Pengaruh E-WoM di Sosial Media Tiktok terhadap Pembelian Impulsif Produk Kosmetik di Indonesia

Desi Rahmaningsih, Devilia Sari

Sari


Abstrak

Rangsangan E-WoM seringkali menjadi stimulus yang menekan ego penerimanya dan berotensi memunculakn perilaku pembelian impulsif. Salah satu konten populer di Tiktok adalah konten kecantikan yang membahas mengenai produk-produk kosmetik. Penelitian memiliki tujuan untuk mengukur E-WoM di Tiktok Indonesia, mengetahui pembelian impulsif produk kosmetik di Indonesia, dan untuk mengatahui pengaruh E-WoM di Media Sosial Tiktok terhadap pembelian impulsif produk kosmetik di Indonesia.

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dan kausal. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat pengguna produk kosmetik di Indonesia yang menggunakan Aplikasi Tiktok dengan jumlah yang tidak diketahui secara pasti. Sampel yang diambil dalam penelitian ini terdiri atas 405 orang responden dengan menggunakan metode non-probability yang disebar dengan teknik snowball sampling. Penelitian ini menggunakan metode analisis regreasi linear sederhana.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa E-WoM di Media Sosial Tiktok berpengaruh signifikan terhadap pembelian impulsif produk kosmetik di Indonesia. Dapat dilihat dari hasil uji t (thitung17,731 > ttabel1,96587) dan tingkat signifikansi (0,000 < 0,05). Hasil analisis data berdasarkan koefisien dan determinasi menunjukkan bahwa E-WoM (X) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap pembelian impulsif (Y) sebesar 43,8%.

Kata Kunci: Electronic Word of Mouth; Pembelian Impulsif; Produk Kosmetik

Abstract

E-WoM stimulus is could be a stimulus that suppresses the recipient's ego and potentially makes impulsive buying behavior. One of the most popular content on Tiktok is beauty content that discusses cosmetic products. This study aims to find out E-WoM in Tiktok Indonesia, to find out the impulse buying of cosmetic products in Indonesia, and to know the leverage of E-WoM on Tiktok on impulse buying on cosmetic products in Indonesia.

The research method used in this research is descriptive and causal. The population in this study is the community of users of cosmetic products in Indonesia who use the Tiktok application with an unknown number of people. The samples taken in this study were 405 respondents using the non-probability method which was spread by snowball sampling technique. This study uses a simple linear regression analysis method.

The results showed that E-WoM on Tiktok had a significant effect on impulsive purchases of cosmetic products in Indonesia. It can be seen from the results of the t test (t count 17.731 > t table 1.96587) and the level of significance (0.000 < 0.05). The results of data analysis based on coefficients and determination show that E-WoM (X) has an effect on impulse buying (Y) by 43.8%.

Keywords: Electronic Word of Mouth; Impulsive Purchases; Cosmetic Products


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Bahri, Syaiful. (2018). Metodologi Penelitian Bisnis – Lengkap dengan Teknik Pengolahan Data SPSS. Yogyakarta: Penerbit ANDI.

Sari, F. K., Safitri, N., & Anggraini, W. (2020). The Effect of Price of Discounts, Electronic Word Of Mouth (EWOM) And Price Towards Interest In Buying In ECommerce. Journal of Islamic Economic Scholar, 1(2), 125–143.

Satrio, D., Sabana, C. & Feranita, M. (2020). Impulse Buying: The Effect of Shopping Lifestyle, Sales Promotion Attractiveness and Understanding of Quality Website. Pekalongan: Universitas Pekalongan.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.satrio.

Yistiani Dkk. (2012). Pengaruh Atmosfer Gerai dan Pelayanan Ritel Terhadap Nilai Hedonik dan Pembelian Impulsif Pelanggan Matahaari Department Store Duta Plaza di Denpasar. Denpasar: Universitas Udayana.

CNBC Indonesia. (2018). Milenial Cenderung Impulsif Belanja Kosmetik. https://www.cnbcindonesia.com/lifestyle/20180402180923-33-9409/milenial-cenderung-impulsif-belanja-kosmetik. Diakses pada tanggal 20 Janusari 2022.

Evandio, Akbar. (2021). Tiktok Catat Konten Kecantikan Naik 4 Kali Lipat, Makanan Naik 5 Kali. https://teknologi.bisnis.com/read/20211026/266/1458268/tiktok-catat-konten-kecantikan-naik-4-kali-lipat-makanan-naik-5-kali. Diakses pada 20 Januari 2022.

Sigit, Agus. (2021). Trend Pengguna Kosmetik Meningkat, Indonesia Diprediksi Jadi Pasar ke-5 Terbesar di Dunia. https://www.krjogja.com/peristiwa/nasional/trend-pengguna-kosmetik-meningkat-indonesia-diprediksi-jadi-pasar-ke-5-terbesar-di-dunia/. Diakses pada tanggal 6 Februari 2022.

Statista. (2020). Number of TikTok users in selected countries in 2020. https://www.statista.com/statistics/1202979/number-of-monthly-active-tiktok-users/. Diakses pada tanggal 23 Oktober 2021.




DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v5i2.2429

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter