Pengaruh Orientasi Kewirausahaan dan Orientasi Pasar Terhadap Kinerja Bisnis (Studi Kasus pada Pelaku Usaha Cafe di Kota Gorontalo)
Sari
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh orientasi kewirausahaan dan orientasi pasar terhadap kinerja bisnis (Studi Kasus pada Pelaku Usaha Cafe di Kota Gorontalo secara parsial maupun simultan. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan kuesioner. Adapun jumlah sampel sebanyak 40 orang. Analisis data dalam penelitian ini yakni analisis kuantitatif inferensial regresi berganda. Hasil Penelitian menunjukan bahwa (1) Orientasi kewirausahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja bisnis pada Pelaku usaha Cafe di Kota Gorontalo dengan nilai koefisien determinasi parsial sebesar 24,60%. (2) Orientasi pasar berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja bisnis pada Pelaku usaha Cafe di Kota Gorontalo dengan nilai koefisien determinasi parsial sebesar 23,90%. (3) Orientasi kewirausahaan dan orientasi pasar secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja bisnis pada Pelaku usaha Cafe di Kota Gorontalo. Nilai koefisien determinasi 48,50% sehingga sisanya sebesar 52,50% dapat dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini seperti kemampuan manajemen, strategi bisnis, modal sosial, kearifan lokal dan efektivitas bauran pemasaran.
Kata Kunci: Kinerja Bisnis, Orientasi Kewirausahaan, Orientasi Pasar
Teks Lengkap:
PDF (English)Referensi
Anggai, Anraini Mulya. 2020. Membangun Keunggulan Bersaing Produk Melalui Orientasi Pasar dan Inovasi Produk. Skripsi. Gorontalo: Program S1 Manajemen Universitas Negeri Gorontalo.
Asad, Muzaffar. Chethiyar, Saralah Devi Mariamdarana dan Ali, Ahsan. 2020. Total Quality Management, Entrepreneurial Orientation, and Market Orientation: Moderating Effect of Environment on Performance of Smes. 14(1): 102-108.
Djodjobo, Cynthia V dan Tawas, Hendra N.. 2014. Pengaruh Orientasi Kewirausahaan, Inovasi Produk, dan Keunggulan Bersaing Terhadap Kinerja Pemasaran Usaha Nasi kuning Di Kota Manado. Journal Emba. 2 (3): 1214 -1224.
Fatmawati, Rossa A. 2015. Pengaruh Orientasi Pasar, Orientasi Kewirausahaan Terhadap Keunggulan Bersaing Dan Kinerja Pemasaran Pada Warung Kucing/Angkringan di Kota Semarang. Jurnal Manajemen. Vol.2: 23 – 35.
Haryono, Tulus. Marniyati, Sabar. (2017). Pengaruh Market Orientation, Inovasi Produk, Dan Kualitas Produk Terhadap Kinerja Bisnis Dalam Menciptakan Keunggulan Bersaing. Jurnal Bisnis & Manajemen. 17(2): 51-68.
Helia, Renita., Farida, Naili dan Prabawani, Bulan. 2015. Pengaruh Orientasi Pasar dan Orientasi Kewirausahaan Terhadap Keunggulan Bersaing Melalui Inovasi Produk Sebagai Variabel Antara. Diponegoro Journal Of Social And Political Of Science. 1 – 11.
Irawan, Beni. 2016. Pengaruh Orientasi Kewirausahaan Dan Inovasi Produk Terhadap Keunggulan Bersaing. Skripsi. Gorontalo: Program S1 Manajemen Universitas Negeri Gorontalo.
Irwanti.S. 2017. Cafe dan gaya Hidup Modern. Jurnal Al-Khitabah. Vol.3. Hal. 33 – 47
Jogaratnam, Giri. 2017. The Effect of Market Orientation, Entrepreneurial Orientation and Human Capital on Positional Advantage: Evidence From The Restaurant Industry. 60: 104 – 113
Kurniawan, Indra. 2020. Pengaruh Orientasi Kewirausahaan, Orientasi Pasar, Lingkungan Eksternal Bisnis dan Kapasitas Penyerapan Terhadap Kinerja Bisnis. jmd: Jurnal Manajemen dan Bisnis Dewantara. 3(2): 132-147
Niode, Idris Yanto. 2021. Peran Kemampuan Manajemen dan Orientasi Kewirausahaan Terhadap Kinerja Bisnis dengan Strategi Bisnis Sebagai Variabel Intervening. Disertasi. Palu: Program Studi Doktor Ilmu Ekonomi. Universitas Tadulako
Nuvriasari, Audita., Wicaksono, Gumirlang dan Sumiyarsih. 2015. Peran Orientasi Pasar, Orientasi Kewirausahaan Dan Strategi Bersaing Terhadap Peningkatan Kinerja Ukm. Jurnal Ekonomi dan Keuangan. 19(2): 241 – 259
Prakosa, Bagas. 2005. Pengaruh Orientasi Pasar, Inovasi Dan Orientasi Pembelajaran Terhadap Kinerja Perusahaan Untuk Mencapai Keunggulan Bersaing. Jurnal Studi Manajemen & Organisasi. 12(1): 35 – 57
Puspita Sari, Nurul. 2020. Pengaruh Modal Intelektual Terhadap Kinerja Bisnis Pada Ukm Di Kabupaten Sidoarjo (Studi Empiris pada ukm di Bidang Industri). akunesa: Jurnal Akuntansi Unesa. 8(3): 77–89
Satwika, i Ketut Pertiwi. Dewi, Ni Made Wulandari Kusuma. 2018. Pengaruh orientasi pasar serta inovasi terhadap keunggulan kompetitif dan kinerja bisnis. E-Jurnal Manajemen Unud. 7(3): 1481-1509.
Scott, T. W. dan Tiessen, P. (2009). Performance measurement and managerial teams.Accounting, Organizations and Society, 24, Pp 263-285
Setyawati, Harini A. 2013. Pengaruh Orientasi Kewirausahaan Dan Orientasi Pasar Terhadap Kinerja Perusahan Melalui Keunggulan Bersaing Dan Persepsi Ketidak Pastian Lingkungan Sebagai Prediksi Variabel Modersasi. Jurnal Fokus Bisnis. 12(2): 20 – 32
Srimindarti, Ceacilia. (2004). Balanced Scorecard Sebagai Alternatif untuk Mengukur Kinerja. Fokus Ekonomi. Vol. 3, No. 1, April
Sukaryawan, I Made. (2013). Pengaruh Orientasi Pasar, Kewirausahaan dan Inovasi Terhadap Kinerja Bisnis Pada Perusahaan Aspal-Beton (Hotmix) Di Jabodetabek. Jurnal mix, 3(2): 231-246
Suryana. 2006. Kewirausahaan Pedoman Praktis: Kiat dan Proses Menuju Sukses. Jakarta: Salemba Empat.
Syukron, Muhamad Zidni dan Ngatno. 2016. Pengaruh Orientasi Pasar dan Orientasi Kewirausahaan Terhadap Inovasi Produk dan Keunggulan Bersaing Umkm Jenang di Kabupaten Kudus. Jurnal Administrasi Bisnis. 5(1): 24 – 34
Udriyaha. Thama, Jacquline. dan Azam, S. M. Ferdous. 2019. The Effects of Market Orientation and Innovation on Competitive Advantage and Business Performance of Textile Smes. Management science letters 9: 1419–1428.
Wajdi. M. Farid. Mangifera, Liana. Wahyuddin, M. Isa, Muzakar. (2018 ). Pengaruh Market Orientation, Inovasi Produk, Dan Kualitas Produk Terhadap Kinerja Bisnis Dalam Menciptakan Keunggulan Bersaing. Jurnal Bisnis & Manajemen. 20(2): 104-111
Yamin, Shahid. A. Gunasekaran dan Mavondo, Felix T. 1999. Relationship Between Generic Strategies, Competitive Advantage And Organizational Performance: An Empirical Analysis. Jurnal Internasional. Technovation. 19: 507 – 518.
Zeebaree, Mohammed R. Yaseen dan Siron, Rusinah Bt. 2017. The Impact of Entrepreneurial Orientation on Competitive Advantage Moderated by Financing Support in Smes. International Review of Management and Marketing. 7(1) 43-52.
DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v4i2.2341
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional