Pengaruh Marketing Mix Terhadap Keputusan Pembelian
Sari
Abstrak
Tujuan penelitian ini yaitu Untuk mengetahui Marketing Mix yang meliputi produk, harga, lokasi dan promosi mempengaruhi keputusan pembelian mobil merek Toyota pada PT. Hadji Kalla Kota Makassar. Untuk mengetahui manakah diantara empat elemen pada Marketing Mix yang meliputi produk, harga, lokasi, dan promosi yang paling dominan mempengaruhi keputusan pembelian mobil merek Toyota pada PT. Hadji Kalla Kota Makassar. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang melakukan pembelian mobil Toyota New Rush GR Sport di PT. Hadji Kalla Kota Makassar pada tahun 2018 yaitu 265 orang. Metode yang digunakan untuk menentukan besarnya sampel adalah menggunakan rumus Slovin dengan teknik sampling insidental. Berdasarkam rumus dan metode maka jumlah sampel yang didapatkan sebanyak 159 responden. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi dan kuesioner. Jenis data adalah kuantitatif dan kualitatif yang bersumber dari data primer dan data sekunder. Hasil penelitian ini 1) Produk (X1), berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Y). 2) Harga (X2) tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Y). 3) Distribusi dan Lokasi (X3) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Y). 4) Promosi (X4) berpengaruh paling positif dan sigifikan terhadap Keputusan Pembelian (Y).
Kata Kunci: marketing mix; produk; harga; promosi; keputusan pembelian.
Abstract
This study aims to determine the Marketing Mix, which includes the product, price, location, and promotion influencing purchasing decisions for Toyota brand cars at PT. Hadji Kalla Makassar City. To determine which of the four elements in the Marketing Mix, which includes the product, price, location, and promotion, are the most dominant in influencing the decision to buy a Toyota brand car at PT. Hadji Kalla Makassar City. The population in this study is consumers who buy Toyota New Rush GR Sport cars at PT. Hadji Kalla Makassar City in 2018 was 265 people. The method used to determine the sample size uses the Slovin formula with an incidental sampling technique. Based on the procedures and methods, the number of samples obtained was 159 respondents. Data collection methods used in this study were observation, documentation, and questionnaires. Data types are quantitative and qualitative, sourced from primary and secondary data. The results of this study 1) Product (X1) has a positive and significant effect on Purchase Decision (Y). 2) Price (X2) has no effect and is not significant to Purchase Decision (Y). 3) Distribution and Location (X3) have a positive and significant effect on Purchase Decisions (Y). 4) Promotion (X4) has the most positive and significant effect on Purchase Decision (Y).
Keywords: Marketing Mix; Product; Price; Promotion; Buying Decision
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Ali, M. T. R., & Khuzaini, K. (2017). Pengaruh harga, kualitas produk, lokasi, dan fasilitas terhadap keputusan pembelian rumah. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen (JIRM), 6(9). http://jurnalmahasiswa.stiesia.ac.id/index.php/jirm/article/download/1114/1132
Amilia, S. (2017). Pengaruh citra merek, harga, dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian handphone merek xiaomi di kota langsa. Jurnal Manajemen Dan Keuangan, 6(1), 660–669. https://ejurnalunsam.id/index.php/jmk/article/view/213
Arianto, N., & Difa, S. A. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Konsumen Pada PT Nirwana Gemilang Property. Jurnal Disrupsi Bisnis, 3(2), 242–253. http://dx.doi.org/10.32493/drb.v3i2.6299
Asral, A., & Djumarno, D. (n.d.). Pengaruh Produk, harga, lokasi dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Rumah pada Perumahan Greenhill Residences Jati Asih Bekasi. Swot, 7(1), 279563. https://caritulisan.com/media/279563-pengaruh-produkhargalokasi-dan-promosi-t-ea6e942f.pdf
Boateng, S. L. (2018). Online relationship marketing and customer loyalty: a signaling theory perspective. International Journal of Bank Marketing. https://doi.org/10.1108/IJBM-01-2018-0009
Daironi, I. (2017). Pengaruh Harga, Promosi, Kualitas Produk, Lokasi Dan Fasilitas Terhadap Keputusan Pembelian Perumahaman Di Wilayah Gentan Kabupaten Sukoharjo. Universitas Muhammadiyah Surakarta. http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/49486
Ghofur, A., Badriyah, N., Zahro, E. K., & Kusumaningrum, A. (2020). Analisis Pengaruh Harga Barang, Promosi Dan Saluran Distribusi Terhadap Volume Penjualan Pupuk Organik Non Subsidi Pada CV Gunung Mas Gresik. Jurnal Sains Sosio Humaniora, 4(2), 927–936. https://doi.org/10.22437/jssh.v4i2.12021
Hadiwidjaja, R. S. (2014). Analisa Hubungan Experiential Marketing, Kepuasan Pelanggan, Loyalitas Pelanggan Starbucks Coffee di Surabaya Town Square. Jurnal Strategi Pemasaran, 2(2), 1–11. https://publication.petra.ac.id/index.php/manajemen-pemasaran/article/view/2860
Haryanto, R. A. (2013). Strategi promosi, kualitas produk, kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan pada restoran McDonald’s manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 1(4). https://doi.org/10.35794/emba.1.4.2013.2923
Husain, T., & Sani, A. (2020). Kepuasan Pelanggan Toko Online Yang Dipengaruhi Kualitas Produk Dan Layanan. JITK (Jurnal Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi Komputer), 5(2), 291–296. https://doi.org/10.33480/jitk.v5i2.614
Irawan, M. R. N. (2020). Pengaruh Kualitas produk, harga dan promosi terhadap minat beli konsumen pada PT. Satria Nusantara Jaya. Jurnal Ekonika: Jurnal Ekonomi Universitas Kadiri, 5(2), 140–156. http://dx.doi.org/10.30737/ekonika.v5i2.1097
Išoraitė, M. (2016). Marketing mix theoretical aspects. International Journal of Research-Granthaalayah, 4(6), 25–37. https://doi.org/10.29121/granthaalayah.v4.i6.2016.2633
Lee, H. S., & Griffith, D. A. (2019). The balancing of country-based interaction orientation and marketing strategy implementation adaptation/standardization for profit growth in multinational corporations. Journal of International Marketing, 27(2), 22–37. https://doi.org/10.1177%2F1069031X18819757
Lenzun, J. J., Massie, J. D. D., & Adare, D. (2014). Pengaruh kualitas produk, harga dan promosi terhadap kepuasan pelanggan kartu prabayar telkomsel. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 2(3). https://doi.org/10.35794/emba.2.3.2014.5802
Memah, D., Tumbel, A., & Van Rate, P. (2015). Analisis strategi promosi, harga, lokasi, dan fasilitas terhadap keputusan pembelian rumah di citraland manado. Jurnal Emba: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 3(1). https://doi.org/10.35794/emba.3.1.2015.8285
MUHAMAD RIZKI ALFARISI, M. R. A. (2020). PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN RUMAH DI PERUMAHAN GRIYA DIVA RESIDENCE BALIKPAPAN. Universitas Balikpapan. http://repository.uniba-bpn.ac.id/id/eprint/1426
Pardede, R., & Haryadi, T. Y. (2017). Pengaruh persepsi harga dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian konsumen yang dimediasi kepuasan konsumen. Journal of Business & Applied Management, 10(1). https://journal.ubm.ac.id/index.php/business-applied-management/article/download/870/770
Rasmikayati, E., Saefudin, B. R., Karyani, T., Kusno, K., & Rizkiansyah, R. (2020). Analisis faktor dan tingkat kepuasan ditinjau dari kualitas produk dan pelayanan pada konsumen sayuran organik di lotte mart Kota Bandung. Mimbar Agribisnis: Jurnal Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis, 6(1), 351–364. http://dx.doi.org/10.25157/ma.v6i1.3219
Setiawan, A., Arifin, R., & Asiyah, S. (2020). Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Saluran Distribusi, Brand Image, Brand Trust, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Kerupuk Rambak Lestari Eco Desa Sembung Tulungagung. Jurnal Ilmiah Riset Manajemen, 9(16). http://riset.unisma.ac.id/index.php/jrm/article/view/8343
Setyo, P. E. (2017). Pengaruh kualitas produk dan harga terhadap kepuasan konsumen best autoworks. Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis, 1(6), 755–764. https://journal.uc.ac.id/index.php/performa/article/view
Sherly, S., Halim, F., Butarbutar, M., Arfandi, S. N., Sisca, S., Purba, B., Ferinia, R., Dewi, I. K., Hasyim, H., & Sudarso, A. (2020). Pemasaran Internasional. Yayasan Kita Menulis.
Supriyono, K., & Leonardo Budi Hasiolan, M. (2015). Pengaruh produk, harga dan promosi terhadap keputusan konsumen dalam membeli rumah pada perumahan bukit semarang baru (bsb) city di semarang. Journal Of Management, 1(1). http://jurnal.unpand.ac.id/index.php/MS/article/view/263
Tresnanda, D. A., & Arifin, Z. (2014). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Rumah (Survei pada Konsumen Perumahan BluKid Residence Sidoarjo). Jurnal Administrasi Bisnis, 8(1). https://caritulisan.com/media/79221-ID-pengaruh-bauran-pemasaran-terhadap-keput.pdf
DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v5i3.3038
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional