Pengembangan Modul Digital Berbantuan Aplikasi Google Classroom Pada Pembelajaran Ekonomi Produk Kreatif
Sari
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi masalah dan menganalisis kebutuhan dalam pengembangan modul digital berbantuan aplikasi google classroom pada mata pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan Kelas XI di SMK Negeri 1 Tondano. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan Teknik penelitian deskriptif kualitatif dengan persentase. Subjek penelitian berjumlah 24 peserta didik, yaitu kelas XI AsKep A sebagai kelas eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak semua materi pelajaran dapat dituntaskan melalui kegiatan pembelajaran di kelas sehingga dibutuhkan kegiatan pembelajaran di luar kelas yang dilakukan secara jarak jauh atau dalam jaringan. Dalam kegiatan pembelajaran jarak jauh atau dalam jaringan, guru dan siswa membutuhkan panduan dan materi ajar yang terintegrasi dengan media pembelajaran jarak jauh yang dipilih. Merujuk pada hasil analisis data dan temuan penelitian maka dapat disimpulkan bahwa: 1) Dibutuhkan media pembelajaran jarak jauh sebagai alternatif pembelajaran di kelas; 2) Dibutuhkan materi serta panduan untuk mempelajari materi dalam kegiatan pembelajaran jarak jauh. Bertolak dari hasil penelitian dan kesimpulan tersebut, maka dikemukakan saran sebagai berikut : 1) Guru perlu merancang kegiatan pembelajaran jarak jauh sebagai alternatif kegiatan pembelajaran konvensional terutama untuk materi yang sulit dituntaskan dalam kegiatan pembelajaran di kelas; 2) Media pembelajaran jarak jauh yang dapat dipilih untuk digunakan adalah Google Classroom; 3) Guru perlu merancang bahan ajar berupa modul digital sesuai dengan kaidah pembuatan modul yang terintegrasi dalam media pembelajaran jarak jauh; 4) Guru perlu membuat panduan yang berupa petunjuk bagi siswa untuk berinteraksi dalam kegiatan pembelajaran jarak jauh yang telah dirancang guru.
Kata Kunci: Modul digital, Google Classroom, pembelajaran jarak jauh.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Abdul Rahman, Agus. 2013. Psikologi Sosial. PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.
Gustafson, K. L., & Branch, R. M. 2002. What is instructional design. Trends and issues in instructional design and technology, 16-25.
Henderson Allan J. 2003. The E-learning Question and Answer Book. USA: Amacom.
Merilainen et al. 2013. The best on-line guidance experiences in Finnish primary school teacher education practicum. The Online Journal of Distance Education and e-Learning. Vol I, Issue I.
Nadiu, S. 2006. E-learning: A Guide Book of Principles, Procedures and Practices. https://doi.org/citeulike-article-id:8060645.
Pendit, Putu Laxman, dkk. 2007. Perpustakaan Digital: Perspektif Perpustakaan Perguruan Tinggi Indonesia. Jakarta: Sagung Seto.
Sugiyono. 2012. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung. ALFABETA.
Suryani, Nunuk, Agung, Leo. 2012. Strategi Belajar Mengajar. Ombak. Yogyakarta
Nurofik, A., Rahajeng, E., Munti, N. Y. S., Hardiansyah, A., Firmansyah, H., Sani, A., ... & Wiyono, A. S. (2021). PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI. Penerbit Insania.
Sani, A. (2017). Sistem Manajemen Otomasi Perpustakaan Berbasis Open Source Senayan Library Management System (SLiMS)(Studi Kasus Perpustakaan H. Bata Ilyas STIE AMKOP Makassar). SEIKO: Journal of Management & Business, 1(1), 47-65.
SYARIFUDDIN, S., ILYAS, J. B., & SANI, A. (2021). PENGARUH PERSEPSI PENDIDIKAN & PELATIHAN SUMBER DAYA MANUSIA PADA KANTOR DINAS DIKOTA MAKASSAR. Bata Ilyas Educational Management Review, 1(2).
Boediman, S. F., Hendriarto, P., Satmoko, N. D., Sulistiyani, S., & Sani, A. (2021). The Relevance of Using Social Media Applications Strategies to Increase Marketing Potential of Indonesian Maritime Tourism (Analytical Study of Tourism Journals and Online Marketing). Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal): Humanities and Social Sciences, 4(4), 8791-8799.
Majid, A., & Sani, A. (2016). Pengaruh Pelatihan dan Supervisi Kepala Ruangan terhadap Kinerja Perawat Pelaksana Diruang Rawat Inap Bedah Rumah Sakit TK. II Pelamonia Makassar. Jurnal Mirai Management, 1(2), 310-412.
Sani, A., & Hafidah, A. (2020). Pengaruh Shopping Life Style Dan Fashion Involvment Teradap Impulse Buying Behevior Masyarakat High Income Makassar. Jurnal Ilmiah Ecosystem, 20(3), 231-238.
Irsan, I., & Sani, A. (2018). Praktik Manajemen Pengetahuan Pustakawan Dalam Mengembangkan Koleksi Lokal Makassar Di Dinas Perpustakaan Kota Makassar. Jurnal Mirai Management, 3(1), 121-135.
Munir, M., Fachmi, M., & Sani, A. (2020). Pengaruh Disiplin Dan Komunikasi Terhadap Kinerja Pegawai Dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Mirai Management, 5(3), 161-170.
Syarifuddin, U., Ilyas, G. B., Misbahuddin, M., Mustafa, H., & Sani, A. (2022). Strategi Pengembangan Usaha Kerajinan Anyaman Rotan dan Bambu melalui Pemasaran Online di Kecamatan Ma’rang Kabupaten Pangkep. Bata Ilyas Educational Management Review, 2(2), 1-24.
Boediman, S. F., Hendriarto, P., Satmoko, N. D., Sulistiyani, S., & Amar Sani, A. S. (2021). Relevance of social media applications as a marketing strategy for Indonesian tourism destinations (literature analysis study). Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal), 4(3), 5705-5712.
Makkira, M., Syakir, M., Kurniawan, S., Sani, A., & Ngandoh, A. M. (2022). Pengaruh Stres Kerja, Komunikasi Kerja dan Kepuasan Kerja terhadap Prestasi Kerja Karyawan pada PT. Prima Karya Manunggal Kabupaten Pangkep. Amkop Management Accounting Review (AMAR), 2(1), 20-27.
Asriani, A., Putri, N., Kurniawan, S., & Sani, A. (2022). Pengaruh Personal Selling terhadap Peningkatan Penjualan Alat Tulis pada CV. Etalase Mitra Jaya di Wajo pada Masa Lockdown Pandemi Covid 19. Amkop Management Accounting Review (AMAR), 2(1), 13-19.
DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v5i3.3177
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional