Analisis Determinan Kesuksesan Usaha Start-Up

A. Ikram Rifqi, Abd. Hamid Paddu, Hamrullah Hamrullah

Sari


Usaha Start-Up merupakan salah satu usaha yang menjanjikan dan berpotensi sukses serta mampu dikembangkan dengan skala yang lebih besar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh determinan kesuksesan usaha start-up dengan studi pengusaha muda start-up digital di Sulawesi Selatan. Sampel ditentukan melalui purposive sampling yaitu sejumlah 11 pengusaha start-up di provinsi Sulawesi Selatan. Metode analisis menggunakan Structural Equation Modelling – Partial Least Square (SEM-PLS) dengan menggunakan aplikasi SPSS dan WARP PLS 8.0. Variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini ialah yaitu Human Capital, Social Capital, dan Financial Capital dengan variabel independen yaitu kesuksesan usaha dan inovasi sebagai variabel mediasi. Hasil penelitian diperoleh bahwa Human Capital dan Social Capital memiliki pengaruh positif signifikan secara langsung terhadap kesuksesan usaha. Sedangkan Financial Capital memiliki pengaruh positif signifikan melalui mediasi oleh inovasi. Dengan demikian, usaha start-up perlu melakukan intervensi kepada variabel tersebut untuk mencapai kesuksesan usaha.

Kata Kunci : Start-Up, Kesuksesan Usaha, Human Capital, Social Capital, Financial Capital, inovasi


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aminova, M., & Marchi, E. (2021). The role of innovation on start-up failure vs. its success. International Journal of Business Ethics and Governance, 4(1), 41- 72.

Apridar. 2009. Ekonomi Internasional: Sejarah, Teori, Konsep Dan Permasalhan Dalam Aplikasinya, Edisi Pertama. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Baptista, R., Karaöz, M., & Mendonça, J. (2007). Entrepreneurial backgrounds, human capital and start-up success (No. 2007, 045). Jena Economic Research Papers

Baptista, R., Karaöz, M., & Mendonça, J. (2014). The impact of human capital on the early success of necessity versus opportunity-based entrepreneurs. Small Business Economics, 42(4), 831-847

Bradley, S. W., McMullen, J. S., Artz, K., & Simiyu, E. M. (2012). Capital is not enough: Innovation in developing economies. Journal of Management Studies, 49(4), 684-717.)

Chenoweth, S. (2008), “Undergraduate software engineering students in startup businesses”, Software Engineering Education Conference Proceedings, pp. 118–128.

Hair Jr, J. F., Sarstedt, M., Hopkins, L., & Kuppelwieser, V. G. (2014). Partial least squares structural equation modeling (PLS-SEM): An emerging tool in business research. European business review.

Hibbler-Britt, L. M., & Sussan, F. (2015, January). Small business success and social capital: A multi-cultural approach. In Global Conference on Business & Finance Proceedings (Vol. 10, No. 1, p. 156). Institute for Business & Finance Research

Ikayati, A. N. (2018). Pengaruh Knowledge Sharing Dan Human Capital Terhadap Kemampuan Inovasi Serta Kinerja Usaha Kecil Menengah (Pada Ukm Cinderamata Di Kota Semarang) (Doctoral dissertation, Universitas Islam Sultan Agung).

Khoirunnisa, R. (2022). Peranan Koordinasi Tim Kerja Dalam Praktik 5s Untuk Meningkatkan Kinerja Operasional Perusahaan (Studi Kasus Di Pt. Globalindo Intimates Klaten).

Kock, Ned. 2018. WarpPLS User Manual 6.0.

http://cits.tamiu.edu/WarpPLS/UserManual_v_6_0.pdf.

Larsen, P., & Lewis, A. (2007). How award‐winning SMEs manage the barriers to innovation. Creativity and innovation management, 16(2), 142-151.

Omri, A., Frikha, M. A., & Bouraoui, M. A. (2015). An empirical investigation of factors affecting small business success. Journal of Management Development, 34(9), 1073–1093. https://doi.org/10.1108/JMD-07-2013-0088

Rachmawati, D., F. Wulani, dan C. E.Susilowati. 2004. Intellectual Capital dan Kinerja Bisnis: Studi Empiris padaIndustri di Indonesia. Seminar Internasional Management and Research Conference. Sanur Beach Bali Hotel, FE- Universitas Indonesia, Agustus: 1-21.

Sawarjuwono, T., dan A. P. Kadir. 2003. Intellectual Capital: Perlakuan, Pengukuran dan Pelaporan. Jurnal Akuntansi dan Keuangan Vol.5, No.1, Mei: 35-57.

Stephen, Ross; Randolph, Westerfield and Bradford, Jordan. 2009. Pengantar Keuangan Perusahaan. Jakarta: Salemba Empat

Thompson, M. (2018). Social capital, innovation and economic growth. Journal of behavioral and experimental economics, 73, 46-52.

Wibisono, D., Purwanegara, M.S., Siallagan, M. and Sukmawati, P. (2017), “Corporate venture capital strategy for selecting start-up investments in indonesia using an agent-based model: cases of a mobile application start- up, payment solution start-up and digital advertising start-up”, Journal of Entrepreneurship Education, Vol. 20 No. 2, pp. 1–22.




DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v5i3.3333

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter