Pengaruh Harga dan Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan Hotel
Sari
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini sendiri adalah untuk 1) Mengetahui pengaruh harga terhadap kepuasan pelanggan pada Hotel Darma Nusantara Kabupaten Maros. 2) Mengetahui pengaruh promosi terhadap kepuasan pelanggan pada Hotel Darma Nusantara Kabupaten Maros. Adapun yang menjadi objek penelitian ini adalah pada Hotel Darma Nusantara. Populasi dalam penelitian sebanyak 1350 pelanggan. Jumlah sampel dalam penelitian ditentukan berdasarkan rumus Slovin 93,10 dibulatkan 100 responden. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah berdasarkan uji hipotesis dapat dikatakan bahwa kebijakan harga dengan kepuasan pelanggan dapat dikatakan mempunyai pengaruh yang signifikan. Dalam uji signifikan antara promosi dengan kepuasan pelanggan, maka diperoleh nilai þvalue = 0.000. selain itu memiliki nilai thitung = 3,889 dan ttabel = 1,661, karena nilai thitung 3,889 > ttabel 1,661, serta memiliki nilai þvalue 0.000 < 0.05. Dengan demikian maka dapat dikatakan bahwa promosi dengan kepuasan pelanggan dapat dikatakan mempunyai pengaruh yang signifikan. Hasil pengujian model regresi untuk keseluruhan variabel menunjukkan nilai F hitung = 24,284 dengan signifikansi 0.000. Dengan menggunakan batas signifikansi 0.05, nilai signifikansi tersebut lebih kecil dari 0.05. Dengan arah koefisien positif, dengan demikian dapat diterima bahwa hipotesis yang menyatakan bahwa harga dan promosi secara bersama-sama memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan pelanggan dapat diterima
Kata Kunci: Harga, Promosi, Kepuasan Pelanggan.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Ali, M. T. R., & Khuzaini, K. (2017). Pengaruh harga, kualitas produk, lokasi, dan fasilitas terhadap keputusan pembelian rumah. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen (JIRM), 6(9). http://jurnalmahasiswa.stiesia.ac.id/index.php/jirm/article/download/1114/1132
Amilia, S. (2017). Pengaruh citra merek, harga, dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian handphone merek xiaomi di kota langsa. Jurnal Manajemen Dan Keuangan, 6(1), 660–669. https://ejurnalunsam.id/index.php/jmk/article/view/213
Anggraini, F., & Budiarti, A. (2020). Pengaruh harga, promosi, dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan dimediasi kepuasan pelanggan pada konsumen gojek. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 8(3), 86–94. https://doi.org/10.26740/jupe.v8n3.p86-94
Chasanah, A. N., & Adhi, D. K. (2018). Profitabilitas, struktur modal dan likuiditas pengaruhnya terhadap nilai perusahaan pada perusahaan real estate yang listed di BEI tahun 2012-2015. Fokus Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ekonomi, 12(2), 109–128. https://doi.org/10.34152/fe.12.2.109-128
Daironi, I. (2017). Pengaruh Harga, Promosi, Kualitas Produk, Lokasi Dan Fasilitas Terhadap Keputusan Pembelian Perumahaman Di Wilayah Gentan Kabupaten Sukoharjo. Universitas Muhammadiyah Surakarta. http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/49486
Datta, H., Ailawadi, K. L., & Van Heerde, H. J. (2017). How well does consumer-based brand equity align with sales-based brand equity and marketing-mix response? Journal of Marketing, 81(3), 1–20. https://doi.org/10.1509%2Fjm.15.0340
Daud, Z. U. (2018). Pengaruh Produk, Harga dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Rumah pada Green Avina Birem Puntong Langsa Baro. Jurnal Manajemen Dan Keuangan, 7(2), 174. https://doi.org/10.33059/jmk.v7i2.981
Diza, F., Moniharapon, S., & Imelda, W. J. (2016). Pengaruh kualitas pelayanan, kualitas produk dan kepercayaan terhadap kepuasan konsumen (studi pada pt. fifgroup cabang manado). Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 4(1). https://doi.org/10.35794/emba.4.1.2016.11568
Ghofur, A., Badriyah, N., Zahro, E. K., & Kusumaningrum, A. (2020). Analisis Pengaruh Harga Barang, Promosi Dan Saluran Distribusi Terhadap Volume Penjualan Pupuk Organik Non Subsidi Pada CV Gunung Mas Gresik. Jurnal Sains Sosio Humaniora, 4(2), 927–936. https://doi.org/10.22437/jssh.v4i2.12021
Išoraitė, M. (2016). Marketing mix theoretical aspects. International Journal of Research-Granthaalayah, 4(6), 25–37. https://www.academia.edu/download/72600151/2505.pdf
Kraak, V. I., Englund, T., Misyak, S., & Serrano, E. L. (2017). A novel marketing mix and choice architecture framework to nudge restaurant customers toward healthy food environments to reduce obesity in the United States. Obesity Reviews, 18(8), 852–868. https://doi.org/10.1111/obr.12553
Novianti, N., Endri, E., & Darlius, D. (2018). Kepuasan Pelanggan Memediasi Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Promosi terhadap Loyalitas Pelanggan. MIX: Jurnal Ilmiah Manajemen, 8(1), 90–108. https://media.neliti.com/media/publications/227065-kepuasan-pelanggan-memediasi-pengaruh-ku-3219a0e2.pdf
Pardede, R., & Haryadi, T. Y. (2017). Pengaruh persepsi harga dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian konsumen yang dimediasi kepuasan konsumen. Journal of Business & Applied Management, 10(1). https://core.ac.uk/download/pdf/268049975.pdf
Putra, G. P., Arifin, Z., & Sunarti, S. (2017). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian dan Dampaknya Terhadap Kepuasan Konsumen (Survei Pada Mahasiswa Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Administrasi Angkatan 2013 dan 2014 Universitas Brawijaya Yang Melakukan Pembelian Paket Data Kampus). Brawijaya University. https://www.neliti.com/publications/88103/pengaruh-kualitas-produk-terhadap-keputusan-pembelian-dan-dampaknya-terhadap-kep
Salman, D., Tawfik, Y., Samy, M., & Artal-Tur, A. (2017). A new marketing mix model to rescue the hospitality industry: Evidence from Egypt after the Arab Spring. Future Business Journal, 3(1), 47–69. https://doi.org/10.1016/j.fbj.2017.01.004
Santoso, I. (2016). Peran kualitas produk dan layanan, harga dan atmosfer rumah makan cepat saji terhadap keputusan pembelian dan kepuasan konsumen. The Asian Journal of Technology Management, 15(1), 94. https://www.proquest.com/info/openurldocerror;jsessionid=3C2AAA74CBF71792499671C0F0812645.i-024e4a70c93b25110
Satria, A. A. (2017). Pengaruh harga, promosi, dan kualitas produk terhadap minat beli konsumen pada perusahaan A-36. Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis, 2(1), 45–53. https://journal.uc.ac.id/index.php/performa/article/view/436
Setianto, G., & Wartini, S. (2017). Pengaruh Bukti Fisik Dan Empati Terhadap Loyalitas Konsumen Melalui Kepuasan Konsumen. Management Analysis Journal, 6(4), 367–376. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/maj/article/view/5585
Setiawan, A., Arifin, R., & Asiyah, S. (2020). Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Saluran Distribusi, Brand Image, Brand Trust, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Kerupuk Rambak Lestari Eco Desa Sembung Tulungagung. Jurnal Ilmiah Riset Manajemen, 9(16). http://riset.unisma.ac.id/index.php/jrm/article/view/8343
Setyo, P. E. (2017). Pengaruh kualitas produk dan harga terhadap kepuasan konsumen best autoworks. Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis, 1(6), 755–764. https://journal.uc.ac.id/index.php/performa/article/view/404
Setyowati, E. (2017). Pengaruh kualitas pelayanan, harga, dan citra merek terhadap loyalitas pelanggan dengan kepuasan pelanggan sebagai variabel pemediasi. Jurnal Manajemen Dayasaing, 18(2), 102–112. https://doi.org/10.23917/dayasaing.v18i2.4507
DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v5i2.3036
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional