Analysing The Impact Of Green Marketing Strategies On Consumer Purchasing Selesction

A.Tenri Syahraeni, Syarthini Indrayani, Salam Salam, Sultan Sarda, Muhaimin Muhaimin, Andi Arman, Mira Mira, Muh. Rusdi

Sari


Penelitian ini akan menguji secara empiris apakah green marketing dalam hal ini adalah Harga, Produk, distribusi, promosi dan pengetahuan berpengaruh terhadap pilihan konsumen pada produk kecantikan bodyshop. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah Quantitative research dengan pendekatan Causal research. Adapun populasi adalah mahasiswa prodi akuntansi dan manajemen yang secara aktif terdaftar pada Universitas Muhamamdiyah Makassar. Dengan tekhnik pengambilan sampel adalah purposive sampling dengan jumlah 113 sampel yang teruji. Pengujian Hipotesis dilakukan dengan menggunakan alat uji SPSS for windows 24.0 dengan pengujian variabel independen yaitu Harga, Produk, distribusi, promosi dan pengetahuan dan variabel dependen yaitu pilihan konsumen . Adapun hasil penelitian menunjukan bahwa Harga, Produk, distribusi, promosi dan pengetahuan berpengaruh terhadap pilihan kustumer untuk membeli atau tidak membeli produk bodyshop. Ini berarti Pada produk yang ramah lingkungan, banyak konsumen menganggap bahwa green product memiliki nilai dan manfaat yang baik bagi dirinya dan lingkungan karena berasal dari bahanbahan yang alami. Untuk alasan tersebut, konsumen green product menganggap bahwa uang yang dikeluarkan sebanding dengan manfaat yang diterima, begitupun dengan promosi, distribusi dan tentunya pengetahuan menjadi dasar dan preferensi bagi konsumen untuk memilih produk tersebut.

Kata kunci: Pemilihan Custumer, Green marketing

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Boztepe, Aysel. 2012. Green Marketing and Its Impact on Consumer Buying Behavior. European Journal of Economic and Political Studies. Fatih Universtity

Rahayu, LM., Abdilah, Y., & Mawardi MK,. 2017. Pengaruh Green Marketing terhadap keputusan pembelian konsumen (Survei Pada Konsumen The Body Shop di Indonesia dan di Malaysia). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)|Vol. 43 No.1 121-131.

Kotler Philip. 2007. Manajemen Pemasaran. (Hendra Teguh dan Ronny A. Rusli. Terjemahan. Jakarta: PT. Prehallindo.

Kotler, Philip dan Gary Armstrong, 2001, Prinsipprinsip Pemasaran, Jilid 1, Edisi Kedelapan, Jakarta, Erlangga.

Manongko, Allen A. CH. 2011. “Green Marketing Dan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Minat Membeli Produk Organik (Studi Pada Pelanggan Produk Organik di Kota Manado)”, Tesis. Malang: Universitas Brawijaya.

Mowen, John, C dan Michael Minor. 2002. Perilaku Konsumen. Jilid Kedua. Jakarta: Erlangga.

Octoviani, Aniza. 2011. Pengaruh strategi green marketing terhadap loyalitas pelanggan The Body Shop dikalangan mahasiswa. Thesis.

Ottman, J.A., et al. 2006. Green Marketing Myopia: Ways to Improve Consumer Appeal for Environmentally Preferable Products. Environment Volume 48, Number 5 pp 22-36 Heldref Publications

Swastha, Basu dan Irawan. 2005. Manajemen Pemasaran Modern, Edisi II Cetakan Keduabelas. Yogyakarta: Liberty Offset

Tjiptono, Fandy. 2002. Manajemen Jasa. Yogyakarta: Andi Offset.




DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v5i2.2644

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter