Kualitas Pelayanan Room Boy Terhadap Kepuasan Pelanggan di Hotel Six Senses Uluwatu Bali

Anis Darsiah, Rahmat Ingkadijaya, Ismeth Emier Osman

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan room boy terhadap kepuasan pelanggan di Hotel Six Senses Uluwatu Bali. Jenis penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif dengan metode analisis regresi berganda. Teknik pengumpulan data dengan menyebarkan kuisioner dengan google form. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan accidental sampling yaitu responden didapatkan dari kebetulan bertemu dengan peneliti di Hotel Six Senses.  Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pengunjung yang datang ke Hotel Six Senses. Sedangkan populasi dalam penelitian ini berjumlah 100 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tangible, reliability, responsiveness, assurance, dan empathy. pihak hotel lebih meningkatkan kualitas pada aspek-aspek
responsiveness (daya tanggap) kepada konsumen yaitu karyawan hotel hendaknya
meningkatkan inisiatif dalam membantu konsumen, profesional dalam menjalankan
tugasnya serta menciptakan suasana yang damai dan tentram agar tamu merasa
nyaman.

 

Keywords : Tangible, Reliability, Responsiveness, Assurance, Empathy, Kepuasan Pelanggan

Abstract

This study aims to determine the quality of room boy service on customer satisfaction at the Six Senses Hotel Uluwatu Bali. This type of research uses descriptive quantitative with multiple regression analysis method. Data collection techniques by distributing questionnaires with google form. The sampling technique used was accidental sampling, where respondents were obtained by chance meeting with researchers at the Six Senses Hotel. The population in this study were all visitors who came to the Six Senses Hotel. While the population in this study amounted to 100 respondents. The results showed that tangible, reliability, responsiveness, assurance, and empathy. this hotel further improves the quality in terms of responsiveness to consumers, namely hotel employees must increase the initiative in helping consumers, professionals in running their duties and create a peaceful and serene atmosphere so that guests feel comfortable.

 

Keywords : Tangible, Reliability, Responsiveness, Assurance, Empathy, Customer Satisfaction

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Astari, R., & Jin, O. F. (2018). Pengaruh Perubahan Rencana Konstruksi Terhadap Sistem Operasional Hotel. Jurnal Muara Sains, Teknologi, Kedokteran, dan Ilmu Kesehatan, 2(1): 59-66.

Ayuningsih, D. M., Prihambodo, A., Susilowati, A. Y., & Noor, R. S. (2011). Pengelolaan Sumber Daya Manusia Dalam Bisnis Hotel Studi komparasi di Hotel Duta Garden, Hotel Wisanti, Hotel Musafira dan Hotel Perwita Sari Yogyakarta. Jurnal Manajemen, 1(1): 14-25.

Berutu, F. (2015). Hubungan Kualitas Pelayanan Room Boy Dengan Kepuasan Tamu Menginap di Hotel Axana Padang. Skripsi. Program Studi Manajemen Perhotelan. Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang

Kahfi, G. A., & Nugraha, R. N. (2022). The Effect of Tangible, Reliability, Responsiveness, Assurance and Empathy on Tourist Satisfaction in Dunia Fantasi Taman Impian Jaya Ancol After The Implementation of The Covid-19 Vaccination. (TRJ: Tourism Research Journal, 6(1): 127-139.

Krestanto, H. (2019). Strategi dan Usaha Reservasi Untuk Meningkatkan Tingkat Hunian di Grand Orchid Hotel Yogyakarta. Jurnal Media Wisata, 17(1): 1-8.

Kurniawan, R., & Yuliato. (2017). Usaha Room boy Dalam Menjaga Standar Kebersihan Kamar Hunian di Abadi Hotel Jogja. Jurnal Khasanah Ilmu, 8(1): 40-46.

Paisal. (2013). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya, 11(4): 301-318.

Suwardi, K., & Hadi, W. (2012). Peranan Room Boy Dalam Menjaga Kebersihan Hotel Guna Menciptakan Kepuasan Tamu Hotel. Khasanah Ilmu, III(1): 7-16.

Suwena, I. K., & Widyatmaja, I. G. N. (2017). Pengetahuan Dasar Ilmu Pariwisata. Denpasar: Pustaka Larasan.

Utama, I. P. W. J. (2019). Fasilitas Utama Hotel Resort Berdasarkan Civitas Pengelola

Hotel Resort di Tabanan. Prosiding Seminar Nasional Arsitektur, Budaya dan Lingkungan Binaan, Agustus 2019: 123-134

Wulandari, D. (2018). Peran Public Relations di Hotel Grand Clarion & Convention Makassar Dalam Menunjang Tingkat Hunian Hotel. Jurnal Sosial dan Politik-Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Politik ( STISIP), 8(1): 1-13.




DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v6i1.3499

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter