Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Negosiasi Dan Manajemen Konflik Pada Industri Travel

Adi Neka Fatyandri, Vera Edelia Lim, Hendri Hendri, Tan Alvin Henk Saputra

Sari


Pada industri tour & travel, tidak lepas dari hubungan antar banyak pihak seperti hubungan antara pihak tour&travel dengan pihak hotel, hubungan antara pihak tour&travel dengan pihak transportasi. Tidak lepas juga akan terjadi negosiasi antar pihak yang ingin mendapatkan untung dari salah satu pihak ataupun sama-sama untung. Dan juga manajemen konflik dari perusahaan travel tersebut. Penelitian ini bertujuan agar dapat mengetahui faktor-faktor negosiasi dan manajemen konflik ini apakah layak atau tidak untuk diterapkan dan jika tidak dapat ditemukan solusinya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Dan dalam penelitian ini sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Agar mendapatkan hasil yang win-win solution pada saat bernegosiasi hal yang sangat penting dan krusial adalah komunikasi dengan baik, benar, dan sopan. Apabila salah satu pihak berkomunikasi dengan baik, maka pihak satu lagi akan merasakan bahwa perusahaan ini sangat sopan dan tertarik dengan apa yang disampaikan. Sebaliknya jika salah satu pihak tidak sopan dalam berkomunikasi ataupun menyampaikan sesuatu dengan tidak jelas, maka perusahaan satunya lagi sudah tidak ingin mendengar lebih lanjut atau akan terjadi konflik antar dua perusahaan.

Kata Kunci: Negosiasi, Konflik, Perusahaan, Travel


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Alma’arif. (2014). Manajemen Konflik Sosial Di Indonesia. Jurnal Manajemen Pemerintahan, volume 1, 1–17. http://eprints.ipdn.ac.id/2463/1/JURNAL PRODI.pdf

Alwafi Ridho Subarkah. (2018). Pengertian Negosiasi. In Jurnal (Vol. 151, Issue 2, pp. 10–17).

I. Gee, Q. (2019). Landasan Teori اديدج. In Dasar-Dasar Ilmu Politik (pp. 17–39). Jaya, I. G. F. P., & Mahagangga, I. G. A. O. (2018). Konflik Masyarakat Lokal Dengan Pengusaha Pariwisata Terkait Akses Pura Batu Mejan Dan Setra Di Desa Canggu, Kabupaten Badung. Jurnal Destinasi Pariwisata, 6(1), 55. https://doi.org/10.24843/jdepar.2018.v06.i01.p09

Nurofik, A., Rahajeng, E., Munti, N. Y. S., Hardiansyah, A., Firmansyah, H., Sani, A., ... & Wiyono, A. S. (2021). PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI. Penerbit Insania.

Sani, A. (2017). Sistem Manajemen Otomasi Perpustakaan Berbasis Open Source Senayan Library Management System (SLiMS)(Studi Kasus Perpustakaan H. Bata Ilyas STIE AMKOP Makassar). SEIKO: Journal of Management & Business, 1(1), 47-65.

SYARIFUDDIN, S., ILYAS, J. B., & SANI, A. (2021). PENGARUH PERSEPSI PENDIDIKAN & PELATIHAN SUMBER DAYA MANUSIA PADA KANTOR DINAS DIKOTA MAKASSAR. Bata Ilyas Educational Management Review, 1(2).

Boediman, S. F., Hendriarto, P., Satmoko, N. D., Sulistiyani, S., & Sani, A. (2021). The Relevance of Using Social Media Applications Strategies to Increase Marketing Potential of Indonesian Maritime Tourism (Analytical Study of Tourism Journals and Online Marketing). Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal): Humanities and Social Sciences, 4(4), 8791-8799.

Majid, A., & Sani, A. (2016). Pengaruh Pelatihan dan Supervisi Kepala Ruangan terhadap Kinerja Perawat Pelaksana Diruang Rawat Inap Bedah Rumah Sakit TK. II Pelamonia Makassar. Jurnal Mirai Management, 1(2), 310-412.

Sani, A., & Hafidah, A. (2020). Pengaruh Shopping Life Style Dan Fashion Involvment Teradap Impulse Buying Behevior Masyarakat High Income Makassar. Jurnal Ilmiah Ecosystem, 20(3), 231-238.

Irsan, I., & Sani, A. (2018). Praktik Manajemen Pengetahuan Pustakawan Dalam Mengembangkan Koleksi Lokal Makassar Di Dinas Perpustakaan Kota Makassar. Jurnal Mirai Management, 3(1), 121-135.

Munir, M., Fachmi, M., & Sani, A. (2020). Pengaruh Disiplin Dan Komunikasi Terhadap Kinerja Pegawai Dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Mirai Management, 5(3), 161-170.

Syarifuddin, U., Ilyas, G. B., Misbahuddin, M., Mustafa, H., & Sani, A. (2022). Strategi Pengembangan Usaha Kerajinan Anyaman Rotan dan Bambu melalui Pemasaran Online di Kecamatan Ma’rang Kabupaten Pangkep. Bata Ilyas Educational Management Review, 2(2), 1-24.

Boediman, S. F., Hendriarto, P., Satmoko, N. D., Sulistiyani, S., & Amar Sani, A. S. (2021). Relevance of social media applications as a marketing strategy for Indonesian tourism destinations (literature analysis study). Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal), 4(3), 5705-5712.

Makkira, M., Syakir, M., Kurniawan, S., Sani, A., & Ngandoh, A. M. (2022). Pengaruh Stres Kerja, Komunikasi Kerja dan Kepuasan Kerja terhadap Prestasi Kerja Karyawan pada PT. Prima Karya Manunggal Kabupaten Pangkep. Amkop Management Accounting Review (AMAR), 2(1), 20-27.

Asriani, A., Putri, N., Kurniawan, S., & Sani, A. (2022). Pengaruh Personal Selling terhadap Peningkatan Penjualan Alat Tulis pada CV. Etalase Mitra Jaya di Wajo pada Masa Lockdown Pandemi Covid 19. Amkop Management Accounting Review (AMAR), 2(1), 13-19.

Na’im, Z. (2021). Manajemen Konflik. In Leadership:Jurnal Mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam (Vol. 2, Issue 2, p. 222). https://doi.org/10.32478/leadership.v2i2.720




DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v5i3.3211

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter