Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pelanggan Yang Menggunakan Jasa Pengiriman Di Kantor Pos Dan Giro Gorontalo

Siti Hajrin Salawali, Tineke Wolok, Zulfia K. Abdussamad

Sari


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis 1) pengaruh Product terhadap Keputusan Pembelian pada pelanggan yang menggunakan jasa pengiriman di Kantor Pos dan Giro Gorontalo, 2) pengaruh Place terhadap Keputusan Pembelian pada pelanggan yang menggunakan jasa pengiriman di Kantor Pos dan Giro Gorontalo. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling yaitu sebanyak 45 orang. Teknik Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner yang dibagikan kepada orang yang pernah menggunakan jasa pengiriman di Kantor Pos dan Giro Gorontalo sebagai responden. Alat uji analisis yang digunakan dalam menguji penelitian ini yaitu analisis regresi linier sederhana.

Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil uji t (parsial) 1) produk berpengaruh terhadap keputusan pembelian ditunjukkan dengan t hitung lebih besar dari t tabel (4.187 > 1,681), 2) lokasi berpengaruh terhadap keputusan pembelian ditunjukkan dengan nilai t hitung lebih besar dari t tabel (4.569 > 1,681), Berdasarkan perhitungan koefisien determinasi menunjukkan R Square sebesar 84,9% dikategori sangat kuat, sedangkan sisanya 15,1% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini seperti variabel customer service, kualitas layanan, ketepatan waktu, harga, dan citra perusahaan.

 

Kata Kunci: Bauran pemasaran jasa, Keputusan pembelian.

 

Abstract

This present research animed to determine and analyze 1) the effect of the product on purchase decision for customers who use delivery services at the Gorontalo Post dan Giro Office and 2) the effect of place on purchase decision for customers who use delivery services at the Gorontalo Post and Giro Office. The sampling technique used simple random sampling with a total sample of 45 people. The date collection technique used was questionnaires distributed to people who had user delivery services at the Gorontalo Post and Giro Office. At the same time, the analytical test tool used in testing this research was simple linear regression analysis.

The results of the t-test (partial) denoted that 1) product affected the purchase decision, as indicated by t-count was higher than t-table (4.187 < 1.681), and 2) place affected the purchase decision, as indicated by t-count value was higher than t-table (4.569 > 1.681). Furthermore, the calculation of the coefficient of determination obtained the R Square value of 84.9% with a highly significant effect category. In comparison, the remaining 15.1% were affected by other variables not examined in this research, suchas customer service, service quality, timeliness, price, and corporate image.

 

Keywords: Service Marketing Mix, Purchase Decision.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Amelinda Sudarto, Roni Rumita. 2013. “analisis pengaruh bauran pemasaran 7p terhadap keputusan pembelian konsumen (studi kasus pt. Pos indonesia kpc surabaya selatan).” 8.

Dr. H. Nana Herdiana Abdurrahman, S.E., Ak., MM. 2018. Manajemen Strategi Pemasaran. 2nd ed. edited by M. P. . Prof. Dr. H. Achmad Sanusi, S.H. Bandung: CV.PUSTAKA SETIA.

Dr. Meithiana Indrasari. 2019. Pemasaran Dan Kepuasan Pelanggan. 1st ed. Surabaya: Unitomo Press.

Dr.Didin Fatihudin, SE., M.Si, Dr.M. Anang Firmansyah, S.E., M. M. 2019. Pemasaran Jasa. Cetakan Pe. Yogyakarta: CV.BUDI UTOMA.

Fitria Halim. 2021. Manajemen Pemasaran Jasa. 1st ed. edited by Ronal Watrianthos. Yayasan Kita Menulis.

Henditasari Rizka, Yulianto Edy, Fanani Dahlan. n.d. “Pengaruh Bauran Pemasran Jasa Terhadap Keputusan Pembelian.” 10.

Ismanto, Juli. 2020. Manajemen Pemasaran. edited by W. N. Hidayat. Pamurang Tangerang Selatan: UNPAM PRESS.

Kasmir. (2016). Kewirausahaan. In Ke-7. Jakarta: Raja Grafindo.

Kotler Philip. 2004. Manajemen Pemasaran Analisis Perencanaan dan Pengendalian. Edisi kelima Jilid 2. Penerbit Erlangga.

Maulana, Lucky Hikmat, and Eka Rahayu. 2019. “Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Konsumen Perusahaan Jasa Pengiriman Paket Pada Pt Jne Agen 012 Citeureup Kabupaten Bogor.” JURNAL VISIONIDA 5(1):72. doi: 10.30997/jvs.v5i1.1807.

Mudasir, A. S. (2017).Pengaruh Produk, Harga dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Di Minimarket Indomaret Bumi Cikarang Makmur 70. Ekonomi STIE Pelita Bangsa Bekasi.

Muharromah, Erfika Rahmi. 2017. Pengaruh Lokasi dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Jurnal Prosiding Manajemen. Univerisitas Islam Bandung. Vol. 3. No. 2

Puluhulawa, Soeharto, Syarhrir Mallongi, and Mukhlis Sufri. 2018. “The Influence Of Marketing Mix , Culture And Quality Of Service To Customer Satisfaction Mediated Decision Of Selecting Sharia Bank In Gorontalo Province.” 7(9):148–60.

Putra, Arfan Bimantara, Edi Yulianto, and Sunarti. 2015. “Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Keputusan Pembelian.” Jurnal Administrasi Bisnis 1(1):1–8.

Siregar. 2010. Statistika Deskriptif Untuk Penelitian Dilengkapi Perhitungan Manual Dan Aplikasi SPSS Versi 20. Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada.

Siregar. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif: Dilengkapi Perbandingan Perhitungan Manual & SPSS. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.

Suliyanto. 2011. "Ekonometrika Terapan: Teori Dan Aplikasi Dengan SPSS. Edisi 1. Yogyakarta: Andi Yogyakarta.

Tjiptono. 2004. Manajemen Jasa. Pertama. Yogyakarta: Andi Offset.

Viesti, R. T. (2017).Analisis Pengaruh Produk, Harga, dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di Mom Milk Manahan Solo. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Widyastuti, Ani Nor, and Naelati Tubastuvi. 2020. “The Effect of Marketing Mix on Purchase Decisions.” 11(2). doi: 10.18196/mb.11295.




DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v6i1.3646

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter