Kebijakan Produk Global Dalam Pembuatan Produk Baru Untuk Pasar Global

Diah Safri Yulinda, Mohd Haiqal Alif Ramadhani, Reni Yusnita, Suhairi Suhairi

Sari


Ketika memasuki pasar global perusahaan akan memiliki sebuah tantangan tersendiri yaitu dengan mengembangkan kebijakan dan strategi produk yang menanggapi permintaan pasar, kompetitor, dan sumber daya organisasi di seluruh dunia. Penyeimbangan Kebijakan pada produk  harus memanfaatkan penyesuaian produk dengan preferensi pasar lokal dan memfokuskan sumber daya pada organisasi dengan sejumlah produk kecil nonkomersial. Produk adalah segala sesuatu yang ditawarkan ke pasar untuk memuaskan keinginan atau kebutuhan. Semuanya termasuk  barang material, layanan, acara, tempat, organisasi, ide atau  kombinasi dari hal-hal yang baru saja disebutkan. Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan ribrary research atau studi kepustakaan. Studi kepustakaan ini merupakan metode yang digunakan dalam mengumpulkan berbagai pengetahuan dan informasi data terperinci sesuai dengan penelitian. Dimana data yang diambil dan dikumpulkan melalui media internet. Penulis mengumpulkan literatur yang berasal dari buku, jurnal, artikel yang membahas tentang produk, kebijakan produk serta kebijakan produk global untuk produk baru yang kemudian dipahami seccara mendalam agar menghasilkan kesimpulan. Hasil penelitian ini menungkapkan kebijakan produk global dalam pembuatan produk baru untuk pasar global harus memperhatikan memperhatikan beberapa aspek yaitu: identifikasi produk baru, pembentukan departemen produk baru dan pengujian produk dipasar nasional sebelum di jual di pasar global.

 

Kata Kunci: Produk Global, Produk Baru, Pasar Global


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Sherly,dkk. Pemasaran Internasional, (CV. Yayasan Kita Menulis, 2020)

M Anang Firmansyah, Didin Fatihudin, Globalisasi Pemasaran (Marketing Globalization),

cetakan pertama (CV. Budi Utama, 2021)

Dr.H. Muhammad Yusuf Saleh, S.E., M.Si dan Dr. Miah Said, S.E., M.Si, Konsep dan

Strategi Pemasaran, (CV. Sah Media, 2019)

Rika Promalessy, Pemasaran Global, (CV. Media Sains Indonesia, 2021)

Nadila Silvia Amanda, Nuri Aslami. Analisis kebijakan Perdagangan Internasional. Vol.4

No.1 (2022)

Irwan Moridu. S.E.,M.M.,CRA., CSF, Ekonomi Internasional (Konsep dan Teori), (CV.

Media Sains Indonesia, 2022)

Minarsih, Kebijakan Ekonomi Indonesia dan Internasional Serta Tantangan di Era Global,

Vol.9 No.20 (2021)

Mujahidin, Ali, and Ifa Khoirianingrum, Analisis Segmentasi, Targeting, Positioning (STP)

Pada Zakiyyah House Bonojegoro, Prosiding Seminar Nasional Unimus, 2 (2019), 83-88

Riady Ibnu Khaidun, Strategi Kebijakan Peningkatan Daya Saing Rumput Laut Indonesia di

Pasar Global. Jurnal Sospol, Vol.3 No.1 (2017) 99-125

Jantarda Mauli Hutagalung, Clara Ignatia Tobing. Penyelesaian Sengketa Kebijakan Produk

Kemasan Polos Produk Rokok Australia Dalam WTO. Law Review Vol.XX No.1 (2020) 1-23

Siti Ngatikoh, Kebijakan Ekspor Impor: Strategi Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi Di

Indonesia. Jurnal Ilmu Ekonomi Islam, Vol.4 No.1 (2020) 68-93




DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v5i3.3303

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter