Pengaruh Peran Orang Tua, Guru, Motivasi Belajar, Metode, Sarana dan Prasarana terhadap Prestasi Hafalan Al-Qur’an Siswa SDIT Nurul Fikri Makassar
Sari
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk (1) untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Peran Orang Tua secara parsial terhadap Prestasi Hafalan Qur’an Siswa SDIT Nurul Fikri Makassar, (2) untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Peran Guru secara parsial terhadap Prestasi Hafalan Qur’an Siswa SDIT Nurul Fikri Makassar, (3) untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Motivasi Belajar secara parsial terhadap Prestasi Hafalan Qur’an Siswa SDIT Nurul Fikri Makassar, (4) untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Metode Belajar secara parsial terhadap Prestasi Hafalan Qur’an Siswa SDIT Nurul Fikri Makassar, (5) untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Sarana Dan Prasarana secara parsial terhadap Prestasi Hafalan Qur’an Siswa SDIT Nurul Fikri Makassar, (6) untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Peran Orang Tua, Guru, Motivasi Belajar, Metode, Sarana Dan Prasarana secara simultan terhadap Prestasi Hafalan Qur’an Siswa SDIT Nurul Fikri Makassar.
Penelitian ini dilaksanakan pada SDIT Nurul Fikri Makassar, sampel menggunakan random sampling, yaitu semua anggota populasi diambil secara acak sampai terpenuhi persentase yang diinginkan. Sampel berjumlah 75 responden pada SDIT Nurul Fikri Makassar. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah Wawancara langsung kepada pihak-pihak yang terlibat dengan masalah yang sedang dibahas serta memberikan kuesioner kepada siswa yang sesuai dengan penelitian yang dilakukan. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis regresi linear berganda, Uji T-test, Uji F serta Uji Koefisien Determinasi (R2).
Hasil analisis menunjukkan bahwa (1) Peran Orang Tua berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap Prestasi Hafalan Qur’an Siswa SDIT Nurul Fikri Makassar, (2) Guru tidak berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap Prestasi Hafalan Qur’an Siswa SDIT Nurul Fikri Makassar, (3) Motivasi Belajar tidak berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap Prestasi Hafalan Qur’an Siswa SDIT Nurul Fikri Makassar, (4) Metode berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap Prestasi Hafalan Qur’an Siswa SDIT Nurul Fikri Makassar, (5) Sarana Dan Prasarana berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap Prestasi Hafalan Qur’an Siswa SDIT Nurul Fikri Makassar, (6) Peran Orang Tua, Peran Guru, Motivasi Belajar, Metode Belajar, Sarana Dan Prasarana berpengaruh positif dan signifikan secara simultan terhadap Prestasi Hafalan Qur’an Siswa SDIT Nurul Fikri Makassar.
Kata Kunci: Peran Orang Tua, Guru, Motivasi Belajar, Metode, Sarana dan Prasarana, dan Prestasi Hafalan Qur’an Siswa.
ABSTRACT
This study aims to (1) to know and analyze the role of Parents directly to the Recital of Al-Qur'an Students' Elementary Nurul Fikri Makassar, (2) to know and analyze the Teachers partially to the Recitation Memorize Qur'an Students SDIT Nurul Fikri Makassar, (3) to know and analyze the Motivation of Learning partially to the Recitation of Al Qur'an Students of SDIT Nurul Fikri Makassar, (4) to know and analyze Learning Method partially to the Recitation of Qur'an Memorization of SDIT Nurul Fikri Makassar, (5) to know and analyze the influence of Facilities and Infrastructure directly to the Recitation of Al Qur'an Students of SDIT Nurul Fikri Makassar, (6) to know and analyze the role of Parent, Teacher, Learning Motivation, Method, Facilities And Infrastructure simultaneous to the Achievement of Memorization of Qur'an Students of SDIT Nurul Fikri Makassar.
This research was conducted at SDIT Nurul Fikri Makassar, the sample using random sampling, that is all members who have proven useful. The sample hides 75 respondents at SDIT Nurul Fikri Makassar. Data collection methods used are direct interviews to the parties involved with the issues being discussed and provide questionnaires to students in accordance with the research undertaken. Data analysis was done by using multiple linear regression analysis, T-test, F test and Determination Coefficient Test (R2).
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Ahmad Warson Munawir, Almunawir. 1997. Kamus Bahasa Arab-Indonesia. Surabaya: Pustaka Progresif.
Ansyar, M. 2001. Kurikulum Menyongsong Otonomi Pendidikan di Era Globalisasi : Peluang, tantangan, dan Arah“. Jakarta: Foruim Pendidikan
Aminudin. 2005. Pendidikan Agama Islam Untuk Perguruan Tinggi Umum.Bogor: Ghalia Indonesia.
Ardhana, Wayan. 1985. Pokok-pokok Jiwa Umum. Surabaya: Usaha Nasional.
Baharuddin. 2010. Menejemen Pendidikan Islamtranformasi Menuju Sekolah/Madrasah Unggul, UIN-press.
Dahar, Ratna Wilis.1989. Teori-teori Belajar, Depdikbud berkerjasama dengan Dirjend Perguruan Tinggi, PPL Pendidikan Tenaga Kependidikan, Jakarta.
Gredler E. Bell Margaret.1991. Belajar dan Membelajarkan, Terjemahan Munandir. Jakarta: CV. Rajawali.
George R. Terry, Mulyono. 2008. Manajemen Administrasi dan Organisasi Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media,
Gus Arifin dan Suhendri Abu Faqih. 2010. Al-Qur’an Sang Mahkota Cahaya. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Heinz Kcok. 1991. Saya Guru Yang Baik. Yogyakarta: Kanisius.
Jamal Ma’mur Asmani, 2011. 7 Tips Aplikasi PAKEM. Jogjakarta: DIVA Press [Anggota [KAPI].
Marida. 2016. Pengaruh Pengawasan, Motivasi dan Pemberian Insentif terhadap Disiplin Kerja Guru di SMA Negeri 3 Watampone, Kabupaten Bone.
Mulyasa. 2008. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nata, Abuddin.2005. Pendidikan Dalam Perspektif Hadits. Jakarta :UIN Jakarta Press.
Nur Uhbiyati. 1998. Ilmu Pendidikan Islam. Bandung: Pustaka Setia
Pusat Bahasa Departemen Pendidikan. 2007. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Irwan, I., Munir, A. R., & Ilyas, G. B. (2017). PENGARUH DISIPLIN KERJA, PENGEMBANGAN KARIR DAN KOMPENSASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN PERMATA BANK MAKASSAR. Jurnal Mirai Management, 2(2), 295-306.
Qaradhawi, Yusuf, Al. 2007. Menumbuhkan Cinta kepada Al-Qur’an, Penerjemah: Ali Imran. Yogyakarta: Mardhiyah Press.
Saiful B. Djamarah, 2011. Psikologi Belajar (Jakarta: Rineka Cipta.
Sardiman A. 1990. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: CV. Rajawali Pers.
Sulistyorini, 2009.Menejemen Pendidikan Islam. Yogyakarta:Teras.
Suparmin. 2003. Motivasi dan Etos kerja. Jakarta: DEPAG RI.
Syah, Muhibbin. 2002. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.
Sidi, Indra Djati. 2001. Menuju Masyarakat Belajar (Menggagas Paradigma Baru Pendidikan), Jakarta: Paramadina,
Snelbecker, Glenn. E. 1974. Learning Theory, Intructional Theory, and Psycoeducational Design, McGraw-Hill Book Company, United State of America
Shihab Quraish M.2008). Sejarah dan Ulum Al-Qur’an. Jakarta: Pusataka Firdaus.
Sagala, Syaiful. 2009. Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan. Bandung : Alfabeta.
Sanjaya, Wina. 2008. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta : Prenada Media Group.
Sulistiyorini. 2006. Menejemen Pendidikan Islam. Surabaya: eLKAF.
Tadjab.1994. Ilmu Pendidikan, (Surabaya : Karya Abditama.
Tabrani Rusyan, dkk.1989. Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar, Bandung: CV. Remaja Rosdakarya.
Ismail Hasan, guru al-Qur’an Hadist dikelas III SD Irada Gresik, 18 Mei 2017.
Masalah Remaja. “Metode Menghafal”. http://makalah-lin.blogspot.com/2013/11/metode-menghafal.html. (diakses tanggal 19 Mei 2017).
DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v1i2.234
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional