Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Peningkatan Penjualan Produk
Sari
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisa seberapa besar pengaruh kualitas layanan terhadap tingkat kepuasan yang dirasakan oleh nasabah yang menggunakan jasa PT. BRI (Persero) Tbk Cabang Makassar Panakkukang. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, wawancara, kuesioner, dan studi kepustakaan dengan menggunakan skala likert dan metode penentuan sampel yang digunakan adalah aksidental sampling sebanyak 100 sampel. Metode analisis yang digunakan adalah metode regresi linear berganda (multi linear regression). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan yang terdiri atas Realibility (X1), Assurance (X2), Empathy (X3), Tangible (X4), dan Responsiveness (X5) secara bersama-sama memiliki pengaruh yang positif. Di mana persamaan regresi Y = 3,647 + 0,183X1 + 0,355X2 + 0,282X3 + 0,255X4 + 0,258X5 Selain itu, dengan uji F dilihat bahwa kualitas pelayanan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan pelanggan dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000 atau 0%. Namun berdasarkan uji parsial (t), semua variabel memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan pelanggan dengan tingkat signifikan untuk Realibility sebesar 0,000 atau 0,1%; Assurance sebesar 0,000 atau 0%; tangible sebesar 0,000 atau 0%; Emphaty 0,000 atau 0% dan Responsiveness sebesar 0,000 atau 0,0%.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Ahmad, I., Farzan, R., Kapadia, A., & Lee, A. J. (2020). Tangible privacy: Towards user-centric sensor designs for bystander privacy. Proceedings of the ACM on Human-Computer Interaction, 4(CSCW2), 1–28. https://doi.org/10.1145/3415187
Amilia, S. (2017). Pengaruh citra merek, harga, dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian handphone merek xiaomi di kota langsa. Jurnal Manajemen Dan Keuangan, 6(1), 660–669. https://www.ejurnalunsam.id/index.php/jmk/article/view/213
Arianto, N., & Difa, S. A. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Konsumen Pada PT Nirwana Gemilang Property. Jurnal Disrupsi Bisnis, 3(2), 242–253. http://dx.doi.org/10.32493/drb.v3i2.6299
Asdi, A., & Putra, A. H. P. K. (2020). The Effect of Marketing Mix (4P) on Buying Decision: Empirical Study on Brand of Samsung Smartphone Product. Point Of View Research Management, 1(4), 121–130. http://journal.accountingpointofview.id/index.php/POVREMA/article/view/93
Bradford, T. W., & Boyd, N. W. (2020). Help me help you! Employing the marketing mix to alleviate experiences of donor sacrifice. Journal of Marketing, 84(3), 68–85. https://doi.org/10.1177%2F0022242920912272
Fatmaningrum, S. R., Susanto, S., & Fadhilah, M. (2020). Pengaruh kualitas produk dan citra merek terhadap keputusan pembelian minuman Frestea. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 4(1), 176–188. https://doi.org/10.54783/mea.v4i1.270
Fraser-Arnott, M. (2020). The marketing mix in parliamentary library websites. Journal of Library Administration, 60(8), 875–888. https://doi.org/10.1080/01930826.2020.1820279
HR, G., & Aithal, P. S. (2020). Integrated Marketing Mix Framework for Baby Care Retailing in India. International Journal of Applied Engineering and Management Letters (IJAEML), 4(1), 191–218. https://www.academia.edu/43744298/Integrated_Marketing_Mix_Framework_for_Baby_Care_Retailing_in_India
Husain, T., & Sani, A. (2020). Kepuasan Pelanggan Toko Online Yang Dipengaruhi Kualitas Produk Dan Layanan. JITK (Jurnal Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi Komputer), 5(2), 291–296. https://doi.org/10.33480/jitk.v5i2.614
Idayati, I., Kesuma, I. M., Aprianto, R., & Suwarno, S. (2020). The Effect of Service Quality on Citizen’s Expectation Through Dimension of Tangible, Emphaty, Reliability, Responsiveness and Assurance (TERRA). SRIWIJAYA International Journal of Dynamic Economics and Business, 4(3), 241–252. http://sijdeb.unsri.ac.id/index.php/SIJDEB/article/viewFile/213/148
Irawan, M. R. N. (2020). Pengaruh Kualitas produk, harga dan promosi terhadap minat beli konsumen pada PT. Satria Nusantara Jaya. Jurnal Ekonika: Jurnal Ekonomi Universitas Kadiri, 5(2), 140–156. http://dx.doi.org/10.30737/ekonika.v5i2.1097
Nasution, S. L., Limbong, C. H., & Ramadhan, D. A. (2020). Pengaruh kualitas produk, citra merek, kepercayaan, kemudahan, dan harga terhadap keputusan pembelian pada e-commerce shopee (Survei Pada Mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi Jurusan Manajemen Universitas Labuhan Batu). Ecobisma (Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen), 7(1), 43–53. https://doi.org/10.36987/ecobi.v7i1.1528
Nugroho, A. R., & Irena, A. (2017). The impact of marketing mix, consumer’s characteristics, and psychological factors to consumer’s purchase intention on brand “w” in surabaya. Ibuss Management, 5(1). https://www.neliti.com/id/publications/182962/the-impact-of-marketing-mix-consumers-characteristics-and-psychological-factors
Othman, B. A., Harun, A., De Almeida, N. M., & Sadq, Z. M. (2020). The effects on customer satisfaction and customer loyalty by integrating marketing communication and after sale service into the traditional marketing mix model of Umrah travel services in Malaysia. Journal of Islamic Marketing. https://doi.org/10.1108/jima-09-2019-0198
DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v5i3.3223
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional