Peran Manajemen Pelayanan Publik Dalam Efektivitas Pelayanan Pada Kantor Kecamatan Sape Kabupaten Bima
Sari
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peran Manajemen Pelayanan Publik Dalam Efektivitas Pelayanan Pada Kantor Kecamatan Sape Kabupaten Bima. Adapun Metode dalam Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian ini berada di Kantor Kecamatan Sape Kabupaten Bima. Teknik pengumpulan data terdiri atas observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teknik analisa data model interaktif, yang terdiri dari dari tiga hal utama, yaitu; reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahwa pelaksaan pelayanan publik di kantor Kecamatan Sape Kabupaten Bima menggunakan Fungsi manajemen mulai dari planning, Organizing, actuating maupun controling sudah berjalan dengan baik dan telah menerapkan pola manajemen yang baik terutama dalam pelayanan KK/KTP walaupun belum secara maksimal mengingat masih ada beberapa faktor yang mesti diperbaiki. Adapun faktor penghambat peran Manajemen pelayanan publik di Kantor Kecamatan Sape Kabupaten Bima adalah masih kurangnya sumber daya pegawai dan ketiadaan pegawai tetap di seksi pelayanan. Namun juga terdapat faktor pendukung ialah semangat yang diberikan pegawai satu sama lain, secara intens mengadakan rapat koordinasi dan evaluasi untuk memberikan penanaman kesadaran melayani masyarakat dengan ikhlas dan sesuai dengan hati nurani.
Kata Kunci: Peran, manajemen, efektivitas, pelayanan publik,
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Abu Sinn, A. I. (2006). Manajemen Syariah. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Amirullah, & Budiono, H. (2004). Pengantar Manajemen. : Cetakan Kedua. Jakarta: Graha Ilmu.
Athoillah, M. A. (2010). Dasar- Dasar Manajemen. Bandung: CV. Pustaka Setia.
Ega Dwi Utari, S. U. R. Y. A. (2022). Pprofesionalisme Asn Dalam Penyelenggaraan Pelayanan Publik Di Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Di Kabupaten Ponorogo (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Ponorogo).
Eliyana, A. (2018). pengantar manajemen dan aplikasi. Yogyakarta: Gava Media.
Hadi, & Sutrisno. (2001). Metodologi Research Jilid III. Yogyakarta: Andi Offset.
Hasibuan, M. S. (2016). Manajemen. Jakarta: Bumi Aksara.
Thaibah, A. J. (2017). Pengaruh Disiplin Kerja Pegawai Terhadap Peningkatan Kualitas Pelayanan Pada Kantor Kecamatan Sandaran Kabupaten Kutai TimUR. Administrasi Publik, 1(2), 11-15.
Kurniawan, A. (2005).Transformasi Manajemen Publik. Yogyakarta: Pembaruan.
Listiandari, R. K., & Suratman, H. S. S. (2022). Pengaruh Penerapan Good Government Governance Dan Pemanfaatan Teknologi Informasi Terhadap Kualitas Pelayanan Publik (Survey Pada SKPD di Kabupaten Subang) (Doctoral dissertation, Universitas Pasundan bandung).
Muhammad, I. (2009). Metode Penelitian Ilmu Sosial. Edisi Kedua, Yogyakarta: Erlangga.
Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintah Daerah.
DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v5i3.2750
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional