Pengaruh CRM (Customer Relationship Management) Terhadap Kepuasan Pelanggan di PT. Sirup Sarang Sari Jakarta Pusat

Ismeth Emier Osman

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan customer relationship management (CRM) terhadap kepuasan pelanggan pada PT Sarang Sari Jakarta Pusat. CRM merupakan salah satu strategi pemasaran yang dapat digunakan untuk menyukseskan suatu perusahaan dalam menghadapi persaingan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif untuk mengukur pengaruh metode CRM terhadap kepuasan pelanggan. Metode penelitian ini digunakan karena sesuai dengan tujuan penelitian yang ingin dicapai yaitu sejauhmana pengaruh metode CRM terhadap kepuasan pelanggan pada PT Sirup Sarang Sari Jakarta Selatan. Kontribusi pengaruh antara variabel Customer Relationship Management (X) terhadap kepuasan konsumen (Y) sebesar 0,485 atau sebesar 48,5%. Angka tersebut menunjukkan bahwa 48,5% kepuasan pelanggan dipengaruhi oleh variabel Customer Relationship Management sedangkan sisanya 51,5% dipengaruhi oleh faktor lain. Metode CRM dapat digunakan untuk mengetahui kepuasan pelanggan pada PT Sirup Sarang Sari dengan hasil yang baik dan terukur.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arikunto, S. (2010). Prosedur penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Buttle, F. (2007). Custumer Relationship Management. Jakarta: Bayumedia

Buttle, F. (2009). Custumer Relationship Management. Jakarta: Bayumedia.

Creswell, J. W. (2010). Research design: pendekatan kualitatif, kuantitatif, dan mixed. Yogjakarta: PT Pustaka Pelajar.

Darmawan. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Ferdinand. 2006. Metode Penelitian Manajemen: Pedoman Penelitian untuk skripsi, Tesis dan Disertasi Ilmu Manajemen. Semarang: Universitas Diponegoro

Gaffar. (2007). Customer Relationship Management And Marketing Public Relation. Bandung: CV. alfabeta.

Gaffar, Vanessa. 2007. CRM dan MPR Hotel. Bandung: CV. Alfabeta.

Husein, U. (2008). Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Jakarta. PT. Rajagrafindo Persada.

Kotler and Armstrong. (2008). Prinsip-prinsip Pemasaran. Jilid 1. Erlangga. Jakarta.

Kotler dan Keller. (2007). Manajemen Pemasaran. PT. Indeks. Jakarta.

Kotler, Philip and Gray Amstrong. 2012. Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 13. Jilid 1. Jakarta. Erlangga.

Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane. 2008. Manajemen Pemasaran. Penerbit Erlangga. Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v6i1.3705

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter