Penerapan Total Quality Service pada Pegadaian Syariah

Muhammad Syafii A. Basalamah, Andi Faisal Bahari

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan Total Quality Service pada Pegadaian Syariah cabang Ujungbulu di kabupaten Bulukumba. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deksriptif yaitu menjelaskan suatu fenomena yang terjadi. Subjek penelitian ini yaitu Pegadaian syariah Bulukumba sedangkan objek penelitian ini yaitu Total Quality Service. Sumber data penelitian ini yaitu wawancara dengan informan. Sedangkan metode pengumpulan data yaitu observasi dan wawancara. Kemudian metode analisis data penelititan yaitu dengan empat langkah: Pengumpulan data melalui observasi dan wawancara, reduksi data yaitu merangkum hal yang penting dari data yang didapatkan, menyajikan data dengan teks naratif untuk memaparkan hasil dari penelitian dilapangan, yang terakhir yaitu penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil dari penelitian menujukkan Pegadaian syariah Bulukumba telah menerapkan keenam dimensi total quality service yaitu; Compliance, Assurance, Realibility, Tangible, Emphaty, Responsiveness. Hal ini menujukkan bahwa Pegadaian syariah Bulukumba telah mengganggap bahwa mutu pelayanan sangat penting dan melakukan pelayanan kepada nasabah dengan cukup baik sehingga dapat melebihi harapan dan keinginan nasabah.

 

Kata Kunci: total quality service; compliance; assurance; realibility; tangible; emphaty; responsiveness.

 


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abdullah, J. (2015). Analisis kualitas pelayanan (total quality service) terhadap kepuasan nasabah pada Bank Syariah di Bima. Al-Ittihad: Jurnal Pemikiran Dan Hukum Islam, 1(1), 33–47. https://stisbima.ac.id/e-journal/index.php/ittihad/article/view/4

Andespa, R. (2016). Strategi industri perbankan di sumatera barat: pemilihan segmentasi pasar untuk menciptakan pelayanan yang memuaskan. Maqdis: Jurnal Kajian Ekonomi Islam, 1(1), 47–62. https://core.ac.uk/download/pdf/229197689.pdf

Djadjuli, D. (2019). Total quality service. Dinamika: Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara, 5(4), 71–78. https://core.ac.uk/download/pdf/228851055.pdf

Fauzi, I., & Supriyanto, S. (2019). Pengaruh kualitas pelayanan dan kepuasan terhadap loyalitas nasabah studi pada Pegadaian Cabang Pembantu Syariah Majapahit Semarang. IAIN Surakarta. http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/2531/1/JUNADIA.pdf

Habiburrahim, M. (2012). Mengenal pegadaian syariah. Jakarta: Kuwais.

Hu, H.-H., Kandampully, J., & Juwaheer, T. D. (2019). Relationships and impacts of service quality, perceived value, customer satisfaction, and image: an empirical study. The Service Industries Journal, 29(2), 111–125. https://www.tandfonline.com/doi/abs/10.1080/02642060802292932

Indriani, A. N. (2015). Pengaruh total quality service terhadap kepuasan nasabah (studi kasus pada Bank BRI Kantor Cabang Khusus, Jakarta). Universitas Mercu Buana. https://repository.mercubuana.ac.id/10258/

Mayasari, F. (2018). Analisis hubungan waktu pelayanan dan faktor total quality service terhadap kepuasan pasien di poliklinik kebidanan dan kandungan RSIA Anugerah Medical Centre kota Metro tahun 2015. Jurnal Administrasi Rumah Sakit Indonesia, 2(3). http://dx.doi.org/10.7454/arsi.v2i3.2203

Nasir, F. (2019). Pengaruh promosi, pengetahuan dan kualitas pelayanan terhadap minat nasabah menggunakan jasa rahn pada kantor PT Pegadaian Syariah Pasar Baru Bantaeng. http://repository.stienobel-indonesia.ac.id/handle/123456789/219

Oktayani, D. (2019). Pelelangan barang gadai dalam persfektif Islam. IQTISHADUNA: Jurnal Ilmiah Ekonomi Kita, 8(2), 260–269. https://doi.org/10.46367/iqtishaduna.v8i2.179

Othman, A., & Owen, L. (2001). Adopting and measuring customer service quality (SQ) in Islamic banks: a case study in Kuwait finance house. International Journal of Islamic Financial Services, 3(1), 1–26. https://iaif.ir/images/khareji/articles/bank/34.pdf

Rukmanasari, F. (2017). Pengaruh pengetahuan, promosi dan kualitas pelayanan terhadap minat nasabah menggunakan jasa pegadaian syariah (studi kasus pada Pegadaian Syariah Majapahit Semarang). IAIN. http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/1661/

Sari, A. A., & Suryaningsih, S. A. (2020). Pengaruh promosi islami dan kualitas pelayanan islami terhadap keputusan nasabah memilih tabungan emas studi pada Pegadaian Syariah Kabupaten Gresik. Jurnal Ekonomika Dan Bisnis Islam, 3(2), 187–199. https://doi.org/10.26740/jekobi.v3n2.p187-199

Sebrina, W. (2018). Pengaruh desired service dan adequate service terhadap loyalitas nasabah di Pegadaian Syariah Cabang Sidoarjo. UIN Sunan Ampel Surabaya. http://digilib.uinsby.ac.id/28581/

Stamatis, D. H. (2018). Total quality service: principles, practices, and implementation. Routledge.

Suriadi, S., Basalamah, S., & Dewi, R. (2019). Pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan dan loyalitas nasabah pada PT. Pegadaian (Persero) Cabang Unit Rappang Kabupaten Sidenreng Rappang. CESJ: Center Of Economic Students Journal, 2(2), 119–124. https://jurnal.fe.umi.ac.id/index.php/CESJ/article/view/189

Syaifullah, S., & Mira, M. (2018). Pengaruh citra merek dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah PT Pegadaian (Persero) Batam. JIM UPB (Jurnal Ilmiah Manajemen Universitas Putera Batam), 6(2), 86–91. https://doi.org/10.33884/jimupb.v6i2.682

Ulbab, N. (2016). Strategi pemasaran produk-produk gadai syariah dalam meningkatkan jumlah nasabah (studi kasus di Pegadaian Syariah Cabang Majapahit Semarang). Skripsi. UIN Walisongo Semarang. https://www.academia.edu/download/67498279/Riska_Agustin_Andreani_PS_C_2019_UAS_LKNB_dikonversi_1_.pdf

Wahab, W. (2017). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah Pegadaian Syariah di kota Pekanbaru. Al-Masraf: Jurnal Lembaga Keuangan Dan Perbankan, 2(1), 27–41. https://core.ac.uk/download/pdf/229197921.pdf

Winanto, N. S., & Roekminiati, S. (2017). Hubungan service quality terhadap loyalitas perusahaan di PT Pegadaian Syariah (Persero) Cabang Babakan Surabaya. Jurnal Ilmiah Administrasi Bisnis Dan Inovasi Vol. 1 No. 1., 1(1), 14–29. http://repository.unitomo.ac.id/714/




DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v5i3.3533

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter