Pengaruh Kepercayaan, Persepsi Manfaat, Promosi, Fitur, Hedonic Motivation, Dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Penggunaan Shopeepay
Sari
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh kepercayaan, persepsi manfaat, promosi, fitur, hedonic motivation, dan gaya hidup terhadap keputusan penggunaan Shopeepay secara parsial dan simultan serta untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kepercayaan, persepsi manfaat, promosi, fitur, hedonic motivation, dan gaya hidup terhadap keputusan penggunaan Shopeepay. Data primer dalam penelitian merupakan responden pengguna E-Wallet Shopeepay yang dikumpulkan menggunakan instrumen kuesioner dengan jumlah 210 responden yang telah dilakukan uji instrument penelitian. Metode pengambilan sampel yaitu non probability sampling dengan teknik sampling purposive. Alat bantu pengujian menggunakan SPSS 25. Data dianalisis menggunakan metode Regresi Linier Berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kepercayaan, persepsi manfaat, fitur dan gaya hidup berpengaruh terhadap keputusan penggunaan sedangkan variabel promosi dan hedonic motivation tidak berpengaruh terhadap keputusan penggunaan. Variabel kepercayaan, persepsi manfaat, promosi, fitur, hedonic motivation, dan gaya hidup berpengaruh secara simultan terhadap keputusan penggunaan. Besarnya pengaruh seluruh variabel terhadap keputusan penggunaan Shopeepay adalah 63,5%.
Kata Kunci: fitur; gaya hidup; hedonic motivation; kepercayaan; keputusan penggunaan.
Abstract
The purpose of this study was to analyze the effect of trust, perceived usefulness, promotions, features, hedonic motivation, and lifestyle on the decision to use Shopeepay partially and simultaneously and to find out how much influence trust, perceived usefulness, promotions, features, hedonic motivations and their lifestyle for the decision to use Shopeepay. The primary data in this study were the respondents using the Shopeepay E-Wallet who were collected using a questionnaire instrument with a total of 210 respondents who had tested the research instrument. The sampling method is non-probability sampling with purposive sampling technique. The test equipment uses SPSS 25. Data analysis uses the Multiple Linear Regression method. The results showed that the variables of trust, perceived usefulness, features and lifestyle had an effect on the decision to use, while the variables of promotion and hedonic motivation had no effect on the decision to use. The variables of trust, perceived benefits, promotions, features, hedonic motivation, and lifestyle have a simultaneous effect on usage decisions. The magnitude of the influence of all variables on the decision to use Shopeepay is 63.5%.
Keywords: features; lifestyle; hedonic motivation; trust; decisions to use.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Abdillah, J. V. A., Ajijah, J. H., Nuryati, D., & Sudrajat, A. (2021). Pengaruh Gaya hidup dan Promosi Terhadap Keputusan Penggunaan Dompet Digital Dana di Kabupaten Karawang. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, Dan Akuntasi), 5(1), 447–463.
Abrilia, N. D., & Sudarwanto, T. (2020). Pengaruh Persepsi Kemudahan Dan Fitur Layanan Terhadap Minat Menggunakan E-Wallet Pada Aplikasi Dana Di Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga, 8(3), 1006–1012.
Alistriwahyuni, N. (2019). Pengaruh Promosi Penjualan, Kemudahan Penggunaan, dan Fitur Layanan i-Saku Terhadap Keputusan Pembelian pada Pengguna i-Saku di Indomaret (Studi Pada Pengguna i-Saku Indomaret Kecamatan Watulimo Trenggalek). Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 07(02), 473–478.
Alma, H. B. (2020). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.
Ambarwati, D. (2019). Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan Dan Persepsi Kepercayaan Terhadap Keputusan Penggunaan Go-Pay Pada Mahasiswa Stie Aub Surakarta. Jurnal Bisnis Dan Ekonomi, 6(1), 88–103.
BankIndonesia. (2018). Mengenal Financial Teknologi. https://www.bi.go.id/id/edukasi/Pages/mengenal-Financial-Teknologi.aspx
Candra, M. D., Wicaksono, C., & Rizqi, M. (2022). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepercayaan Nasabah Bank. Jurnal Dar El-Falah, 1(1), 1–15.
Dayan, M. T. (2020). Pengaruh Persepsi Konsumen, Gaya Hidup dan Kepercayaan terhadap Penggunaan Aplikasi Pembayaran Digital. Jurnal Transaksi, 12(1), 40–50.
Etikaria, G., & Munari, M. (2022). Analisis Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Penggunaan Dompet Digital. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, Dan Akuntansi), 6(2), 640–665.
Firmansyah, M. A. (2018). Perilaku Konsumen (sikap dan pemasaran). Yogyakarta: Deepublish.
Kadir, H. A., Ismail, R., Wok, S., & Manan, K. A. (2022). The Mediating Effect of Attitude on E-Wallet Usage Among Users in Malaysia. Journal of Communication Education, 2(1), 58–77.
Kementrian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia. (2022). Kembangkan Model Bisnis Baru, Menteri Johnny Dorong Pers Adaptasi Teknologi Digital dan Khalayak. https://kominfo.go.id/content/detail/39869/siaran-pers-no-43hmkominfo022022-tentang-kembangkan-model-bisnis-baru-menteri-johnny-dorong-pers-adaptasi-teknologi-digital-dan-khalayak/0/siaran_pers
Kotler, P., & Armstrong, G. (2018). Principles of Marketing (17e ed.). Pearson Education Limited.
Kotler, P., Kartajaya, H., & Hooi, D. H. (2017). Marketing for Competitiveness Asia yang Mendunia pada Era Konsumen Digital. Yogyakarta: PT Bentang Pustaka.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing management (15th ed.). Pearson Education Limited.
Latief, F., & Dirwan, D. (2020). Pengaruh Kemudahan, Promosi, Dan Kemanfaatan Terhadap Keputusan Penggunaan Uang Digital. Jurnal Ilmiah Akuntansi Manajemen, 3(1), 16–30.
Noviyanti, A., & Erawati, T. (2021). Pengaruh Persepsi Kemudahan, Kepercayaan dan Efektivitas terhadap Minat Menggunakan Financial Technology (Fintech) (Studi Kasus: UMKM di Kabupaten Bantul). Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Finansial Indonesia, 4(2).
Pramelani, P., & Fitra, S. (2020). Pengaruh Promosi Dan Fitur Layanan Transaksi Terhadap Keputusan Konsumen Dalam Pemilihan E-wallet. Jurnal Bisnis Dan Kewirausahaan, 16(3), 208–213.
Satyadharma, K. G., & Sudaryanto, B. (2021). Analisis Faktor Price Value, Social Influence, Hedonic Motivation, Trust, Ease of Use Penggunaan Layanan Mobile Payment (Studi pada pengguna aplikasi ShopeePay Mahasiswa di Kota Semarang). Diponegoro Journal of Management, 10(4), 1–12.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kuliatatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Tjiptono, F. (2017). Strategi Pemasaran (4th ed.). Yogyakarta: Penerbit Andi.
DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v5i3.2710
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional