Persepsi Mahasiswa terhadap Kebijakan Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM)

Chelsya Chelsya, Henny Wirianata

Sari


Semenjak pandemi Covid-19, pelaksanaan pendidikan dilakukan secara daring/ online. Pelaksanaan pembelajaran daring memberikan dampak positif dan dampak negatif. Dampak positifnya adalah pelajar terhindar dari paparan langsung virus Covid dan dampak negatifnya adalah menurunnya kualitas kecerdasan pelajar karena proses pembelajaran pelajar tidak dapat dipantau langsung oleh guru ataupun dosen pengajar. Sebagai solusinya, kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemenristekdikti) menetapkan kebijakan kurikulum baru yaitu kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Penelitian ini dilakukan untuk mengevaluasi persepsi mahasiswa program studi Sarjana Akuntansi FEB Tarumanagara terhadap kebijakan kurikulum MBKM. Data diambil dari kuesionar mahasiswa akuntansi Universitas Tarumanagara yang mengikuti program MBKM. Adapun hal yang dievaluasi adalah tingkat pemahaman mahasiswa atas program MBKM, penyampaian sosialisasi mengenai program MBKM, kekurangan dalam program MBKM, dan pilihan mahasiswa dalam program MBKM.

 

Kata Kunci: merdeka belajar kampus merdeka; MBKM; materi; mahasiswa.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anggadini, S. D., Rahayu, S. K., Komala, A. R., Puspitawati, L., & Astuti, W. A. (2022). Persepsi mahasiswa atas kegiatan merdeka belajar kampus merdeka (MBKM) di lingkungan prodi akuntansi UNIKOM. Jurnal Pendidikan, 23(1), 64–76. https://doi.org/10.33830/jp.v23i1.2563.2022

Arifin, S., & Muslim, M. O. H. (2020). Tantangan implementasi kebijakan “merdeka belajar, kampus merdeka” pada Perguruan Tinggi Islam Swasta di Indonesia. Jurnal Pendidikan Islam Al-Ilmi, 3(1). https://doi.org/10.32529/al-ilmi.v3i1.589

Bethlehem, J. (2009). Applied survey methods: A statistical perspective. John Wiley & Sons.

Fuadi, T. M., & Aswita, D. (2021). Merdeka belajar kampus merdeka (MBKM): bagaimana penerapan dan kedala yang dihadapi oleh perguruan tinggi swasta di Aceh. Jurnal Dedikasi Pendidikan, 5(2), 603–614. https://doi.org/10.30601/dedikasi.v5i2.2051

Hunkins, F. P., & Ornstein, A. C. (2016). Curriculum: foundations, principles, and issues. Pearson Education.

Irawan, R., Haryati, T., Amrin, A., & Hidayat, A. G. (2022). Analisis adaptasi pelaksanaan MBKM dalam kurikulum perguruan tinggi akademik di STKIP Taman Siswa Bima (telaah studi pada prodi PGSD, PJKR dan pendidikan matematika; hibah program bantuan prodi menerapkan kerja sama kurikulum MBKM). JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(9), 3814–3823. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i9.942

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2020. Permendikbud No. 3 Tahun 2020. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta.

Laga, Y., Nona, R. V., Langga, L., & Jamu, M. E. (2022). Persepsi mahasiswa terhadap kebijakan merdeka belajar kampus merdeka (MBKM). Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 699–706. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.1951

Meke, K. D. P., Astro, R. B., Bagenda, C., Sulaiman, S., Seda, P., & Djou, A. M. G. (2022). Persepsi mahasiswa terhadap desain implementasi merdeka belajar kampus merdeka: survei pada program studi ilmu hukum Universitas Flores. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 934–943. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.2060

Nona, R. V., Banda, F. L., Leha, E., Supardi, P. N., Meke, K. D. P., & Suryani, L. (2022). Persepsi dosen Universitas Flores terhadap program merdeka belajar kampus merdeka. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 763–777. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.1976

Panjaitan, M., Rini, A. D., Agusalim, L., Abdullah, Z., Purwandaya, B., & Pasaribu, B. (2022). Persepsi mahasiswa program studi ekonomi pembangunan universitas trilogi terhadap program merdeka belajar kampus merdeka (MBKM). Islamic Banking: Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Perbankan Syariah, 7(2), 351–362. https://ejournal.stebisigm.ac.id/index.php/isbank/article/view/394

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi, 47 Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia 1. (2020).

Purwanti, E. (2021). Preparing the implementation of merdeka belajar–kampus merdeka policy in higher education institutions. 4th International Conference on Sustainable Innovation 2020–Social, Humanity, and Education (ICoSIHESS 2020), 384–391. https://dx.doi.org/10.2991/assehr.k.210120.149

Rahman, Y. A. (2021). Manajemen komunikasi kepemimpinan perguruan tinggi pesantren era belajar merdeka. Dosen Merdeka, 179.

Sopiansyah, D., Masruroh, S., Zaqiah, Q. Y., & Erihadiana, M. (2022). Konsep dan implementasi kurikulum MBKM (merdeka belajar kampus merdeka). Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journal, 4(1), 34–41. https://doi.org/10.47467/reslaj.v4i1.458

Susilawati, C. D. K., Tin, S., & Suteja, B. R. (2021). Implementation of MBKM continuously in humanities social studies program at uk maranatha. https://scholarzest.com/index.php/ejhea/article/view/1620

Widiyono, A., Irfana, S., & Firdausia, K. (2021). Implementasi merdeka belajar melalui kampus mengajar perintis di sekolah dasar. Metodik Didaktik: Jurnal Pendidikan Ke-Sd-An, 16(2). https://doi.org/10.17509/md.v16i2.30125




DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v5i3.3366

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter