Analisis Daya Saing Pada Hotel 88 di Kota Jakarta

Nurbaeti Nurbaeti

Sari


Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui daya saing Hotel 88 di Jakarta dengan hotel lain.  Jenis penelitian dengan kualititatif menggunakan analisis SWOT yang terlebih dahulu observasi dan wawancara  dengan  pengelola hotel yaitu manajer, karyawan dan  pengunjung hotel. Hasil penelitian menunjukkan Strategi Pengembangan Pada Hotel 88 di Jakarta dilaksanakan dengan program strategi SO, yaitu: (1) Melakukan promosi yang mengenalkan citra hotel sebagai hotel dengan nuansa elegan dan modern; (2) Merekrut satu karyawan yang khusus menangani promosi melalui media sosial dan kerjasama dengan berbagai website pariwisata nasional dan internasional; (3) Membangun website hotel yang berintegrasi dengan media sosial; (4) Melakukan kerjasama dengan perusahaan BUMN dan swasta dengan pemberian diskon khusus ruangan rapat; (5) Mendesain ulang desain interior hotel agar terlihat cerah dan menarik.

 

Kata Kunci : Perhotelan, Analisis SWOT


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Amrullah., Nurbaeti., Ratnaningtyas, H., Manumpak, D., Singh, M. R., & Budi, J. (2022). Pengaruh City Branding dan City Image Terhadap City Identity dan Keputusan Berkunjung Wisatawan Ke Kota Jakarta, Indonesia. Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora, 11(2): 325-336

Fernanda, A. E., Yuliani, K., & Utomo, B. (2021). Analisis Sistem Pengendalian Manajemen Dalam Meningkatkan Daya Saing. Jurnal Kinerja, 18(3): 342-348.

Hidayat, C., Sembiring, B., Salsabila, F., & Kardianto. (2021). Pengembangan Red Planet Hotel Pasar Baru Dalam Upaya Meningkatkan Daya Saing. Jurnal Pemberdayaan Pariwisata, 3(2): 66-71.

Istiqomah., & Andriyanto, I. (2017). Analisis SWOT Dalam Pengembangan Bisnis (Studi Pada Sentra Jenang di Desa Wisata Kaliputu Kudus). Bisnis, 5(2): 363-382.

Mayang, A., & Ratnanwati, S. (2020). Analisis SWOT Dalam Menentukan Strategi Pemasaran (Studi Kasus di Kantor Pos Kota Magelang 56100). JIM: Jurnal Ilmu Manajemen, 17(2): 58-70.

Nurbaeti., Rahmanita, M., Amrullah., Ratnaningtyas, H. & Nurmalinda, E. (2022). Pengaruh Komponen 4A terhadap Minat Berkunjung Kembali dengan Kepuasan sebagai Variabel Intervening pada Telaga Biru Cisoka, Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten. Kawistara: Jurnal Ilmiah Sosial dan Humaniora, 12(3): 354-367.

Suryadharma, I. W. W., & Nurcahya, I. K. (2015). Pengaruh Kualitas Pelayanan Pada Kepuasan Pelanggan Hotel Bintang Pesona di Denpasar Timur. E-Jurnal Manajemen Unud, 4(4): 930-942.

Rangkuti, Freddy. 2014. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta:

PT. Gramedia Pustaka Utama.

Sukawati, C. G. M. P., & Jatra, I. M. (2015). Pengaruh Strategi Diferensiasi Terhadap Upaya Membangun Keunggulan Daya Saing Berkelanjutan Pada Hotel The Royal Pitamaha Ubud. E-Jurnal Manajemen Unud, 4(10): 3012-3044.

Syahputra, R., Matondang, A. R., & Suwito. (2015). strategi meningkatkan daya saing Hotel Sulthan Banda Aceh melalui pendekatan analisis SWOT. Jurnal Riset Akuntansi & Bisnis, 15(2): 172-190.

Wicaksono , H., & Leonandri, D. (2019). Strategi Keunggulan Bersaing Hotel Budget di Area Kemang - Jakarta Selatan. Jurnal IKRA_ITH Humaniora, 3(3): 47-61.




DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v5i3.3571

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter