Pengaruh Marketing Mix Terhadap Kepuasan Pengguna GoJek
Sari
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh marketing mix terhadap kepuasan pengguna gojek pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Alauddin Makassar. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 95 orang yang ditentukan berdasarkan rumus slovin. Data dalam penelitian ini menggunakan data primer yang dikumpulkan dengan menyebar kuesioner kepada seluruh responden. Analisis data yang akan dilakukan yaitu uji statistik deskriptif, uji instrument data penelitian yang terdiri dari (uji validitas, uji reliabilitas), uji normalitas, uji heteroskedastisitas, uji multikolinearitas dan pengujian seluruh hipotesis melalui uji koefisien determinasi, uji parsial (uji t) dan uji simultan (uji f). Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk, harga, lokasi, dan promosi secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pengguna GoJek pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Alauddin Makassar. Sementara orang, proses dan bukti secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pengguna GoJek pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Alauddin Makassar. Secara simultan produk, harga, lokasi, promosi, orang, proses dan bukti fisik berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pengguna GoJek pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Alauddin Makassar. Variabel marketing mix yang paling berpengaruh terhadap kepuasan pengguna GoJek pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Alauddin Makassar adalah produk.
Kata Kunci: Produk; Harga; Lokasi; Promosi; Orang; Proses; Bukti fisik; Kepuasan Pengguna Gojek.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Ammarsyaf, A. (2017). Pengaruh service marketing mix terhadap kepuasan pelanggan (survey kepada pengguna transjakarta). http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/39629
Anau, A. P. (2016). Analisis pengaruh service marketing mix terhadap proses keputusan pembelian di DKI Jakarta (studi pada pengguna Go-Jek). STIE Indonesia Banking School. http://repository.ibs.ac.id/500/
Anau, A. P., & Bagasworo, W. (2016). Keputusan penggunaan layanan Go-Jek di DKI Jakarta berdasarkan pengaruh service marketing mix. Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Perbankan (Journal of Economics, Management and Banking), 2(2), 63–69. http://dx.doi.org/10.35384/jemp.v2i2.125
Azhar, M. E., Jufrizen, J., Prayogi, M. A., & Sari, M. (2019). Effect of marketing mix and service quality on tourist satisfaction. Proceeding UII-ICABE, 133–140. https://journal.uii.ac.id/icabe/article/view/14701
Dwisinta, S., & Magdalena, M. (2019). Analisis pengaruh bauran pemasaran terhadap kepuasan pelanggan pengguna go-jek online di STIE “KBP” padang. Academic Conference For Management 1. http://ocs.akbpstie.ac.id/index.php/ACMR/ACM1/paper/view/107/0
Farida, I., Tarmizi, A., & November, Y. (2016). Analisis pengaruh bauran pemasaran 7p terhadap kepuasan pelanggan pengguna gojek online. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 1(1), 31–40. https://www.neliti.com/publications/259303/analisis-pengaruh-bauran-pemasaran-7p-terhadap-kepuasan-pelanggan-pengguna-gojek
Febriani, Z. R. (2019). Pengaruh bauran pemasaran terhadap kepuasan pelanggan studi pada pengguna jasa gojek kota Serang. UIN SMH BANTEN. http://repository.uinbanten.ac.id/4720/
Garg, S. A., Singh, H., & De, K. K. (2016). Direct and indirect effects of marketing mix elements on satisfaction. Academy of Marketing Studies Journal, 20(1), 53. https://www.researchgate.net/profile/Imran-Anwar-2/post/Can_anyone_help_me_find_questionaire_on_marketing_strategy_based_on_4_Ps/attachment/60cf54e85e24cd0001664a02/AS%3A1036785878577155%401624200424744/download/DirectandIndirectEffectsofMarketingMixonSatisfaction.pdf#page=57
Hamzah, D. (2015). Pengaruh marketing mix terhadap keputusan mahasiswa memilih fakultas ekonomi Universitas Muhammadiyah Pontianak. FAKULTAS EKONOMI. http://repository.unmuhpnk.ac.id/id/eprint/211
Hutauruk, M. R., Ghozali, I., Aprianti, D. I., Reonald, N., & Mushofa, A. (2020). Marketing mix and customer satisfaction in its role toward customer loyalty through environmental accounting moderation. International Journal of Scientific and Technology Research, 9(3), 996–1001. https://www.researchgate.net/profile/Martinus-Robert-Hutauruk/publication/340887404_4a_File_Jurnal/links/5ea2d18992851c87d1b10b69/4a-File-Jurnal.pdf
Ismail, M. B. M., Mubarack, K. M., & Thulkifly, M. Z. (2015). Impact of service marketing mix on customer satisfaction. http://ir.lib.seu.ac.lk/handle/123456789/1777
Jayanti, N. (2013). Analisis Pengaruh marketing mix (7p) terhadap kepuasan konsumen melalui loyalitas konsumen (studi kasus pada Klinik Kecantikan Larissa Aesthethic Center Di Semarang). Students’ Journal of Economic and Management, 2(1). https://www.journal.unrika.ac.id/index.php/beningjournal/article/view/3118
Khatab, J. J., Esmaeel, E. S., & Othman, B. (2019). Dimensions of service marketing mix and its effects on customer satisfaction: a case study of international Kurdistan Bankin Erbil City-Iraq. TEST Engineering & Management, 4846, 4846–4855. https://www.researchgate.net/profile/Jawdat-Jaafar-Khatab/publication/338169077_Dimensions_of_Service_Marketing_Mix_and_its_Effects_on_Customer_Satisfaction_A_Case_Study_of_International_Kurdistan_Bankin_Erbil_City-Iraq/links/5e44585a458515072d96ccf5/Dimensions-of-Service-Marketing-Mix-and-its-Effects-on-Customer-Satisfaction-A-Case-Study-of-International-Kurdistan-Bankin-Erbil-City-Iraq.pdf
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). A framework for marketing management. Pearson Boston, MA.
Manap, A. (2016). Revolusi Manajemen Pemasaran.
Mohammad, H. I. (2015). 7PS marketing mix and retail bank customer satisfaction in northeast Nigeria. British Journal of Marketing Studies, 3(3), 71–88. https://www.researchgate.net/profile/haruna-mohammad/publication/356149392_7ps_marketing_mix_and_retail_bank_customer_satisfaction_in_northeast_nigeria/links/618dab6861f0987720870b37/7ps-marketing-mix-and-retail-bank-customer-satisfaction-in-northeast-nigeria.pdf
Mohammadi, M., & Sohrabi, T. (2018). Examining the effect of marketing mix elements on customer satisfaction with mediating role of electronic customer relationship management. Industrial Engineering & Management Systems, 17(4), 653–661. https://www.dbpia.co.kr/Journal/articleDetail?nodeId=NODE07587671
Noviana, B. I. (2013). Pengaruh service marketing mix terhadap kepuasan konsumen Hotel Amaris Surabaya. Jurnal Hospitality Dan Manajemen Jasa, 1(2), 472–482. http://publication.petra.ac.id/index.php/manajemen-perhotelan/article/view/1007
Othman, B., Harun, A., Sadq, Z. M., Rashid, W. N., Abdullah, K. M., Mohammed, H. O., & Faeq, D. K. (2020). Effects of service marketing mix on umrah customer satisfaction: Empirical study on umrah traveling industry in Malaysia. TEST Engineering and Management, 83, 22895–22909. https://www.researchgate.net/profile/Zana-Sadq/publication/342338993_Effects_of_Service_Marketing_Mix_on_Umrah_Customer_Satisfaction_Empirical_Study_on_Umrah_Traveling_Industry_in_Malaysia/links/5ef3c871a6fdcceb7b22b642/Effects-of-Service-Marketing-Mix-on-Umrah-Customer-Satisfaction-Empirical-Study-on-Umrah-Traveling-Industry-in-Malaysia.pdf
Perdana, T. G. (2017). Pengaruh komponen marketing mix 7p terhadap kepuasan pelanggan dan dampaknya terhadap e-wom positif pada pengguna go-ride go-jek di Surabaya. Universitas Airlangga. https://repository.unair.ac.id/64555/
Qadir, A., Wahab, Z., & Nailis, W. (2017). Analisis penerapan blue ocean strategy pada service marketing mix terhadap keputusan penggunaan jasa go-jek. (studi kasus pengguna jasa go-jek di Palembang). Sriwijaya University. https://repository.unsri.ac.id/19399/
Sari, W. N. (2021). Pengaruh marketing mix terhadap kepuasan pengguna jasa pengiriman j&t exspress kota Bagan Batu. http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/16659
Setio, S., & Wahjudono, D. B. K. (2020). Pengaruh marketing mix terhadap kepuasan dan loyalitas customer hotel Amaris Darmo Surabaya. EKUITAS (Jurnal Ekonomi Dan Keuangan), 4(3), 396–420. https://ejournal.stiesia.ac.id/ekuitas/article/view/4558
Sihite, J. (2019). The online transportation marketing mix cocreation: a case study@ gojekindonesia. Journal of Marketing and Consumer Research, 57, 44–50. https://core.ac.uk/download/pdf/234694572.pdf
Simanjuntak, J. H. P., Wahab, Z., & Nailis, W. (2020). Pengaruh people, process dan physical evidence terhadap kepuasan konsumen dalam penggunaan jasa gojek. Sriwijaya University. https://repository.unsri.ac.id/25809/
Solimun, S., & Fernandes, A. A. R. (2018). The mediation effect of customer satisfaction in the relationship between service quality, service orientation, and marketing mix strategy to customer loyalty. Journal of Management Development. https://doi.org/10.1108/JMD-12-2016-0315
Wati, I. (2018). Pengaruh marketing mix terhadap tingkat kepuasan konsumen alfamart Semeru Kediri. http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/9230
Wilson, A., Zeithaml, V., Bitner, M. J., & Gremler, D. (2016). EBOOK: Services Marketing: Integrating Customer Focus Across the Firm. McGraw Hill.
Yuniar, A. K. (2012). Pengaruh bauran pemasaran terhadap kepuasan konsumen pada PT Surya Timur Sakti Jawa Timur. Surabaya: Universitas Airlangga. http://eprints.upnjatim.ac.id/787/1/File_1.pdf
DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v5i2.2378
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional