Analisis Faktor Penyebab Tidak Tercapainya Target Penjualan Pada PT Pida

Tiara Angelin Nur Zain, Anita Akhirruddin

Sari


Penjualan yaitu seluruh aktifitas yang memiliki tujuan guna  arus barang serta jasa dari produsen ke konsumen lancar menjadi paling efisien dimana memiliki maksut guna membentuk keefektifan permintaan. Adanya biaya yang besar, maka labanya jadi kecil, perusahaan juga mengalami beberapa hambatan saat merealisasikan penjualan. Riset  ini bertujuam untuk mngetahui penyebab tidak tercapainya target penjualan dengan realisasi di PT Pida Gresik. Riset ini memanfaatkan metode kualitatif melalui pendekatan deskriptif. Riset ini menunjukkan hasil bahwasanya guna dari target penjualan disamping menjadi dasar dalam penyusunan seluruh target yang ada dalam perusahaan, juga menjadi sebuah alat pengendalian pada aktifitas penjualan yang sedang berjalan. PT Pida Gresik yaitu perusahaan di Gresik yang menjual pupuk bahan kimia, sehingga bagi perusahaan target penjualan itu diartikan target yang sangat esensial. Jika realisasinya sudah sesuai dengan target yang ditentukan, maka bisa dikatakan bahwasanya target tersebut tercapai, sedangkan di PT Pida Gresik memperlihatkan bahwa target penjualannya masih terdapat perbandingan antara target dengan realisasi.

 

Keywords : Target, Realisasi, Penjualan


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aprilawati dan Yuliyanto. 2020. Analisis Penyususnan Anggaran Dan Realisasinya Sebagai Alat Penilaian Kinerja Perusahaan Pada PT. Len Railway System. Jurnal Ekonomi dan Bisnis.

Basrowi Sukidin, Basrowi, Suranto. (2012). Manajemen Pendidikan Penelitian. Penerbit Insan cendekia.

Devi Cahyani, Ni Wayan’ Sudiyani, Ni Nyoman. Analisis Target Penjualan Sebagai Alat Bantu Evaluasi Manajemen Dalam Meningkatkan Efektifitas Pengendalian Penjualan Pada PT Hatten Bali Di Denpasar

Ervin, Reynaldi. (2013). Pengaruh Biaya Promosi dan Harga Jual Terhadap Volume Penjualan CV. Fortuna Motor Tasikmalaya. Skripsi Unsil.

Haruman, Tendi & Rahayu, Sri. 2007. Penyusunan Anggaran Perusahaan. Yogyakarta : Graha Imu.

Hartati, S. 2018. Evaluasi Realisasi Anggaran Dalam Mengukur Kinerja Keuangan Perusahaan Pada Pt. Kimia Farma Tbk Cabang Makassar. Universitas Muhammadiyah Makassar

J, Moleong, Lexy. 2014. Metode Penelitian Kualitatif , Edisi Revisi. PT Remaja Rosdakarya.

Bandung.

Jurnal Entrepreneur (www.jurnal.id/id/blog/dasar-untuk-mencapai-target penjualan).

Mita, Oktaviani. (2012). Evaluasi Penerapan Anggaran Sebagai Alat Perencanaan Dan Pengendalian Laba Pt. Madu Baru. D3 Thesis, Universitas Negeri Yogyakarta

Mulyadi. 2010. Sistem Akuntansi. Jakarta : Salemba Empat.

Munandar. 2015. Budgeting Perencanaan Kerja Pengkoordinasian Kerja Pengawasan Kerja Edisi Lima. Yogyakarta: BPFE.

Nafarin, M. (2013). Penganggaran Perusahaan. Jilid 1. Jakarta: Salemba Empat. Nafarin, M. 2015. Penganggaran Perusahaan. Edisi tiga. Jakarta: Salemba Empat

Nurhafid, Astri. 2013. “Tinjauan Atas Penyusunan Anggaran Dan Realisasinya Sebagai Alat Penilaian Kinerja Perusahaan Pada Pt Taspen (Persero)”. Kcu Bandung, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (Stie) Ekuitas.

Ni Kadek Sri Wangi. 2014 ” Analisis Belum Tercapainya Target Penjualan Elektronik dan Funiture.” Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia.

Sinaga, A., Irama, O.N. SE, M.Ak2). Anggaran Penjualan Sebagai Alat Bantu Manajemen Dalam PengelolaanLaba Perusahaan Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah Medan

Suhardi. 2019. Budgeting Perusahaan, Koperasi, dan Simulasinya. Yogyakarta: Gava Media.

Swasta Basu (2019:8-10). Manajemen Penjualan. Yogyakarta. BPFE-Yogyakarta.

Swasta, Basu dan Handoko, Hani. 2015. Manajemen Pemasaran: Analisa dan Perilaku Konsumen. BPFE. Yogyakarta

Swasta Basu. 2019.Manajemen Penjualan, Yogyakarta. BPFE-Yogyakarta.

Sugiyono. 2015. “Metode Penelitian Kombinasi, Mix Methods”. Bandung: Alfabet.




DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v6i1.3638

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter