Identifikasi Masalah Dan Analisis Kebutuhan Pengembangan Materi Berbasis Web Pada Pembelajaran Ekonomi Kelas X Di Sma Negeri 1 Manado

Patricia Rakian, Edwin Wantah, Jerry Wuisang Jerry Wuisang

Sari


Penelitian ini bertujuan unutk mengidentifikasi masalah dan menganalisis kebutuhan dalam pengembangan materi digital berbasis web pada pembelajaran ekonomi kelas X di SMA Negeri 1 Manado. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan teknik penelitian deskriptif kualitatif dengan persentase. Subjek penelitian adalah siswa kelas X berjumlah 35 siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa selama tiga tahun  terakhir, kegiatan pembelajaran di kelas berpusat pada guru yang pembawaan materi pembelajaran menggunakan powerpoint dan pemberian tugas, menggunakan buku manual yang cenderung membuat siswa merasa bosan. Hal itu membuat guru harus memutar otak dalam meningkatkan pembawaan materi pembelajaran agar mengikuti perkembangan zaman dan siswa tertarik. Jadi diperlukan pengembangan materi pembelajaran ekonomi yang inovatif, kreatif, interaktif dan dapat digunakan dimana saja dan kapan saja. Yang salah satunya materi pembelajaran berbasis web yang dapat dimanfaatkan sebagai sarana belajar. Hasil analisis data dan temuan penelitian maka dapat disimpulkan bahwa: 1) Dibutuhkan media pembelajaran jarak jauh sebagai alternatif pembelajaran di kelas; 2) Dibutuhkan materi serta panduan untuk mempelajari materi dalam kegiatan pembelajaran berbasis web. Hasil penelitian dan kesimpulan tersebut, maka dikemukakan saran sebagai berikut : 1) Guru perlu merancang kegiatan pembelajaran berbasis web sebagai alternatif kegiatan pembelajaran konvensional terutama untuk materi yang sulit dituntaskan dalam kegiatan pembelajaran di kelas; 2) Media pembelajaran yang dapat dipilih untuk digunakan adalah Website; 3) Guru perlu merancang bahan ajar berupa materi digital sesuai dengan kaidah pembuatan materi yang telahada; 4) Guru perlu membuat panduan yang berupa petunjuk bagi siswa untuk berinteraksi dalam kegiatan pembelajaran yang telah dirancang guru.

 

Kata Kunci : Materi digital, Web, Pembelajaran Ekonomi


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


I. Solikin & R. Amalia. (2019). Materi Digital Berbasis WEB Mobile Menggunakan Model 4D. Jurnal Sistem Informasi, Volume 8 Nomor 3 September 2019:321-328

Ibrahim Morteza Amin & Sapir (2018). “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis WEB Hypertext Markup Language (Html) Pada Matapelajaran Ekonomi Materi Bank Sentral Siswa Kelas X IPS SMAN 1 Gondanglegi Kabupaten Malang Semester Genap Tahun Pelajaran 2017/2018”. Economic Education Program, Faculty Of Economics, State University Malang, Indonesia. Jurnal Pendidikan Ekonomi, Vol.11, No.2, 2018

Muntu, Sonny Ronny (2017). “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis WEB Pada Mata Pelajaran Simulasi Digital Kelas X Di SMK”. Tesis. Universitas Negeri Makassar

N. Syafithri And W. Subroto (2021), “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis WEB Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi”. Jurnal Education And Development, Vol. 9, No. 2, Pp. 107-110, Apr. 2021.

Prihayuda Tatang Aditya (2018). “Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis WEB Pada Materi Lingkaran Bagi Siswa Kelas VIII’. Jurnal Matematika, Statistika & Komputasi. Vol 15 No 1 (2018) : July 2018

Rahmi Anita Azmi, Kasman Rukun, Hasan Maksum (2020). “Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis WEB Mata Pelajaran Administrasi Infrastruktur Jaringan”. Vol 4 No 2 2020

Simon Fernando, Tahmid Sabri & Suparjan (2021). “Pengembangan Bahan Ajar Berbasis WEB pada Materi Sistem Pencernaan Manusia Kelas V Sekolah”. Jurnal Tunas Bangsa Volume 9, Nomor 1, 2022 pp. 18-32. Prodi PGSD FKIP Universitas Tanjungpura Pontianak.

Zainal Zainal, Nuraini Asriati & Husni Syahrudin (2019). “Pengembangan Media Pembelajaran Elektronik Menggunakan Edmodo Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Pelajaran Ekonomi”. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa. Vol 8 No 12 (2019)




DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v5i3.3391

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter