Pengaruh Pelayanan dan Lokasi Terhadap Minat Beli Pada Rumah Makan Putra Minang di Kawasan Ciledug, Kota Tangerang, Provinsi Banten

Amrullah Amrullah

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelayanan dan lokasi  terhadap minat  beli  pada Rumah Makan Putra Minang di kawasan Ciledug, Kota Tangerang, Provinsi Banten. Jenis penelitian ini menggunakan deskriptip kuantitatif dengan metode analisis regresi berganda.  Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan accidental sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen yang datang ke Rumah Makan Putra Minang di kawasan Ciledug. Sedangkan populasi dalam penelitian ini berjumlah 100 responden. Data diolah dengan program SPSS dengan menggunakan skala likert dari 1 sampai dengan 5. Hasil penelitian menunjukkan secara parsial bahwa pelayanan dan lokasi  terhadap minat  beli . Hal ini menunjukkan bahwa Rumah Makan Padang Putra Minang selalu mengutamakan  mutu kualitas pelayanannya  sehingga menaikkan minat beli konsumen. Lokasi yang strategis adalah lokasi yang membuat target pelanggan mudah melihat serta menghafal lokasi Rumah Makan Padang Putra Minang. Rumah Makan Putra Minang di Kawasan Ciledug disarankan lebih memperhatikan minat beli agar para
konsumen tidak kecewa saat berkunjung ke rumah makan padang tersebut dan harus cepat menangani masalah itu, agar konsumen tidak berali ke rumah makan lain.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Akbar, A. S., Ningrum, D. L., Alparisin, M. R., & Sanjaya, V. F (2021). Pengaruh Lokasi, Promosi dan Harga Terhadap Minat Beli Pada Konsumen Kopi Ketje Lampung. Jurnal Ekobis Dewantara, 4(1): 41-49.

Fitriyani, S., & Murni, T., & Warsono, S. (2018). Pemilihan Lokasi Usaha dan Pengaruhnya Terhadap Keberhasilan Usaha Jasa Berskala Mikro dan Kecil. Management Insight, 13 (1): 47-58 47

Gunawan, N., Kartika, C. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Rolag Cafe Diponegoro Surabaya. Jurnal Ilmu Ekonomi & Manajemen, 5(1): 13-23.

Kanedi, I., Utami, F. H., & Zulita, L. N. (2017). Sistem Pelayanan Untuk

Peningkatan Kepuasan Pengunjung Pada Perpustakaan Arsip Dan

Dokumentasi Kota Bengkulu. Jurnal Pseudocode, IV(1): 37-46.

Mulyana, A., & Andreni, F. (2019). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas

Pelayanan Terhadap Minat Beli Ulang Pelanggan Shao Kao Kertajaya Melalui

Kepuasan Pelanggan. Agora, 7(2): 1-8.

Nurhadi. (2018). Konsep Pelayanan Perspektif Ekonomi Syariah. EKBIS: Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 2(2): 137-150.

Nurlia. (2018). Strategi Pelayanan Dengan Konsep Service Excellent. Meraja Journal, 1(2): 17-30.

Picaully, M. R. (2018). Pengaruh Kepercayaan Pelanggan Terhadap

Niat Pembelian Gadget di Shopee Indonesia. Jurnal Manajemen Maranatha,18(1): 31-40.

Pradipta, A. R., Salsyabila, S. R., & Kusnanto, D. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Promosi Terhadap Minat Beli. Jurnal Manajemen, 13(2): 179-187.

Purbohastuti, A. W., & Hidayah, A. A. (2020). Meningkatkan Minat Beli Produk Shopee Melalui Celebrity Endorser. Jurnal Bisnis Terapan, 4(1): 37-46.

Putri, M. A. N. (2018). Analisis Kualitas Pelayanan terhadap Minat Beli Konsumen yang Dimediasi Kepuasan Konsumen (Studi Kasus pada UD Platinum Blitar). Jurnal Penelitian Manajemen Terapan (PENATARAN), 3(2): 170-182.

Ratnaningtyas, H., Marie, A. L., Laksmi, G. W., Pusparani., Darsiah, A. & Enggriani, M. (2023). Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Menginap Ke Hotel 88 Jakarta. Journal of Hospitality Accommodation Management (JHAM), 2(1): 11-18.

Ratnaningtyas, H., Nurbaeti., Asmaniati, F., & Amrullah. (2022). The Effect of 4p on The Decision to Visit Ampera 2 Tak Veteran's Restaurant Bintaro, Jakarta Selatan. JPIM: Jurnal Penelitian Ilmu Manajemen, 7(1): 149-159.

Soewanda, T. (2015). Strategi Pengembangan Usaha Makanan dan Minuman Pada

Rumah Makan Nasi Bebek Pak Janggut di Surabaya. Agora, 3(1): 559-568.

Tania, A. E., Hemawan, H., & Izzuddin, A. (2022). Pengaruh Lokasi dan Harga Terhadap Minat Beli Konsumen. PUBLIK: Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Adminsitrasi dan Pelayanan Publik, IX(1): 75-84.

Watae, R. E., Worang, F. G., & Soepeno, D. (2017). Pengaruh Faktor-Faktor Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Pada Rumah Kopi Billy Samrat di Manado. Jurnal EMBA, 5(3): 4245-4254.




DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v6i1.3706

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter