Implementasi Manajemen Sumber Daya Manusia pada Kompetensi Guru SMK 1 Wahyu Makassar

Muh. Yahya, Andi Naila Quin Azisah Alisyahbana, Andika Isma, Nurul Afiqah Annas, Rizka Aisyah Nurjannah

Sari


Kualitas mutu pendidikan di Indonesia terjadi pada setiap jenis dan jenjang pendidikan, baik dilihat dari segi proses maupun hasil.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menyajikan mengenai implementasi manajemen sumber daya manusia melalui indikator perencanaan, rekrutmen, seleksi, orientasi dan penempatan, pelatihan dan pengembangan, dan penilaian kinerja di SMK 1 Wahyu Makassar serta hambatan-hambatan dalam implementasi manajemen sumber daya manusia di SMK 1 Wahyu Makassar. Adapun pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Berdasarkan hasil analisis data, maka diketahui bahwa implementasi manajemen sumber daya manusia di SMK 1 Wahyu Makassar telah terlaksana dengan baik, ditandai dengan adanya penyusunan perencanaan sumber daya manusia, perekrutan sumber daya manusia yang profesionalisme dan transparan, pelaksanaan seleksi sumber daya manusia yang cukup profesional, pelaksanaan orientasi dan penempatan kerja yang memperhatikan kebutuhan sekolah dan kompetensi guru/karyawan, pelaksanaan pelatihan dan pengembangan yang terencana, dan penilaian kinerja. Walaupun dari segi seleksi, orientasi dan penempatan belum terlaksana dengan baik. Faktor penghambat implementasi manajemen sumber daya manusia yaitu: kurangnya kesejahteraan guru dan pegawai honorer, kurangnya kejelasan karier, dan penjaminan mutu

 

Kata Kunci: Implementasi, Manajemen, Sumber Daya Manusia, Pendidikan


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Androniceanu, A., Sabie, O. M., & Pegulescu, A. (2020). An integrated approach of the human resources motivation and the quality of health services. Theoretical and Empirical Researches in Urban Management, 15(1), 42-53.

Annisa, N., Akrim, A., & Manurung, A. A. (2020). Development Of Teacher's Professional Competency In Realizing Quality Of Human Resources In The Basic School. IJEMS: Indonesian Journal of Education and Mathematical Science, 1(2), 156-160.

Anwar, H. (2020). Manajemen Sumber Daya Manusia: MSDM. Poliban Press.

Darmadi, H. (2013). Dimensi-Dimensi Metode Penelitian Pendidikan dan Sosial. Bandung: Alfabeta.

Dirgantoro, K. P. S. (2018). Kompetensi guru matematika dalam mengembangkan kompetensi matematis siswa. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(2), 157-166.

Efendi, M. T. (2005). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Grasindo.

Febrian, W. D., Ardista, R., Kutoyo, M. S., Suryana, Y., Febrina, W., Kusnadi, K., ... & Irwanto, I. (2022). Manajemen Sumber daya manusia.

Hadi, S., Rajiani, I., Mutiani, M., Jumriani, J., & Abbas, E. W. (2022). Manajemen sumber daya manusia.

Hasan, G. (2019). Motivasi, Kepuasan, Karakteristik, Kepemimpinan dan Keadilan Terhadap Komitmen Organisasi. Efisiensi - kajian ilmu administrasi. https://doi.org/10.21831/efisiensi.v16i1.24474

Jahidi, J. (2017). Kualifikasi dan kompetensi guru. Administrasi Pendidikan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pascasarjana, 2(1), 23-30.

Lyskova, I. (2018, March). Mental Reengineering as an Intellectual Technology of Human Resources Quality Management in a Modern Organization. In 2nd International Conference on Culture, Education and Economic Development of Modern Society (ICCESE 2018) (pp. 903-906). Atlantis Press.

Mangkunegara, Anwar Prabu. 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Aditama.

Muda, I., & Ade Afrina, E. (2019). Influence of human resources to the effect of system quality and information quality on the user satisfaction of accrual-based accounting system. Contaduría y administración, 64(2), 0-0.

Mulyasa. (2011). Manajemen Berbasis Sekolah, Konsep, strategi dan Implementasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyasa. 2012. Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara.

Notoatmodjo, S. (2018). Pengembangan Sumber Daya Manusia (Ke-5). Jakarta: Rineka Cipta.

Ramby. (2013). Pelaksanaan Manajemen SDM dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di MTS Negeri 1 Padang Sidimpuan, Tesis, IAIN Sumatera Utara, Medan.

Rusmana, D. (2020). Pengaruh Keterampilan Digital Abad 21 Pada Pendidikan Kewirausahaan Untuk Meningkatkan Kompetensi Kewirausahaan Peserta Didik SMK. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan, 8(1), 17-32.

Sallis, E. (2012). Total Quality Management in Education Manajemen Mutu Pendidikan. Jogyakarta: IRCiSoD

Sinambela, L. P. (2021). Manajemen Sumber Daya Manusia: Membangun tim kerja yang solid untuk meningkatkan kinerja. Bumi Aksara.

Supandi, A., Sahrazad, S., Wibowo, A. N., & Widiyarto, S. (2020). Analisis kompetensi guru: pembelajaran revolusi industri 4.0. Prosiding Samasta.

Tamsah, H., & Nurung, J. (2021). Manajemen Sumber Daya Manusia (No. yvpue). Center for Open Science.

Wibowo. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia (Edisi Revisi). Bandung: Alfabeta.

Winarti, E. (2018). Perencanaan Manajemen Sumber Daya Manusia. Jurnal Tarbiyatuna, Volume 3 Nomor 1 hal. 1-26.

Yuristia, A. (2018). Pendidikan sebagai transformasi kebudayaan. IJTIMAIYAH Jurnal Ilmu Sosial Dan Budaya, 2(1).




DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v6i1.3759

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter