Pengaruh Harga Pokok Produksi dan Biaya Promosi terhadap Penjualan Subsektor Kosmetik dan Barang Keperluan Rumah Tangga Yang Terdaftar di BEI Periode 2015-2021
Sari
Abstrak
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui dan menguji pengaruh harga pokok produksi dan biaya promosi baik secara parsial maupun secara bersama-sama (simultan) terhadap penjualan pada perusahaan kosmetik dan barang keperluan rumah tangga yang terdaftar di bursa efek indonesia periode 2015-2021. Populasi penelitian berjumlah 10 perusahaan manufaktur subsektor kosmetik dan barang keperluan rumah tangga lainnya yang terdaftar di bursa efek indonesia periode 2015-2021. Sampel ditentukan dengan purposive sampling. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Pengujian hipotesis menggunakan model analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) harga pokok produksi memiliki pengaruh signifikan terhadap penjualan. Hal ini ditunjukkan dengan nilai t hitung > t tabel yaitu 31,632 > 1,6939 dan nilai signifikansi (sig) 0,000 < 0,05. (2) biaya promosi memiliki pengaruh signifikan terhadap penjualan. Hal ini ditunjukkan dengan nilai t hitung > t tabel yaitu 7,859 › 1,6939 dan nilai signifikansi (sig) 0,000 < 0,05. (3) harga pokok produksi dan biaya promosi secara bersama-sama berpengaruh terhadap penjualan. Hal ini ditunjukan dengan nilai F hitung ˃ F tabel yaitu 1.261,120 ˃ 3,29 dan nilai signifikansi (sig) 0,000 ˂ 0,05.
Kata kunci : Harga pokok produksi, biaya promosi dan penjualan.
Abstract
This study aims to determine and test the effect of cost of goods manufactured and promotional costs both partially and jointly (simultaneously) on sales in cosmetics companies and other household goods listed on the Indonesian stock exchange for the 2015-2021 period. The research population includes 10 of manufacturing companies of the cosmetics and other household goods subsector listed on the Indonesian stock exchange for the period 2015-2021. Samples were determined by purposive sampling. The research method used is quantitative method. Hypothesis testing uses multiple linear regression analysis models. The results showed that (1) the cost of goods manufactured had a significant effect on sales. This is indicated by the calculated t value › t table which is 31,632 › 1.6939 and the significance value (sig) of 0.000 < 0.05. (2) promotional costs have a significant effect on sales. This is indicated by the calculated t value › t table which is 7,859 › 1.6939 and the significance value (sig) of 0.000 < 0.05. (3) cost of goods manufactured and promotional costs jointly affect sales. This is shown by the calculated F value ˃ F table which is 1.261,120 ˃ 3.29 and the significance value (sig) of 0.000 ˂ 0.05.
Keywords: Cost of goods manufactured, promotional cost and sales.Teks Lengkap:
PDFReferensi
Abdullah, T; Francis, T. (2016). Manajemen pemasaran. PT. Raja Grafindo Persada.
Dewi, Sofia Prima; Kristanto, S. B. (2013). Akuntansi biaya. IN MEDIA
Fauzan, A., Rohman, A., Produk, K., & Beli, M. (2019). Terhadap Minat Beli Sepeda Motor Kawasaki. 9, 104–113.
Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ghozali, I. (2018). Aplikasi analisis multivariate dengan program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Https://www.idx.co.id/perusahaan-tercatat/laporan-keuangan-dan-tahunan/. Diakses pada tanggal 15 Maret 2022 pukul 13.29 WIB.
Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. (n.d.). Mengenal strategi iklan kekinian digital marketing. Badan Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif RI. Diakses pada tanggal 20 Maret 2022 melalui https://www.kemenparekraf.go.id/ragam-ekonomi-kreatif/Mengenal-Strategi-Iklan-Kekinian,-Digital-Marketing
Kementerian Perindustrian RI. (2020). Analisis Perkembangan Industri Pengolahan Non Migas Indonesia 2020-Edisi IV. Www.Kemenperin.Go.Id, 08. https://www.kemenperin.go.id/download/25489/Laporan-Analisis-Perkembangan-Industri-Edisi-IV-2020
Noor, S. R. A. R. S. (2020). Pengaruh harga pokok produksi terhadap harga jual makanan ternak pada koperasi peternak sapi Bandung Utara Lembang. Jurnal Akuntansi, 13(1).
Reza Putri. (2019). Pengaruh harga pokok produksi berdasarkan sistem activity based costing dampaknya terhadap harga jual produk: Studi pada divisi kendaraan khusus PT.Pindad (Persero) Bandung. Jurnal Akuntansi, Audit Dan Sistem Informasi Akuntansi, 3(2), 240–252.
Sabini, F. W. (n.d.). 2021 Industri kosmetik ditargetkan tumbuh 10 persen. Koran Jakarta. Diakses pada tanggal 17 Maret 2022 melalui https://koran-jakarta.com/2021-industri-kosmetik-ditargetkan-tumbuh-10-persen?page=all#:~:text=JAKARTA - Pelaksana Tugas (Plt.,lalu sebesar 9%2C39 persen.
Sari, D. M., & Fitriatuti, T. (2017). Dasar akuntansi-pemahaman konsep dan praktek. In Mulawarman University Press (Vol. 53, Issue 9).
Setiyaningrum, A. (2015). Prinsip-prinsip pemasaran. Andi.
Sobur Setiaman, S.Kep, Ns, M. (K3L). (2019). Analisis korelasi dan regresi linier sederhana dengan SPSS Versi 24. Statistik, 1–68.
Statistik, B. P. (n.d.). Publikasi. Diakses pada tanggal 13 Maret 2022 melalui https://www.bps.go.id/publication.html?Publikasi%5BtahunJudul%5D=2021&Publikasi%5BkataKunci%5D=&Publikasi%5BcekJudul%5D=0&yt0=Tampilkan
Sugiyono. (2018). Statistika Untuk Penelitian. Alfabeta.
Tourani, N. (2022). Thriving in a shifting landscape: Role of social media in support of business strategy. Asia Pacific Management Review. Https://doi.org/10.1016/j.apmrv.
DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v5i3.2450
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional