Pengaruh Citra Merek dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) Merek Nabih pada CV. Anugrah Jaya di Kecamatan Popayato
Sari
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh Citra Merek dan Harga terhadap Keputusan Pembelian air minum dalam kemasan merek Nabih pada CV. Anugrah Jaya di Kecamatan Popayato. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode pengumpulan data menggunakan purposive random sampling. Alat analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda. Populasi pada penelitian ini adalah masyarakat di Kecamatan Popayato dengan jumlah sampel penelitian berjumlah 97 responden.
Fokus penelitian ini menganalisis 1) untuk mengetahui pengaruh citra merek terhadap keputusan pembelian, 2) untuk mengetahui pengaruh harga terhadap keputusan pembelian, 3) untuk mengetahui pengaruh citra merek dan harga secara simultan terhadap keputusan pembelian.
Hasil pengujian instrumen penelitian menggunakan kuesioner, dengan sarana analisis menggunakan program SPSS versi 22. Dari hasil uji validitas diketahui r hitung ≥ t tabel maka instrumen penelitian berdasarkan hasil jawaban responden dinyatakan valid. Hasil penelitian uji t diperoleh nilai t hitung dari variabel citra merek sebesar 3,344 ≥ t tabel 1.985, nilai t hitung dari variabel harga sebesar 3,863 ≥ t tabel 1.985 dan hasil koefisien determinasi R2 sebesar 22,8% sedangkan sisanya 77,2% dipengaruhi variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Melalui pengujian ini maka disimpulkan bahwa variabel citra merek dan harga berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada air minum dalam kemasan merek Nabih pada CV. Anugrah Jaya di Kecamatan Popayato.
Kata Kunci: Citra Merek, Harga, Keputusan Pembelian.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Abdullah, Thamrin. (2012). Manajemen Pemasaran. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.
Amilia, Suri dan Asmara M. Oloan. (2017). Pengaruh Citra Merek, Harga, dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Handphone Merek Xiaomi di Kota Langsa. Jurnal Manajemen dan Keuangan. Vol. 6 No. 1
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta
Auna, Fandri Lukmana. (2021). Pengaruh Brand Image dan Harga terhadap Minat Beli Konsumen Pada Produk Mi Instan Merek Sedaap (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo).
Bakhtiar, Arfan., Ningsih, Novi Rahayu & Sari, Naura Muthia. (2021). Impact of Brand Image, Halal Status, and Government Certification on Purchasing Decisions for Food and Beverages. IEOM Society International. 1806-1813
CV. Anugrah Jaya (2020) Dokumen Air Minum Dalam Kemasan Nabih. Gorontalo
Datau, Usnul (2021). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Putra Meubel Di Jalan Rambutan Kota Gorontalo.
Daud, Mirna. (2016). Pengaruh Citra Merek Dan Desain Produk Terhadap Keputusan Pembelian Suzuki Nex Pada PT. Sinar Galesong Mandiri Cabang Gorontalo.
Djohan, Widjaja. (2021) Analysis of Factors Affecting the Decision to Purchase Mineral Water Le-Minerale in Tangerang City. Primanomics : Jurnal Ekonomi dan Bisnis. Vol. 19 No. 2
Ferdinand, Augusty. 2014. Metode Penelitian Manajemen Dan Bisnis. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Fristiana, Dessy Amelia. (2012). Pengaruh Citra Merek Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Ramai Swalayan Peterongan Semarang. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis. pp :1-9
Ghozali, Imam. (2013). Aplikasi Analisis Multivariat Dengan Program. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro
Hadjarati, Algiman (2021). Pengaruh Brand Image Sim Card Telkomsel Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi Kasus Pada Mahasiswa Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo).
Hengestu, Nelsen. dan Iskandar, Donant Alananto (2017) Pengaruh Citra Merek Dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Air Minum Dalam Kemasan. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Fakultas Ekonomi UNIAT. Vol. 2 No. 2, 363-372.
Irawan, Fachmi (2019) Pengaruh Citra Merek Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) Oasis (Survei Konsumen Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) Oasis)
Keller, Kevin Lane. (2013). Strategic Brand Management : Building, Measuring, and Managing Brand Equit 4rd Edition. Pearson Education, Inc.
Kotler, Philip & Keller, Kevin Lane. (2019). Manajemen Pemasaran. Edisi 13 Jilid 1. Pearson Education Inc.
Kuengo, Fatmah A. (2021). Pengaruh Citra Merek Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Honda Brio Pada Nenggamobilindo Kota Gorontalo.
Kuengo, Fatma A. Taan, Hapsawati. dan Radji, Djoko Lesmana. (2022). Pengaruh Citra Merek Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Honda Brio Pada Nengga mobilindo Kota Gorontalo. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis. Vol. 5. No. 1. Hal 54-65. http://ejurnal.ung.ac.id/index.php/JIMB
Kuncoro, Mudjarat. 2003. Metode Riset untuk Bisnis & Ekonomi. Jakarta : Erlagga.
Li, Guo Xian. Wang, Xia. dan Cai, Yu Juan. (2011). Corporate-, Product-, and User-Image Dimensions and Purchase Intentions. Journal Of Computers. Vol. 6. NO. 9. Hal. 1875-1879 http//www.jcomputers.us/vol6/jcp0609-13.pdf Diakses 23 Maret 2022.
Lubis, Desy Irana Dewi. (2017). Pengaruh Citra Merek dan Harga terhadap Keputusan Pembelian pada Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Sukma Medan. Jurnal Ilman. Vol. 5 No. 1. Pp : 15-24
Ngabiso, Febriyanto. (2021). Pengaruh Citra Merek (Brand Image) Dan Kepercayaan Merek (Brand Trust) Terhadap Loyalitas Merek (Brand Loyalty) Pada Produk Air Minum Dalam Kemasan Merek Aqua (Studi Pada Konsumen Amdk Merek Aqua Di Kota Gorontalo).
Noor, Zulki Zulkifli. (2010) Manajemen Pemasaran. Yogyakarta : Deepublish.
Nurrahmah, Halida. Dan Sitio, Arifin. (2020) The Effect of Brand Image and Promotion on Purchasing Decisions and Their Implications for Customer Satisfaction with Aqua Bottled Water. International Journal of Innovative Science and Research Technology. Vol. 5. ISSN No : 2456-2165.
Pautina, Yazid Bustomin. Ismail, Yulinda L. Abdussamad, Z. K. (2022). Pengaruh Kepercayaan dan Kemudahan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Aplikasi Belanja Online Shop (Studi Pada Mahasiswa Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo). Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 5(2), 474–484.
Poloalo, Isman. (2017). Pengaruh Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Tania Fashion Kota Gorontalo
Putri, Budi Rahayu Tanama (2017). MANAJEMEN PEMASARAN. Denpasar : Fakultas Peternakan Universitas Udayana.
Rahman, Ari. (2021) Pengaruh Citra Merek Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) Merek Laka-Laka Di Kabupaten Lombok Timur.
Roisah, Riris. (2016). Telaah Hubungan Citra Merek, Kualitas Produk Dan Keputusan Pembelian Konsumen. Online ecodemica, issn 2355-0295 Vol. IV No. 1
Setiawati, E. (2014). Pengaruh Harga Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Televisi Samsung Di Perumahan Villa Grand Tomang Tangerang. Prosiding Seminar Nasional Multi Disiplin Ilmu Dan Call For Papers UNISBANK.
Sugiyono. (2017). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alvabeta.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Manajemen. Bandung : Alfabeta, CV
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Cetakan ke-8. Bandung : ALFABETA.
Taan, Hapsawati (2017). Pengaruh Inovasi Produk Dan Harga Terhadap Keunggulan Bersaing Usaha Karawo Di Kota Gorontalo. Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo
Taan, Hapsawati (2021). Kemudahan Penggunaan dan Harga Terhadap Minat Beli Online Konsumen. Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo
Sunyoto, Danang. (2014) Dasar-Dasar Manajemen Pemasaran (Konsep, Strategis, dan Kasus). Yogyakarta : CAPS (Center Of Academic Publishing Service).
Yulianti, Farida., Lamsah., dan Periyadi. (2019). MANAJEMEN PEMASARAN. Banjarmasin : Deepublish.
Zainurossalamia, Saida. (2020). Manajemen Pemasaran Teori dan Strategi. Nusa Tenggara Barat : Forum Pemuda Aswaja
Zulkifli, Moh. Azraf. (2020). Pengaruh Citra Merek Terhadap Minat Beli Konsumen Ditoko Eiger Adventure Gorontalo.
DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v5i3.3367
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional