Pengaruh Literasi Keuangan, Persepsi Kemudahan Penggunaan, Persepsi Manfaat Penggunaan Shopee Paylater Terhadap Perilaku Pembelian Impulsif Pada Generasi Milenial Dan Generasi Z Diindonesia
Sari
Teknologi memberi perubahan pada sektor kehidupan salah satunya dibidang keuangan dan dimanfaat kan oleh Shopee untuk menunjang kinerjanya yaitu menciptakan fitur Shopee payalter dengan konsep beli sekarang bayar nanti yang menawarkan kemudahan transaksi dan manfaat berbelanja bagi penggunanya. Hal ini juga dirasakan oleh generasi milenial dan generasi Z yang tercatat pada smiliar.web yang lebih memilih Shopee paylater dibanding kartu kredit. tetapi hal ini dapat membawa kerugian jika tidak dibekali dengan pemahaman literasi keuangan karena penggunaan yang dilakukan tanpa bijak akan menjerumuskan pengguna pada perilaku pembelian impulsif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh literasi keuangan, persepsi kemudahan penggunaan, persepsi manfaat penggunaan terhadap perilaku Shopee paylater. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Pengambilan sampel yang dilaksanakan dengan teknik nonprobality sampling dengan metode purposive sampling terhadap 100 responden yang didapatkan melalui penyebaran kusioner secara online pada media sosial berupa whatsapp, twitter dan Instagram menggunakan google form. Data Analisa menggunakan Teknik analisis statistik deskriptif dan analisis regresi linear berganda dengan alat bantuan program SPSS versi 27. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa literasi keuangan, persepsi kemudahan penggunaan, persepsi manfaat masing-masing memberi pengaruh yang positif dan signifikan secara parsial terhadap perilaku pembelian impulsif. Selain itu variabel literasi keuangan, persepsi kemudahan penggunaan, persepsi manfaat masing-masing memberi pengaruh yang positif dan signifikan secara simultan terhadap perilaku pembelian impulsif
Kata Kunci: Literasi Keuangan, Persepsi Kemudahan Penggunaan, Persepsi Manfaat Penggunaan, Perilaku Pembelian Impulsif.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Atkinson, A., and Messy, F.-A. (2010). Measuring financial literacy: results of the OECD infe pilot study. OECD Working Papers on Finance, Insurance and Private Pensions, (15), 1– 73. https://doi.org/https://dx.doi.org/10.1787/5k9csfs90fr4-en
Davis, F. D. (1989). Perceived usefulness, perceived ease of use, and user acceptance of information technology. In MIS quarterly. JSTOR.
Henrietta, P. (2012). Impulsive Buying Pada Dewasa Awal Di Yogyakarta. Jurnal Psikologi Undip, 11(2), 1–6. https://doi.org/https://doi.org/10.14710/jpu.11.2.6
Kabir, M. A., Saidin, S. Z., and Ahmi, A. (2017). Analysis of factors that influence electronic payment adoption. Journal of Engineering and Applied Sciences, 12(3), 6560–6568. https://doi.org/10.3923/jeasci.2017.6560.6568
Pratama, A. B., and Suputra, I. D. G. D. (2019). Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan Penggunaan, dan Tingkat Kepercayaan Pada Minat Menggunakan Uang Elektronik. E-Jurnal Akuntansi Univeristas Udayana, 27(2), 927–953. https://doi.org/10.24843/eja.2019.v27.i02.p04
Pratama, A. B., and Suputra, I. D. G. D. (2019). Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan Penggunaan, dan Tingkat Kepercayaan Pada Minat Menggunakan Uang Elektronik. E-Jurnal Akuntansi Univeristas Udayana, 27(2), 927–953. https://doi.org/10.24843/eja.2019.v27.i02.p04
Romadloniyah, A. L., and Prayitno, D. H. (2018). Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan, Persepsi Daya Guna, Persepsi Kepercayaan, Dan Persepsi Manfaat Terhadap Minat Nasabah Dalam Menggunaan E-Money Pada Bank BRI Lamongan. Jurnal Penelitian Ekonomi Dan Akuntansi, 3(2), 699–711. https://doi.org/10.30736/jpensi.v3i3.163
Romadloniyah, A. L., and Prayitno, D. H. (2018). Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan, Persepsi Daya Guna, Persepsi Kepercayaan, Dan Persepsi Manfaat Terhadap Minat Nasabah Dalam Menggunaan E-Money Pada Bank BRI Lamongan. Jurnal Penelitian Ekonomi Dan Akuntansi, 3(2), 699–711. https://doi.org/10.30736/jpensi.v3i3.163
Sari, R. (2021). Pengaruh Penggunaan Paylater Terhadap Perilaku Impulse Buying Pengguna E-Commerce di Indonesia. Jurnal Riset Bisnis Dan Investasi, 7(1), 44–57. https://doi.org/10.35313/jrbi.v7i1.2058
Tahar, A., Riyadh, H. A., Sofyani, H., and Purnomo, W. E. (2020). Perceived ease of use, perceived usefulness, perceived security and intention to use e-filing: The role of technology readiness. Journal of Asian Finance, Economics and Business, 7(9), 537–547. https://doi.org/10.13106/JAFEB.2020.VOL7.NO9.537
DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v6i1.3700
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional