Pengaruh Social Media Marketing Instagram Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Lion Parcel Kabupaten Bandung

Rifqi Raziqan, Nurvita Trianasari

Sari


Indonesia mengalami peningkatan dalam penggunaan jasa kurir, meskipun begitu Lion Parcel yang berada di Kabupaten Bandung mengalami penurunan penghasilan yang cukup signifikan. Melihat fenomena ini peneliti mengambil ketertarikan terhadap strategi pemasaran perusahaan. Kesuksesan sebuah perusahaan bergantung pada pemasaran yang baik dan efektif. Maka dari itu sekarang perusahaan mencari cara untuk meraih konsumen baru, salah satu metode pemasaran yang digunakan adalah pemasaran sosial media. Dalam penelitian ini bertujuan untuk mencari pengaruh dari pemasaran sosial media terhadap minat beli konsumen pada Lion Parcel Bojongsoang melalui teknik analisis SPSS. Menggunakan metode penelitian regresi linear berganda untuk mencari hubungan dari pemasaran media sosial terhadap minat beli konsumen. Sampel yang dipilih untuk penelitian merupakan pengguna jasa kurir yang bertempatan di Kabupaten Bandung Uji validitas dan reliabilitas dilakukan pertama-tama untuk mengetahui apakah pertanyaan penelitian tersebut valid dan reliabel kemudian dapat dilanjutkan untuk pengumupulan sampel. Setelah sampel didapat sesuai dengan kebutuhan penelitian, dapat dilanjutkan untuk melakukan pengolahan data menggunakan metode regresi linear berganda. Hasil temuan penelitian menunjukan adanya pengaruh pemasaran sosial media terhadap minat beli konsumen. Hal ini menunjukan bahwa dengan melakukan strategi pemasaran sosial media minat beli konsumen dapat meningkat Pada akhir penelitian ini, peneliti akan memberikan saran praktis yang dapat dijadikan acuan perusahaan dalam menentukan strategi pemasaran mereka serta aspek pemasaran sosial media apa saja yang dapat meningkatkan minat beli konsumen lion Parcel. Selain itu juga peneliti akan menyertakan saran akademisi yang dapat dijadikan acuan untuk penelitian kedepannya. Saran yang diberikan diantaranya merupakan perbaikan dari kesalahan yang dapat dihindari oleh penelitian selanjutnya.

Kata kunci: Pemasaran, sosial media, pemasaran digital, minat beli konsumen.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aji, P. M., Nadhila, V., & Sanny, L. (2020). Effect of social media marketing on instagram towards purchase intention: Evidence from Indonesia’s ready-todrink tea industry. International Journal of Data and Network Science, 4(2), 91–104. Retrieved from Mendeley.

Alfeel, E., & Ansari, Z. A. (2019). The Impact of Social Media Marketing on Consumer Purchase Intention: Consumer Survey in Saudi Arabia. Journal of Marketing and Consumer Research, 56, 1–10. Retrieved from Mendeley

Balakrishnan, B. K. P. D., Dahnil, M. I., & Yi, W. J. (2014). The Impact of Social Media Marketing Medium toward Purchase Intention and Brand Loyalty among Generation Y. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 148, 177– 185. Retrieved from Mendeley.

Bayu, D. J. (2020). Survei MarkPlus: Frekuensi Penggunaan Jasa Kurir Meningkat saat Pandemi. [online]. Databoks. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2020/10/22/survei-markplusfrekuensi-penggunaan-jasa-kurir-meningkat-saat-pandemi [16 November 2021]

Hasan, M., & Sohail, M. S. (2020). The Influence of Social Media Marketing on 59 Consumers’ Purchase Decision: Investigating the Effects of Local and Nonlocal Brands. Journal of International Consumer Marketing, 0(0), 1–18. Retrieved from Mendeley.

Hilal, M. I. M. (2018). Impact of social media marketing on purchase intention: Creation of brand equity for Sri Lankan brands. Journal of Management Matters, 5(September), 47–57. Retrieved from Mendeley.

Laksamana, P. (2018). Impact of Social Media Marketing on Purchase Intention and Brand Loyalty: Evidence from Indonesia’s Banking Industry. International Review of Management and Marketing, 8(1), 1–6. Retrieved from Mendeley.

Leavy, P. (2017). Research Design Quantitative, Qualitative, Mixed Methods, Art-Based, and Community-Based Participatory Research Approaches. Guildford Press.

Moslehpour, M., Dadvari, A., Nugroho, W., & Do, B. R. (2021). The dynamic stimulus of social media marketing on purchase intention of Indonesian airline products and services. Asia Pacific Journal of Marketing and Logistics, 33(2), 561–583. Retrieved from Mendeley.

Pandey, A., Sahu, R., & Dash, M. K. (2018). Social media marketing impact on the purchase intention of millennials. International Journal of Business 60 Information Systems, 28(2), 147–162. Retrieved from Mendeley.

Rabbi, C. P. A. (2021). Industri Logistik Tumbuh 40% Selama Pandemi Covid-19. Katadata. [online].https://katadata.co.id/safrezifitra/berita/60e6bc288f45c/industri-logistiktumbuh-40-selama-pandemi-covid-19 [16 November 2021].

Sekaran, U., & Bougie, R. (2016). Research Methods for Business. John Wiley & Sons Ltd.

Stephanie, C. (2021). Riset Ungkap Lebih dari Separuh Penduduk Indonesia “Melek” Media Sosial. [online] Kompas. https://tekno.kompas.com/read/2021/02/24/08050027/riset-ungkap-lebihdari-separuh-penduduk-indonesia-melek-media-sosial [1 Desembeer 2021].

Sukmana, Y. (2021). Semester I-2021, Jasa Logistik Ekspres Tumbuh 30 Persen. Kompas. [online]. https://money.kompas.com/read/2021/08/13/213232426/semester-i-2021- jasa-logistik-ekspres-tumbuh-30-persen?page=all [16 November 2021]




DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v5i2.3080

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter