Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Negosiasi dan Manajemen Konflik Pada Industri Transportasi

Edvan Suwandi, Zidane Zidane, Tan Le Xuan, Ricky Tan, Jovina Jovina, Adi Neka Fatyandri

Sari


Industri transportasi merupakan jasa pemindahan barang muatan ataupun manusia dari suatu tujuan ke tujuan lain. Setiap manusia membutuhkan transportasi untuk mempermudah menjalankan aktivitas dikehidupan sehari-hari terutama pada saat bekerja. Seiring berjalannya waktu, negosiasi dan konflik pasti terjadi di industri transportasi dikarenakan perkembangannya teknologi oleh karena itu dilakukanlah penelitian ini untuk membantu dalam menyelesaikan permasalahan ini. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan utama yaitu mengetahui solusi untuk menyelesaikan permasalahan mengenai negosiasi dan konflik di industri transportasi. Penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif, dimana penelitian ini akan menghasilkan data deskriptif dan data yang dikumpulkan merupakan data yang digunakan dari studi perpustakaan. Berdasarkan hasil yang didapatkan menunjukkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi negosiasi dan konflik adalah kesabaran, percaya diri, komunikasi, perbedaan pendirian, perbedaan latar belakang, dan perbedaan kepentingan. Solusi yang didapatkan adalah dengan menggunakan lima metode dalam manajemen konflik untuk menyelesaikan masalah yaitu kolaborasi, kompromi, akomodasi, kompetisi, dan menghindar. Saran untuk industri transportasi adalah selalu bisa menyelesaikan masalah-masalah yang akan dihadapi kedepannya menggunakan manajemen konflik supaya tidak menimbulkan masalah yang lainnya.

 

Kata kunci: Industri Transportasi, Negosiasi, Konflik, Manajemen Konflik

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Eko Sudarmanto, David Tjahjana, Bonaraja Purba, N. V. M. (2021). Manajemen Konflik. In Leadership:Jurnal Mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam (Vol. 2, Issue 2). https://doi.org/10.32478/leadership.v2i2.720

Fitri Susanti, Cecep Safa’atul Barkah, N. N. (2021). ANALISIS PROSES NEGOSIASI BIAYA PENEBANGAN TANAM TUMBUH DALAM RANGKA PEMBANGUNAN JARINGAN LISTRIK PT HALUAN BERSAMA. 23, 104.

Herdiana. (2013). Negosiasi. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 10–27. http://repository.uinhttp//repository.uin-suska.ac.id/2499/3/BAB II.pdf-suska.ac.id/2499/3/BAB II.pdf

Nurofik, A., Rahajeng, E., Munti, N. Y. S., Hardiansyah, A., Firmansyah, H., Sani, A., ... & Wiyono, A. S. (2021). PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI. Penerbit Insania.

Sani, A. (2017). Sistem Manajemen Otomasi Perpustakaan Berbasis Open Source Senayan Library Management System (SLiMS)(Studi Kasus Perpustakaan H. Bata Ilyas STIE AMKOP Makassar). SEIKO: Journal of Management & Business, 1(1), 47-65.

SYARIFUDDIN, S., ILYAS, J. B., & SANI, A. (2021). PENGARUH PERSEPSI PENDIDIKAN & PELATIHAN SUMBER DAYA MANUSIA PADA KANTOR DINAS DIKOTA MAKASSAR. Bata Ilyas Educational Management Review, 1(2).

Boediman, S. F., Hendriarto, P., Satmoko, N. D., Sulistiyani, S., & Sani, A. (2021). The Relevance of Using Social Media Applications Strategies to Increase Marketing Potential of Indonesian Maritime Tourism (Analytical Study of Tourism Journals and Online Marketing). Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal): Humanities and Social Sciences, 4(4), 8791-8799.

Majid, A., & Sani, A. (2016). Pengaruh Pelatihan dan Supervisi Kepala Ruangan terhadap Kinerja Perawat Pelaksana Diruang Rawat Inap Bedah Rumah Sakit TK. II Pelamonia Makassar. Jurnal Mirai Management, 1(2), 310-412.

Sani, A., & Hafidah, A. (2020). Pengaruh Shopping Life Style Dan Fashion Involvment Teradap Impulse Buying Behevior Masyarakat High Income Makassar. Jurnal Ilmiah Ecosystem, 20(3), 231-238.

Irsan, I., & Sani, A. (2018). Praktik Manajemen Pengetahuan Pustakawan Dalam Mengembangkan Koleksi Lokal Makassar Di Dinas Perpustakaan Kota Makassar. Jurnal Mirai Management, 3(1), 121-135.

Munir, M., Fachmi, M., & Sani, A. (2020). Pengaruh Disiplin Dan Komunikasi Terhadap Kinerja Pegawai Dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Mirai Management, 5(3), 161-170.

Syarifuddin, U., Ilyas, G. B., Misbahuddin, M., Mustafa, H., & Sani, A. (2022). Strategi Pengembangan Usaha Kerajinan Anyaman Rotan dan Bambu melalui Pemasaran Online di Kecamatan Ma’rang Kabupaten Pangkep. Bata Ilyas Educational Management Review, 2(2), 1-24.

Boediman, S. F., Hendriarto, P., Satmoko, N. D., Sulistiyani, S., & Amar Sani, A. S. (2021). Relevance of social media applications as a marketing strategy for Indonesian tourism destinations (literature analysis study). Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal), 4(3), 5705-5712.

Makkira, M., Syakir, M., Kurniawan, S., Sani, A., & Ngandoh, A. M. (2022). Pengaruh Stres Kerja, Komunikasi Kerja dan Kepuasan Kerja terhadap Prestasi Kerja Karyawan pada PT. Prima Karya Manunggal Kabupaten Pangkep. Amkop Management Accounting Review (AMAR), 2(1), 20-27.

Asriani, A., Putri, N., Kurniawan, S., & Sani, A. (2022). Pengaruh Personal Selling terhadap Peningkatan Penjualan Alat Tulis pada CV. Etalase Mitra Jaya di Wajo pada Masa Lockdown Pandemi Covid 19. Amkop Management Accounting Review (AMAR), 2(1), 13-19.

Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. (2016). Kepemimpinan dan Manajemen Konfllik. Kepemimpinan Dan Manajemen Konflik, 30. https://simantu.pu.go.id/epel/edok/dc76f_18_-_Modul_Kepemimpinan_dan_Manajemen_Konflik.pdf

Pamela. (2022). Mengenal Jenis Negosiasi, Tujuan, dan Manfaatnya.




DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v5i3.3229

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter