Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Aplikasi Belanja Shopee

Rival Bilondatu, Tineke Wolok, Ramlan Amir Isa

Sari


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan persepsi harga terhadap kepuasaan konsumen pada aplikasi belanja shopee. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda. Besarnya sampel dalam penelitian ini berjumlah 92 orang dengan teknik pengambilan sampel menggunakan non probability sampling. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) secara parsial kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasaan konsumen. 2) secara parsial persepsi harga berpengaruh terhadap kepuasaan konsumen. 3)sedangkan secara simultan kualitas pelayanan dan persepsi harga berpengaruh terhadap kepuasaan konsumen. Nilai pemgaruh dalam penelitian ini dapat dilihat dari nilai  R Square  sebesar 0,468 atau 46,8 % sedangkn sisahnya sebesaar 53,2% dipengruhi oleh variable lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini sepeti kualitas produk, dan strategi pemasaran

 

Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Persepsi Harga, Kepuasan Konsumen.

 

Abstract

This present research aimed to determine  the effect of  service quality and perceived price on customer statisfaction in the shopee apps. Data analysis  technique used in this research was multipe analysis regression analysis, whit a total smple 92 people taken by non-probability sampling technique. at the same time, the research method employed a quantitative method.

The findings proved that 1) partially, service quality affected customer statisfaction, 2) partially, perceived price affected customer statisfaction, 3) simultaneously, service quality and perceived price on customer statisfaction. the effect in this research was observable from the r-square value of 0,468 or 46,8%. Incomparion, the remaining 53,2% was affected by other variables that were not explained in this research, such as product quality and marketing strategy.

 

Keywords: Service Quality, Perceived Price, Customer Statisfaction.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Irawati, A. A. (2020). Analisis Pengaruh Kualitas Produk Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Dan Dampaknya Terhadap Kepuasan Konsumen Pengguna Iphone (Survei Pada Mahasiswa Stie Mahardhika Surabaya) (Doctoral Dissertation, Stie Mahardhika Surabaya).

J.andi, A. Z. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada PT. Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk Cabang Lhokseumawe. Jurnal Visioner & Strategis, 5(3), 35–42. http://journal.unimal.ac.id/visi/article/view/228

Jannah, F. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Konsumen J&T EXPRESS (Studi Kasus pada Generasi Milenial di Purwokerto).

Kottler, & Keller. (2014). manajemen pemasaran. erlangga.

Kristianti, T., & Rivai, A. R. (2018). Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Produk Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Warunk Upnormal Semarang. Telaah Manajemen, 15(2), 128–136.

Lupiyoadi, & Mandani. (2016). Manajemen Pemasaran Jasa. Salemba Empat.

Michael, S. (2015). Consumer behavior. Pearson prentice.

Naufal, R. (2020). Pengaruh Literasi Keuangan Syariah terhadap Perilaku Keuangan Mahasiswa di Perguruan Tinggi Islam. Human Relations, 3(1), 1–8.

Panjaitan, J. E., & Yuliati, A. L. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada JNE Cabang Bandung [The Influence of Service Quality on Customer Satisfaction at JNE Branch in Bandung]. DeReMa (Development Research of Management): Jurnal Manajemen, 11(2), 265-289.

Pautina, Y. B., Ismail, Y. L., & Abdussamad, Z. K. (2022). Pengaruh Kepercayaan Dan Kemudahan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Aplikasi Belanja Online Shopee (Studi Pada Mahasiswa Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo). JAMBURA: Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, 5(2), 474-484.

Sarwono, sarlito w., & A.Meinarno., E. (2013). Psikologi Sosial. salemba humanika.

Schifman, & Kanuk. (2017). Perilaku Konsuemen. Prentice hall.

Sugiono. (2018). Metode Penelitian Manajemen. Alfabeta.

Tjiptono, F. (2019). Strategi Pemasaran. Andi.

Tjiptono, F., & Chandra, G. (2017). Pemasaran Strategik. Andi.

Widyaanita, vika ayu. (2018).Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Ecomers ShopeeTerhdapKepuasan Konsumen.https://doi.org/10.1016/j.gecco.2019.e00539%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.foreco.2018.06.029%0Ahttp://www.cpsg.org/sites/cbsg.org/files/documents/Sunda Pangolin National Conservation Strategy and Action Plan%28LoRes%29.pdf%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.forec.




DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v5i3.3378

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter