Analisis Penjualan Produk Mitra Tokopedia Palembang Pada Masa Pandemi Covid-19
Sari
“Pandemi Covid-19 merupakan peristiwa penyebaran Coronavirus Disease 2019 (disingkat covid-19) di seluruh dunia untuk semua Negara Penyakit ini disebabkan oleh virus corona jenis baru yang disebut SARS-Cov-2 Wabah Covid-19 terdeteksi pertama kali di kota Wuhan, Hubei, China pada 31 Desember 2019, dan dinyatakan sebagai pandemi oleh World Health Organization (WHO) pada 11 Maret 2020”, Dalam Waktu relatif singkat, pola pemasaran berubah, terutama ketika jarak sosial “dan pembatasan Sosial Berskala Besar. Pemasar harus memutar otak untuk biasa memasarkan produk atau jasanya kepada konsumen, sebagai strategi brand untuk bertahan di tengah pandemi virus corona”. “Para pebisnis mengoptimalkan online marketing dan digital branding sebagai sarana komunikasi dengan target konsumenya, Melihat permasalahan tersebut, pelaku usaha harus bereaksi secara cepat dan tepat untuk mengubah strategi penjualannya. Diharapkan tidak ada penurunan penjualan yang signifikan saat social distancing diterapkan”. Di masa pandemi Covid-19, aplikasi Mitra Tokopedia banyak digunakan karena memudahkan pembelian untuk memeuhi kebutuhan sehari-hari tanpa keluar rumah, cukup di rumah saja, produk pesanan akan dikirim. Berjualan produk melalui aplikasi saat ini sangat diandalkan oleh semua orang, selain mudah harganya juga lebih murah.Mitra Tokopedia merupakan salah satu sektor yang diperbolehkan untuk melanjutkan kegiatannya meyalurkan kebutuhan masyarakat, karena produk yang dijual adalah kebutuhan rumah tangga & makanan.Selain itu, metode penjualan berbasis Mitra tokopedia.Belanja Online juga mendukung upaya pemerintah untuk mengurangi kontak langsung antara penjual & pembeli agar semakin banyak orang yang membeli kebutuhannya melalui Aplikasi Tokopedia.penlitian ini mengambil objek penelitian pada Mitra Tokopedia Palembang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengindentifikasi dan menganalisis penjualan produk pada Mitra Tokopedia Palembang pada masa Pandemi Covid-19.
Kata Kunci: Penjualan Produk, Mitra Tokopedia, Pademic
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Ezizwita, E., & Sukma, T. (2021). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Bisnis Kuliner Dan Strategi Beradaptasi di Era New Normal. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Dharma Andalas, 23(1), 51–63. https://doi.org/10.47233/jebd.v23i1.169
Nabilah, S., Nursan, M., & Suparyana, P. K. (2021). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Umkm (Studi Kasus Umkm Zea Food Di Kota Mataram). Inovasi Penelitian, 1(12), 2655–2660.
Putri, L. R. (2019). Pengaruh Penjualan Online Dan Offline Terhadap Tingkat Penjualan Dalam Perspektif Etika Bisnis Islam (Studi Pada Ladyfame Shop di Bandar Lampung). http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/7019
Rayliem, R., Yuliana, & Arwin. (2022). Analisis Disiplin Kerja Pada PT. Mekada Abadi Medan. SOSMANIORA: Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 1(2), 204–209. https://doi.org/10.55123/sosmaniora.v1i2.514
Setyaningsih, F. (2021). Analisis Strategi Bauran Pemasaran Terhadap Peningkatan Pelanggan Pada Lembaga Rafi Bimbel Tangerang. JMB : Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 10(1), 221–230. https://doi.org/10.31000/jmb.v10i1.4233
Sitorus, M. C., & Kurniawan, A. (2021). PENGARUH PENJUALAN TUNAI DAN PENJUALAN KREDIT TERHADAP PROFITABILITAS PERUSAHAAN PADA PD GLORIA BANDUNG. In Jurnal Financia (Vol. 2, Issue 1). http://ejurnal.ars.ac.id/index.php/financia
Sutrisni, N. K. E. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Bisnis Penjualan Berbasis Online Di Bali. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Bisnis, 5(2), 102–109. file:///D:/2826-Article Text-6469-1-10-20210115 (1).pdf
Valia Ogana, S., Ariyanti, I., Novianti, L., Studi, P., Manajemen, D.-I., Jurusan, I., Informatika, M., Sriwijaya, N., Srijaya, J., Bukit Besar, N., Lama, B., & Kunci, K. (2020). PENERAPAN E-COMMERCE PENJUALAN PRODUK RUMAH KREATIF BATURAJA MITRA BINAAN PT SEMEN BATURAJA (Persero) Tbk. Jurnal Sistem Informasi), 1(2), 102.
Wahyuni, S., B, M., Lubis, A., & Batubara, S. (2020). Penjualan Online Ikan Asin sebagai salah satu Usaha Meningkatkan Pendapatan Masyarakat Nelayan Bagan Deli. ETHOS (Jurnal Penelitian Dan Pengabdian), 8(1), 5214. https://doi.org/10.29313/ethos.v8i1.5214
Yudha, A. P., & Irawan, A. W. (2022). JIMFE (Jurnal Ilmiah Manajemen Fakultas Ekonomi) ANALISA IKLAN MELALUI FITUR INSTAGRAM ADS TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN FROZEN FOOD. 8(1), 55–74. https://journal.unpak.ac.id/index.php/jimfe/index
Zahra Yuswana, A., Dewatmoko, S., Sitti Rochmah, T., Garnida, A., Tinggi Ilmu Administrasi Bagasasi, S., & Sekretari dan Manajemen Taruna Bakti, A. (2022). Analisis Strategi Penjualan Pada Masa Pandemi Covid-19 di PT. Saung Angklung Udjo. In Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis (Vol. 13).
DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v6i1.3575
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional