PENGARUH KOMPETENSI PROFESIONAL, KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN KINERJA MENGAJAR GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMK INSAN CEMERLANG KABUPATEN BERAU
Sari
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk (1) untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kompetensi profesional terhadap prestasi belajar siswa Di SMK Insan Cemerlang di Kab. Berau (2) untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kepemimpinan terhadap prestasi belajar siswa Di SMK Insan Cemerlang di Kab. Berau (3) untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kinerja mengajar guru terhadap prestasi belajar siswa Di SMK Insan Cemerlang di Kab. Berau (4) untuk menganalisis mengetahui dan menganalisis pengaruh kompetensi profesional, kepemimpinan dan kinerja mengajar guru terhadap prestasi belajar siswa Di SMK Insan Cemerlang di Kab. Berau.
Penelitian ini dilaksanakan pada SMK Ihsan Cemerlang di Kabupaten Berau. Sampel menggunakan metode total sampling, yaitu semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Semua sampel berjumlah 30 responden pada SMK Ihsan Cemerlang di Kab. Berau. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah Wawancara langsung kepada pihak – pihak yang terlibat dengan masalah yang sedang dibahas serta memberikan kuesioner kepada pegawai yang sesuai dengan penelitian yang dilakukan. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisa regresi linear berganda, Uji T-test, Uji F serta Uji Koefisien Determinasi (R2).
Hasil analisis menunjukan bahwa (1) kompetensi profesional berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi siswa di SMK Insan Cemerlang di Kab. Berau (2) kepemimpinan berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi siswa di SMK Insan Cemerlang di Kab. Berau (3) kinerja mengajar guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi siswa di SMK Insan Cemerlang di Kab. Berau (4) kompetensi profesional, kepemimpinan dan kinerja mengajar guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi siswa di SMK Insan Cemerlang di Kab. Berau
Kata-Kata Kunci: Kompetensi Profesional, Kepemimpinan, Kinerja Mengajar dan Prestasi Belajar Siswa
ABSTRACT
This research aims (1) to determine and analyze the influence of professional competence on student learning achievement in the brilliant Insan vocational school in the district. Berau (2) to find out and analyze the influence of leadership on student learning achievement in the brilliant Inhsan vocational school in Kab. Berau (3) to find out and analyze the influence of teacher's teaching performance on student learning achievement in Shining Insan Vocational School in Kab. Berau (4) to analyze knowing and analyzing the influence of professional competence, leadership and teacher's teaching performance on student learning achievement in the Shining Insan Vocational School in Kab. Berau.
This research was carried out at the Shining Insan Vocational School in Berau Regency. The sample uses a total sampling method, that is, all members of the population are used as samples. All samples amounted to 30 respondents in the brilliant Ihsan vocational school in the district. Berau. Data collection methods used were direct interviews with parties involved with the issues being discussed and giving questionnaires to employees in accordance with the research conducted. Data analysis was performed using multiple linear regression analysis, T-test, F test and Determination Coefficient Test (R2).
The results of the analysis show that (1) professional competence influences student achievement in the Excellent Insan Vocational School in Kab. Berau (2) leadership has an effect on student achievement in the Shining Insan Vocational School in Kab. Berau (3) teacher's teaching performance has an effect on student achievement in the brilliant Ihsan Vocational School in Kab. Berau (4) professional competence, leadership and teacher teaching performance affect student achievement in the brilliant Insan Vocational School in Kab. Berau
Keywords: Professional Competence, Leadership, Teaching Performance and Student Learning Achievement
Teks Lengkap:
PDFReferensi
_______, Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 tahun 2005 tentangStandar Nasional pendidikan, Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Aedi, Nur dan Rosalin, Elin, Tim Dosen Administrasi Pendidikan, 2010.
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Asf, Jasmani & Syaiful Mustofa. 2013. Supervisi Pendidikan: Terobosan Baru dalam Peningkatan Kinerja Pe ngawas Sekolah dan Guru. Jokjakarta: Ar-Ruzz Media.
Danim, Sudarwan. 2002. Inovasi Pendidikan dalam Upaya Peningkatan Profesionalisme Tenaga Kependidikan. Bandung: CV Pustaka Setia.
Danim, Sudarwan. 2004. Motivasi Kepemimpinan & Efektivitas Kelompok. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Djamarah, Syaiful Bakhri. 2004. Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru Surabaya: Usaha Nasional.
Ghozali, Imam, 2006. Aplikai Analisis Multivarite dengan SPSS, Cetakan Keempat, Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang
Mulyasa, E. 2007. Standar Kompetens Dan Sertifikasi Guru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Mulyasa.2006. Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung:Remaja Rosda Karya.
Nuchiyah, Nunu. 2007. Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Kinerja Mengajar Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa. JURNAL, Pendidikan Dasar “ Volume : V - Nomor : 7 - April 2007.
Pujasari, Yayah dan Nurdin. 2008. Pengaruh Kompetensi Profesional Guru terhadap Keberhasilan Belajar Siswa. Jurnal Administrasi Pendidikan UPI, Volume 8 No. 2 Tahun 2008.
Rezki, Dewi, Hasmin dan Mustari. 2016. Pengaruh Kedisiplinan, Kepemimpinan Kepala Sekolah, Lingkungan, dan Metode Pembelajaran terhadap Prestasi Siswa di SMAN 1 Sungguminasa. Jurnal Mirai Management, Volume 1 Nomor 1, Februari-Mei 2016.
Romadhona, Yuckyta Gumelar dan Ajang Mulyadi. 2014. Pengaruh Kinerja Mengajar Guru terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Akuntansi Kelas XII IPS SMA Negeri 13 Bandung. Jurnal Administrasi Pendidikan UPI, Volume 4 No. 4 Tahun 2014.
Sanjaya, Wina. (2010). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Prenada Media Group.
Shadrina, Dina Nur, Nuraini Asriati dan Bambang Budi Utomo. 2015. Pengaruh Kompetensi Profesional Guru terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X di SMA/MA Negeri Pontianak. JPP- Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Untan, Volume 4 Nomor 4 Tahun 2015.
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Slameto. 2010. Belajar dan faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Sudirman, AM, Interaksi dan Motifasi Belajar Siswa (Jakarta: Rajawali Pers.
Sudrajat, Ahmad. 2007. Kompetensi Guru dan Peran Kepala Sekolah. http://akhmadsudrajat.wordpress.com, diakses 8 Desember 2017.
Sugihartono, dkk. 2007. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Syah, Muhibbin. 2010. Psikologi Pendidikan. Bandung. PT Remaja Rosdakarya.
Syaiful, Sagala. 2009. Kemampuan Profesional Guru dan tenaga kependidikan Bandung: Alfabeta.
Tafsir, Ahmad. 2005. Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam,(Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, Cet. 6.
Thoha, Miftah, 2010. Kepemimpinan Dalam Manajemen, Jakarta : Rajawali Pers.
Thoha, Miftah, 2010. Perilaku Organisasi Konsep Dasar dan Aplikasinya, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Thoha, Miftah. 2006. Perilaku Organisasi, Konsep Dasar dan Aplikasinya.
Jakarta. Raja Grafindo Persada.
Undang-Undang Republik Indonesia No. 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen, (Bandung: Citra Umbara, 2006).
Usman, M. Uzer. 2006. Menjadi Guru Profesional, (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2006), Cet. Ke-20.
DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v2i1.378
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional