Pengaruh Faktor Daya Tarik Wisata Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan (Studi Kasus Kota Banda Aceh)
Sari
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui atraksi, aksesbilitas, amenitas dan ancillary, keputusan berkunjung terhadap keputusan berkunjung di Banda Aceh. Jenis penelitian ini menggunakan deskriptip kuantitatif dengan metode analisis regresi berganda. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan accidental sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pengunjung yang datang ke Kota Banda Aceh untuk menikmati wisata halal. Sedangkan populasi dalam penelitian ini berjumlah 100 responden. Data diolah dengan program SPSS dengan menggunakan skala likert dari 1 sampai dengan 5. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hanya dua faktor daya tarik wisata halal yang mempunyai pengaruh bermakna secara individu yaitu faktor atraksi dan ancillary terhadap keputusan wisatawan dalam mengunjungi obyek wisata. Hal ini menunjukkan bahwa daya tarik wisata halal dikota Banda Aceh memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan dengan atraksi wisata yang sangat beragam seperti wisata alam,budaya dan buatan yang ada di kota Banda Aceh.
Keywords : Atraksi, Aksesbilitas, Amenitas dan Ancillary, Keputusan Berkunjung
Abstract
This study aims to determine the attractions, accessibility, amenities and ancillary, the decision to visit on the decision to visit in Banda Aceh. This type of research uses quantitative descriptive with multiple regression analysis method. The sampling technique used was accidental sampling. The population in this study were all visitors who came to Banda Aceh City to enjoy halal tourism. While the population in this study amounted to 100 respondents. The data was processed by the SPSS program using a Likert scale from 1 to 5. The results showed that only two factors of halal tourism attraction had a significant influence individually, namely attraction and ancillary factors on tourists' decisions to visit tourist attractions. This shows that the attraction of halal tourism in the city of Banda Aceh has its own charm for tourists with very diverse tourist attractions such as natural, cultural and artificial tourism in the city of Banda Aceh.
Keywords : Tourist Attraction, Hala Tourism, Visiting Decisions
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Alfitriani., Putri, W. A., & Ummasyroh. (2021). Pengaruh Komponen 4A Terhadap Minat Kunjung Ulang Wisatawan Pada Destinasi Wisata Bayt Al-Qur’an Al-Akbar Kota Palembang. JAMB(Jurnal Aplikasi Manajemen & Bisnis), 1(2): 66-77.
Amrullah., Nurbaeti., Ratnaningtyas., Manumpak, D., Singh, M. R., & Budi, J. (2022). Pengaruh City Branding dan City Image Terhadap City Identity dan Keputusan Berkunjung Wisatawan ke Kota Jakarta, Indonesia. Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora, 11(2): 325-336.
Fitroh, S. Y. K. A., Hamid, D., & Hakim, L. (2017). Pengaruh Atraksi Wisata dan Motivasi Wisatawan Terhadap Keputusan Berkunjung. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 42(2): 18-25.
Irwansyah., & Zaenuri, M. (2021). Wisata Halal: Strategi dan Implementasinya di Kota Banda Aceh. Journal of Governance and Social Policy, 2(1): 41-55.
Mogimpe, C. M, & Bachri, S. (2021). Pengaruh Komponen Pariwisata Terhadap Keputusan Berkunjung Pada Air Terjun Saluopa Era Covid-19. Jurnal SMART, 1(2): 017-024.
Muharromah, G.L., & Anwar, M. K. (2020). Pengaruh Atraksi Wisata, Amenitas dan Aksesibilitas Terhadap Keputusan Berkunjung Pada Objek Wisata Religi Makam Kh. Abdurrahman Wahid. Jurnal Ekonomika dan Bisnis Islam, 3(2): 152-164.
Muis. (2020). Perkembangan Peluang dan Tantangan Wisata Halal di Aceh. Adabiya, 22(1): 41-55.
Ningtiyas, E. N., Alvianna., Hidayatullah, S., & Sutanto, D. H. (2021). Analisis Pengaruh Attraction, Accessibility, Amenity, Ancillary terhadap Minat Berkunjung Wisatawan melalui Loyalitas Wisatawan sebagai Variabel Mediasi. Media Wisata, 19(1): 83-96.
Nurbaeti., Rahmanita, M., Ratnaningtyas, H., & Amrullah. (2021). Pengaruh Daya Tarik Wisata, Aksesbilitas, Harga dan Fasilitas Terhadap Minat Berkunjung Wisatawan di Objek Wisata Danau Cipondoh, Kota Tangerang. Jurnal Sosial dan Humaniora, 10(2): 269-278.
Ratnaningtyas, H., Nurbaeti., Asmaniati, F., & Amrullah. (2022). The Effect of 4p on The Decision to Visit Ampera 2 Tak Veteran's Restaurant Bintaro, Jakarta Selatan. JPIM: Jurnal Penelitian Ilmu Manajemen, 7(1): 149-159.
Ratnaningtyas, H., Ingkadijaya, R., & Desafitri, L. (2022). The Effect of E-Wom and Tourism Product Attributes on Visiting Decisions in Lake Cipondoh Tourist Destination, Tangerang City, Banten Province. JPIM: Jurnal Penelitian Ilmu Manajemen, 7(2): 232-239.
Ratnaningtyas, H., Nurbaeti., Asmaniati, F., & Bilqis, L. D. R. (2021). Berwisata Ke Jakarta dengan Kemacetannya. JMPP: Jurnal Manajemen Perhotelan dan Pariwisata, 4(2): 58-66.
Saleh, M., Kamaruzzaman., & Desky, H. (2022). Pengembangan Wisata Islami: Strategi Pemasaran Wisata Halal di Bumi Syariah. Owner: Riset & Jurnal Akuntansi, 6(2): 1221-1238.
Santoso, E. B., T=Rahmadanita, A., Rahmaniazar, L., Hidayat, E., & Alyani, N. (2021). Pengembangan Wisata Halal di Kota Banda Aceh. Jurnal Ilmu Pemerintahan Widya Praja, 47(2): 195-208.
Satriana, E. D., & Faridah, H. D. (2018). Wisata Halal: Perkembangan, Peluang, dan Tantangan. Journal of Halal Product and Research (JHPR), 1(2): 32-43.
Subarkah, A. R. (2018). Potensi dan Prospek Wisata Halal Dalam Meningkatkan Ekonomi Daerah (Studi Kasus: Nusa Tenggara Barat). Jurnal Sospol, 4(2): 49-72.
Suryani, S., & Bustaman, N. (2021). Potensi Pengembangan Pariwisata Halal dan Dampaknya Terhadap Pembangunan Ekonomi Daerah Provisnsi Riau. Jurnal Ekonomi KIAT, 32(2): 146-162.
DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v6i1.3498
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional