ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PRODUK ASURANSI JIWA BERBASIS SYARIAH PADA INDUSTRI JASA ASURANSI DI KOTA MAKASSAR (Studi Kasus pada PT. Prudential Life Assurance Area Makassar)

Ikrar Putra Setiawan, Alfatih S. Manggabarani, Jamaluddin Bata Ilyas

Sari


ABSTRAK

 

Penelitian dilakukan di Kantor Agen Pemasaran Pru Barokah Kota Makassar. Jenis penelitian yang digunakan adalah survei, mengambil sampel dari 30 informan internal (agen asuransi syariah) dan 100 informan eksternal (pelanggan prudential syariah). Teknik penentuan sampel adalah purposive sampling dan menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpulan data.

Hasil penelitian menunjukkan, 1) Identifikasi faktor internal dalam penelitian ini diambil dari beberapa variabel bauran pemasaran, yaitu produk, harga, promosi, sumber daya manusia, proses, dan ditambahkan dengan variabel informasi. Dari hasil analisis diperoleh nilai kekuatan total 1,89 dan nilai total kelemahan 0,80. Untuk faktor eksternal diambil dari beberapa variabel lingkungan di luar perusahaan, yaitu teknologi, demografi, keadaan ekonomi, pemerintah dan organisasi masyarakat, sosial dan budaya, dan perusahaan pesaing. Dari hasil analisis diperoleh total nilai peluang sebesar 1,97 dan nilai total ancaman sebesar 0,76. Analisis di atas menunjukkan bahwa Prudential memiliki kekuatan dan peluang yang cukup besar untuk menjalankan strategi pemasaran produk asuransi jiwa berbasis syariah di Kota Makassar; 2) Dari analisis Matriks Internal-Eksternal, strategi pemasaran Prudential untuk produk asuransi jiwa berbasis syariah berada pada sel V (Strategi Pertumbuhan) dan hasil analisis kuadran SWOT, posisi bisnis Prudential saat ini berada pada Kuadran I (Progresif). Ini menunjukkan bahwa Prudential dapat memanfaatkan peluang dan mengoptimalkan kekuatannya untuk mendukung kebijakan pertumbuhan agresif, seperti memperluas jaringan perusahaan dengan membangun cabang di daerah lain dan meningkatkan jumlah agen, serta meningkatkan jenis produk; dan 3) Memperbesar Jumlah Agen Terlatih dan menjalin kerja sama dengan berbagai pihak, untuk mendidik dan memasarkan produk asuransi jiwa berbasis syariah adalah hasil pengembangan strategi alternatif melalui analisis Matriks QSPM.


Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Asuransi Syariah, Industri Jasa.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


REFERENSI

Alia, 2013. Pentingnya Memiliki Asuransi Jiwa (Online). http://www.seizeurfuture.com/ investment/index.php?link=content-article-detail&id=253, diakses 20 Juli 2014 pk. 00.15 WITA.

Asosiasi Asuransi Syariah Indonesia, 2014. Perusahaan Asuransi Jiwa Syariah (Online). http://aasi.or.id/page/29, diakses 20 Juli 2014 pk. 00.50 WITA.

David, Fred.R. 2011. Manajemen Strategis: Konsep-Konsep. Edisi Dua belas. Jakarta: Salemba Empat.

Ganie, Junaedy. 2011. Hukum Asuransi Indonesia. Jakarta: Sinar Grafika.

Kennedy, E. 2006. Marketing Communication. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Kotler, Philip dan Gary Amstrong. 2012. Prinsip – prinsip Pemasaran. Edisi 13. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Jilid 1. Edisi 12. Alih Bahasa Benyamin Molan. Jakarta: indeks.

Kuntjoro, Wuryanti , 1996. Analisis Strategi Pemasaran Polis Asuransi Kerugian pada PT (Persero) Asuransi Kerugian Jasa Raharja Cabang Semarang. Tesis, Semarang: Universitas Diponegoro.

Muhammad, Suwarsono. 2008. Matriks dan Skenario dalam Strategi. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Pemerintah Kota Makassar. 2013. Laporan Akuntabilitas Kinerja Pemerintah (LAKIP) Kota Makassar. Makassar: Sekretariat Kota Makassar.

Rahayu, Eva Martha. 2013. Proteksi Keluarga Sejak Dini dengan Asuransi Kesehatan (Online). http://swa.co.id/business-strategy/proteksi-keluarga-sejak-dini-dengan-asuransi-kesehatan, diakses 19 Juli 2014, pk. 22.55 WITA.

Rahmatullah, Rezky, 2012. Strategi Pemasaran Bisnis Surety Bond Berdasarkan Analisis SWOT (Studi Kasus Cabang Khusus PT. Jasa Raharja Putera), Tesis. Jakarta: Universitas Indonesia.

Rangkuti, Freddy, 2013. Analisis SWOT. Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Rangkuti, Freddy. 2006. Measuring Customer Satisfaction. Teknik Mengukur dan Strategi Meningkatkan Kepuasan Pelanggan plus Analisis Kasus PLN-JP. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Renaldi, Rizal, 2010. Strategi Pemasaran Produk Asuransi Syariah dan Asuransi Konvensional. Skripsi, Muamalat (Ekonomi Islam). Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah.

Solihin, Ismail, 2012. Manajemen Strategik. Jakarta: Erlangga.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Syahatah, Husain Husain. 2006. Asuransi dalam Perspektif Syariah. Jakarta: Amzah.

Tjiptono, Fandy. 2010. Strategi Pemasaran. Edisi 3. Yogyakarta: Andi Offset.

Umar, Husein. 2005, Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen, Cetakan Keempat. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Kasali, Renald. 2005. Membidik Pasar Indonesia (Segmentasi, Targeting, dan Positioning). Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.


Article Metrics

Sari view : 1222 times
PDF - 0 times

DOI: https://doi.org/10.2568/yum.v1i3.338

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter