Pengaruh Pemasaran Online dan Etika Pemasaran Islam Terhadap Keputusan Pembelian
Sari
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh pemasaran online dan etika pemasaran islam terhadap keputusan pembelian pada produk fashion online di Makassar. Populasi dalam penelitian ini adalah orang yang pernah melakukan pembelian produk fashion secara online, karena populasi yang digunakan adalah seluruh yang pernah melakukan pembelian produk fashion via online. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 100 responden yang diperoleh dengan rumus Lemeshow. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan data primer dalam bentuk kuesioner yang disebarkan kepada seluruh populasi penelitian. Data dalam penelitian ini akan diuji dengan beberapa tahapan pengujian, diantaranya yaitu uji statistik deskriptif, uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik (uji normalitas, uji autokorelasi, uji multikolinearitas) dan pengujian seluruh hipotesis melalui uji koefisien determinasi, uji parsial (uji t) dan uji simultan (uji f). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pemasaran online berpengaruh signifikan positif terhadap keputusan pembelian pada produk fashion online di Makassar. Hal ini berarti bahwa pemasaran online yang dilakukan dengan baik akan mempengaruhi keputusan pembelian konsumen. Sementara itu, etika pemasaran islam berpengaruh signifikan positif terhadap keputusan pembelian pada produk fashion online di Makassar. Hal ini berarti semakin baik etika pemasaran islam, maka keputusan poembelian juga akan meningkat.
Kata Kunci: pemasaran online; etika pemasaran islam; keputusan pembelian.
Abstract
This study aimed to investigate the impact of online marketing and Islamic marketing ethics on purchasing decisions for online fashion products in Makassar. This study's population consists of individuals who have purchased fashion items online, as the population sampled has all made online fashion purchases. Using the Lemeshow formula, as many as 100 respondents were utilized to collect samples. This quantitative research method employs a questionnaire disseminated to the total research population to collect primary data. Several tests, including descriptive statistical tests, validity tests, reliability tests, classical assumption tests (normality test, autocorrelation test, multicollinearity test), and testing all hypotheses via the coefficient of determination test, partial test (t-test), simultaneous test, will be applied to the data in this study (f test). Based on the findings of this study, it can be concluded that online marketing has a considerable beneficial impact on purchasing decisions for online fashion products in Makassar. This indicates that effective online marketing will influence consumer purchasing decisions. In the meantime, Islamic marketing ethics influence purchasing decisions for online fashion products in Makassar in a tangible way. This indicates that the higher the level of Islamic marketing ethics, the greater the purchasing decisions.
Keywords: Online Marketing; Islamic Marketing Ethics; Buying Decision.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Abuznaid, S. (2012). Islamic marketing: addressing the Muslim market. https://repository.najah.edu/handle/20.500.11888/2676
Afendi, M. (2019). Pengaruh etika pemasaran islam terhadap keputusan nasabah menggunakan produk jasa keuangan syariah (studi kasus pada bank BNI Syariah Cabang Kusumanegara Yogyakarta). Universitas Alma Ata Yogyakarta. http://elibrary.almaata.ac.id/id/eprint/1652
Alifkah, A. (2022). Perilaku pemasaran online shop pada mahasiswa FEBI di IAIN Parepare (analisis etika bisnis islam). IAIN Parepare. http://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/3474
Anggraini, I. (2018). Pengaruh etika bisnis islam dalam meningkatkan minat beli konsumen. https://core.ac.uk/download/pdf/293469652.pdf
Biasa, K. M., Tumbel, A. L., & Walangitan, M. D. (2021). Pemanfaatan sistem pemasaran online dan strategi pemasaran dalam menigkatkan pembelian konsumen pada masa pandemic covid-19 (study kasus online shop Manado). Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 9(2). https://doi.org/10.35794/emba.v9i2.33913
Candra, R. (2018). Pengaruh internet marketing dalam pembentukan brand awareness terhadap keputusan pembelian konsumen dalam perspektif etika bisnis islam (studi pada konsumen ladyfame shop). UIN Raden Intan Lampung. http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/3212
Faizal, P. R. M., Suhaida, M. A., Norizah, D., & Afifa, N. N. (2021). Applying Islamic marketing ethics in marketing digitalization during the COVID-19 MCO period in Malaysia: A guide to small-scale Muslimpreneurs. AIP Conference Proceedings, 2347(1), 20283. https://doi.org/10.1063/5.0052041
Floren, J., Rasul, T., & Gani, A. (2019). Islamic marketing and consumer behaviour: a systematic literature review. Journal of Islamic Marketing. https://doi.org/10.1108/JIMA-05-2019-0100
Hana, K. F., & Miranti, A. R. (2021). The impact of online consumer reviews, e-service quality, and content marketing on purchasing decisions on the shopee seller marketplace, with islamic business ethics as a moderation variable. BISNIS: Jurnal Bisnis Dan Manajemen Islam, 9(2), 345–356. https://scholar.archive.org/work/p5cssyd4pvdepl2a2ncsih7kvq/access/wayback/https://journal.iainkudus.ac.id/index.php/Bisnis/article/download/13477/pdf
Jamaludin, A., Arifin, Z., & Hidayat, K. (2015). Pengaruh promosi online dan persepsi harga terhadap keputusan pembelian. Jurnal Administrasi Bisnis, 21(1). http://repository.ub.ac.id/117181/
Karbala, A. H. (2018). Pengaruh etika pemasaran islam terhadap keputusan nasabah dalam menggunakan jasa keuangan syariah the influence of islamic ethical marketing of clients in using islamic finance services (study pada BMT mitra usaha umma. Widodomartani, Ngemplak, Sleman Yog. https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/12789
Kotler, P., & Armstrong, G. (2010). Principles of marketing. Pearson education.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen pemasaran. edisi.
Lubis, L. A. (2019). Pengaruh strategi pemasaran terhadap keputusan pembelian pada konsumen online shop dalam perspektif islam (studi kasus arimbi hijab). http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/5715
Lubis, R. (2019). Pengaruh etika pemasaran islam terhadap keputusan nasabah menggunakan produk Muḍarabah Pada BMT Insani Sadabuan Kota Padangsidimpuan. IAIN Padangsidimpuan. http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/3323/
Melania, F. A., & Ridlwan, A. A. (2022). Pengaruh penerapan etika pemasaran islami terhadap kepuasan pelanggan (studi pada pelanggan produk chiztikk Surabaya). Jurnal Iqtisaduna, 8(1), 43–56. https://doi.org/10.24252/iqtisaduna.v8i1.29069
Mujiyana, M., & Elissa, I. (2018). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian via internet pada toko online. J@ TI Undip: Jurnal Teknik Industri, 8(3), 143–152. https://ejournal.undip.ac.id/index.php/jgti/article/view/5382
Rahmi, A., & Yogia, M. A. (2015). Pengaruh pemasaran online terhadap keputusan pembelian produk fashion dikalangan mahasiswa. Valuta, 1(1), 149–172. https://journal.uir.ac.id/index.php/valuta/article/download/1133/699
Riaz, M. (2016). Islamic marketing ethics and the marketing practices of Islamic banks. ISRA International Journal of Islamic Finance, 8(2). https://ssrn.com/abstract=3646145
Rivai, V. (2013). Kepemimpinan dan perilaku organisasi.
Rohmah, M., & Waid, A. (2022). Pengaruh etika bisnis islam terhadap keputusan pembelian konsumen pada produk tas my qeena di kebumen. MAEN: Jurnal of Management, Economics, and Entrepreneur, 1(1), 91–105. http://www.ejournal.iainu-kebumen.ac.id/index.php/maen/article/view/547
Setiani, L. (2019). Engaruh pemasaran online dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian dengan brand awareness sebagai variabel intervening pada konsumen soraya shop palembang. Uin raden fatah palembang. http://repository.radenfatah.ac.id/17569/4/BAB V.pdf
Suharsono, R. S., & Sari, R. P. (2019). Pengaruh promosi media online terhadap keputusan pembelian produk hijab. JAMIN: Jurnal Aplikasi Manajemen Dan Inovasi Bisnis, 1(2), 41–54. http://dx.doi.org/10.47201/jamin.v1i2.28
Wandanaya, A. B. (2016). Pengaruh pemasaran online terhadap keputusan pembelian produk. Creative Communication and Innovative Technology Journal, 5(2), 174–185. https://www.neliti.com/publications/296182/pengaruh-pemasaran-online-terhadap-keputusan-pembelian-produk
DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v5i2.2552
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional