Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Kepuasan Konsumen

Muhammad Idris, Aryati Arfah, Baharuddin Semmaila

Sari


Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh bauran pemasaran jasa yang terdiri dari product, price, promotion, place, people, physical evidence dan processs terhadap kepuasan konsumen pada Klinik Angkasa. Populasi pada penelitian ini adalah konsumen yang memilih pelayanan kesehatan Klinik Angkasa Makassar. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 30 responden yang ditentukan dengan teknik accidental sampling. Sumber data yang digunakan adalah data primer yang dikumpulkan dengan cara menyebar kuesioner kepada seluruh responden. Data dalam penelitian ini akan diuji dengan beberapa tahapan pengujian, yaitu uji statistik deskriptif, uji kualitas data yang terdiri dari (uji validitas, uji reliabilitas), dan pengujian seluruh hipotesis melalui uji koefisien determinasi, uji parsial (uji t) dan uji simultan (uji f). Hasil analisis menunjukkan bahwa variabel product, promotion, place, people, physical evidence dan process dinyatakan memiliki pengaruh yang tidak signifikan terhadap variabel kepuasan konsumen. Sedangkan variabel price dinyatakan memiliki pengaruh signifikan terhadap variabel kepuasan konsumen. Bauran price yang dominan berpengaruh terhadap kepuasan konsumen pada Klinik Angkasa Makassar.

 

Kata Kunci: Produk, Harga, Promosi, Tempat, Orang, Bukti Fisik, Proses, Kepuasan Pelanggan.

Abstract

This study aimed to determine the effect of the service marketing mix of product, price, promotion, place, people, physical evidence, and processes on customer satisfaction at the Angkasa Clinic. The population in this study are consumers who choose the health services of the Makassar Angkasa Clinic. The number of samples used was 30 respondents, which was determined by accidental sampling technique. The primary data source was collected by distributing questionnaires to all respondents. The data in this study will be tested with several stages of testing, namely descriptive statistical tests, data quality tests consisting of (validity test, reliability test), and testing of all hypotheses through the coefficient of determination test, partial test (t test), and simultaneous test (test f). The analysis results show that the product, promotion, place, people, physical evidence, and process variables have insignificant effects on consumer satisfaction. At the same time, the price variable is stated to influence consumer satisfaction variables significantly. The dominant price mix affects consumer satisfaction at the Angkasa Makassar Clinic.

 

Keywords: Product, Price, Promotion, Place, People, Physical Evidence, Process, Customer Satisfaction.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Agung, S. (2020). The effect of service quality, service marketing mix and costumer value on consumer satisfaction and its impact on the loyalty of the consumer industry of the low-cost carrier flight in Indonesia. International Journal of Innovative Science and Research Technology, 5(3), 1135–1147. https://ijisrt.com/assets/upload/files/IJISRT20MAR655.pdf

Ahmed, S., & Rahman, M. H. (2015). The effects of marketing mix on consumer satisfaction: a literature review from Islamic perspectives. Turkish Journal of Islamic Economics, 2(1), 17–30. https://dergipark.org.tr/en/pub/beuntujise/issue/3459/47112

Amilia, S., & Novianti, A. (2016). Pengaruh bauran pemasaran terhadap kepuasan konsumen pada warung kanasha di kota Langsa. Jurnal Manajemen Dan Keuangan, 5(1), 459–468. http://jurnal.unsam.ac.id/index.php/jmk/article/view/47

Do, Q., & Vu, T. (2020). Understanding consumer satisfaction with railway transportation service: An application of 7Ps marketing mix. Management Science Letters, 10(6), 1341–1350. http://dx.doi.org/10.5267/j.msl.2019.11.023

Farida, I., Tarmizi, A., & November, Y. (2016). Analisis pengaruh bauran pemasaran 7p terhadap kepuasan pelanggan pengguna gojek online. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 1(1), 31–40. https://www.neliti.com/publications/259303/analisis-pengaruh-bauran-pemasaran-7p-terhadap-kepuasan-pelanggan-pengguna-gojek

Jayanti, N. (2013). Analisis pengaruh marketing mix (7p) terhadap kepuasan konsumen melalui loyalitas konsumen (studi kasus pada klinik kecantikan larissa aesthethic center di Semarang). Students’ Journal of Economic and Management, 2(1). https://www.journal.unrika.ac.id/index.php/beningjournal/article/view/3118

Khemchotigoon, Y. (2014). The relationship between consumer animosity, marketing mix, perceived product quality, consumer satisfaction and intention to purchase of consumer behavior. International Conference on Trends in Multidisciplinary Business and Economics Research, 27, 28. http://globalilluminators.org/wp-content/uploads/2014/09/126.pdf

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). A framework for marketing management. Pearson Boston, MA.

Kurniawan, A. D., & Astuti, S. R. T. (2016). Analisis pengaruh produk, promosi, harga dan tempat terhadap keputusan pembelian (studi pada kedai amarta Semarang). Diponegoro Journal of Management, 1(4), 282–289. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/djom/article/view/820

Kurniawan, D. (2019). Pengaruh proactive service, people, dan physical evidence terhadap kepuasan nasabah kredit usaha rakyat (KUR). Jurnal Ekonologi Ilmu Manajemen, 6(2), 375–379. http://dx.doi.org/10.2827/ekonologi.v6i2.2979

Lenzun, J. J., Massie, J. D. D., & Adare, D. (2014). Pengaruh kualitas produk, harga dan promosi terhadap kepuasan pelanggan kartu prabayar telkomsel. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 2(3). https://doi.org/10.35794/emba.2.3.2014.5802

Lie, D., Sudirman, A., Efendi, E., & Butarbutar, M. (2019). Analysis of mediation effect of consumer satisfaction on the effect of service quality, price and consumer trust on consumer loyalty. International Journal of Scientific and Technology Research, 8(8), 421–428. https://www.academia.edu/download/61052754/Jurnal_International_Acai20191028-98696-f4lbhk.pdf

Malelak, S. L., Setiawan, B., & Maulidah, S. (2021). The analysis of marketing mix on consumer loyalty: empirical study of customer satisfaction of local product. International Journal of Business, Technology and Organizational Behavior (IJBTOB), 1(3), 160–168. https://doi.org/10.52218/ijbtob.v1i3.88

Mariansyah, A., & Syarif, A. (2020). Pengaruh kualitas produk, kualitas pelayanan, dan harga terhadap kepuasan konsumen cafe kabalu. Jurnal Ilmiah Bina Manajemen, 3(2), 134–146. https://doi.org/10.33557/jibm.v3i2.1106

Mathew, V. (2022). Does islamic marketing mix affect consumer satisfaction?: an analysis of consumer perception in the service industry. International Journal of Service Science, Management, Engineering, and Technology (IJSSMET), 13(1), 1–13. https://www.igi-global.com/article/does-islamic-marketing-mix-affect-consumer-satisfaction/297491

Meilani, R., & Kartini, I. A. N. (2020). Pengaruh product, people, dan process terhadap keputusan konsumen menggunakan jasa ekspedisi Cv. Hitam Oren Express (Hoe) Di Surabaya. JEM17: Jurnal Ekonomi Manajemen, 5(1). https://scholar.archive.org/work/vqhrtjp72begngugyjiye6moxe/access/wayback/https://jurnal.untag-sby.ac.id/index.php/JEM17/article/download/3620/2780

Nabilah, S., Lubis, A., & Tarigan, E. D. S. (2020). Pengaruh strategi bauran pemasaran terhadap kepuasan konsumen pada aroma bakery & cake Medan. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis (Jimbi), 1(1), 181–190. https://doi.org/10.31289/jimbi.v1i1.381

Narisah, B. A. N., & Hartono, B. (2018). Pengaruh bauran pemasaran terhadap tingkat kepuasan pelanggan warung sate kelinci di kota Batu. Jurnal Nasional. Universitas Brawijaya. Malang. https://www.kopertis7.go.id/uploadjurnal/Ekonomika

Putri, B. A. S. (2012). Pengaruh bauran pemasaran terhadap kepuasan pelanggan di toko dannis collection pati. Institut Agama Islam Negeri Walisongo Semarang. https://www.neliti.com/publications/32456/pengaruh-bauran-pemasaran-terhadap-kepuasan-konsumen-pada-hotel-resty-menara-pek

Setianingsih, W. E. (2017). Pengaruh bauran pemasaran jasa terhadap kepuasan konsumen pada pondok angkringan kang teek Jember. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 3(1). https://doi.org/10.32528/jmbi.v3i1.781

Singse, S. (2021). Pengaruh customer relationship management terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan pada PT. Sun motor Jakarta. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta. http://repository.stei.ac.id/id/eprint/4496

Siti Aisyah, A. S. (2019). Pengaruh bauran pemasaran jasa terhadap kepuasan pelanggan (studi pada klinik kencana asri medika mojokerto). Universitas Islam Majapahit Mojokerto. http://repository.unim.ac.id/id/eprint/469

Suharjanto, S., Hidayat, A., & Chasanah, U. (2018). Pengaruh bauran pemasaran 4p (product, people, process, physical evident/premises), terhadap kepuasan nasabah produk simpedes pada PT. Bank Rakyat Indonesia (persero) Tbk. Cabang sleman. STIE Widya Wiwaha. http://eprint.stieww.ac.id/695/1/161503317 SUHARJANTO.pdf

Sumanto, H. (2018). Analisa marketing mix-7p terhadap keputusan pembelian produk klinik kecantikan teta di Surabaya. Jurnal Mitra Ekonomi Dan Manajemen Bisnis, 1(2), 216–228. https://www.academia.edu/download/33251600/2010_oktober_Hendri_Sukotjo_dan_Sumanto_Radix_A.pdf

Wilson, A., Zeithaml, V., Bitner, M. J., & Gremler, D. (2016). EBOOK: Services Marketing: Integrating Customer Focus Across the Firm. McGraw Hill.




DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v5i3.3037

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter