan.html?m=1. diakses 5 Maret 2018.
Surya, Dharma. (2011). Manajemen Kinerja Falsafah Teori dan Penerapannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Syaiful, Sagala. (2009). Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan. Medan: Alfabeta.
Taty, Rosmiati dkk. (2011). Manajemen Pendidikan. Bandung: Alfabeta. Veithzal, Rivai. (2002). Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Uno (2013). Motivasi kerja, dalam Zalssyam. Blogspot.co.id/2015/06/ kinerja-guru-motivasi-kerja dan.html?m=1. diakses 5 Maret 2018.
Yani, H.M. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Penerbit Mitra Wacana Media. 230 Hal.
DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v1i2.232
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional