Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Kantor Pos Dan Giro Kota Gorontalo
Sari
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada Kantor Pos dan Giro Kota Gorontalo, 2) pengaruh harga terhadap kepuasan konsumen pada Kantor Pos dan Giro Kota Gorontalo, 3) pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan konsumen pada Kantor Pos dan Giro Kota Gorontalo. Teknik pengambilan sampel sampel menggunakan probability sampling yaitu sebanyak 45 orang. Teknik Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner yang dibagikan kepada konsumen pada Kantor Pos dan Giro Kota Gorontalo. Alat uji analisis yang digunakan dalam menguji penelitian ini yaitu analisis regresi linier berganda.
Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil uji t (parsial) 1) kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan konsumen ditunjukkan dengan nilai thitung 3.941 > ttabel 1.681, 2) harga berpengaruh terhadap kepuasan konsumen ditunjukkan dengan nilai thitung 3.722 > ttabel 1.681, sedangkan hasil penelitian uji F menunjukkan Fhitung 114.276 > Ftabel 3.22 dengan taraf signifikansi 0,05. Artinya kualitas pelayanan dan harga secara simultan mempengaruhi kepuasan konsumen pada Kantor Pos dan Giro kota Gorontalo. Berdasarkan perhitungan koefisien determinasi menunjukkan R Square sebesar 84,9%, dapat disimpulkan bahwa 3) kualitas pelayanan dan harga secara simultan berpengaruh terhadap kepuasan konsumen pada Kantor Pos dan Giro kota Gorontalo sedangkan sisanya 15,1% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Harga, Kepuasan konsumen.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Adnan, Syahidin &. 2022. “Analisis Pengaruh Harga Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Bengkel Andika Teknik Kemili Bebesen Takengon.” Gajah Putih Journal of Economics Review (GPJER) 4(1):22.
Akbar, Rizky Satria. 2020. “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Dan Promosi Terhadap Kepuasan Konsumen Melalui Loyalitas Konsumen Go-Jek.” Jurnal STEI Ekonomi XX(Xx):14.
Chandra, Gregorius. n.d. Strategi Program Pemasaran. Yogyakarta: Andi.
Daga, Rosnaini. 2017. “Citra,Kualitas Produk Dan Kepuasan Pelanggan.” P. 77 in, edited by H. Upu. Sul-Sel: Global Research and Consulting Institute.
Dewi, Kadek Iin Listyana. 2019. “Pengaruh Dimensi Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pengguna BPJS Kesehatan Di Kota Singaraja.” JBisma: Jurnal Manajemen 5(2):85–86.
Halim, Fitria. 2021. Manajemen Pemasaran Jasa. 1st ed. edited by R. Watrianthos. Yayasan Kita Menulis.
Indrasari, Meithiana. 2019. Pemasaran & Kepuasan Pelanggan. 1st ed. Surabaya: Unitomo Press.
Indriaty, Lulu. 2016. “Pelayanan Jasa Atas Dimensi Empat Kepuasan Konsumen.” Jurnal JPSB 4(1):28.
Irawan, Handi. 2003. 10 Prinsip Kepuasan Pelanggan. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Jamaludin, Asep. 2015. “Analisis Kualitas Pelayanan Dan Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Eumah Makan Padang Sederhana Karawang.” Jurnal Manajemen & Bisnis Kreatif 10.
Kotler, Philip. 2005. Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT. Indeks.
Kurniawan, Dedi. 2019. “Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian.” Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen 8(11):9.
Lupiyoadi, Rambat. 2001. Manajemen Pemasaran Jasa: Teori Dan Praktis. Jakarta: Salemba Empat.
Milano, Alyssa. 2021. “Influence of Product Quality, Price and Promotion on Decision Making of Batik Clothes in ‘Florensia’ Stores, Sawahlunto City.” Jurnal Matua 3(1):20.
Rusydi, Mhd. 2017. Costumer Excellence. 1st ed. edited by N. Aedi. Yogyakarta: Gosyen Publishing.
Sarwono, Jonathan. 2006. Metode Penelitian Kuantitatif & Kualitatitif. 1st ed. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Sugiyono. 2013a. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. 19th ed. Bandung: Alfabeta, CV.
Sugiyono. 2013b. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. 19th ed. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. 26th ed. Bandung: Alfabeta.
Syarifah, Imam Kambali &. Ani. 2020. “Pengaruh Harga Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Di Billionaire Store Bandung).” Jurnal Bisnis Dan Pemasaran 10(1):3.
Widodo, Arif Siaha. 2021. “Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Waroeng Steak Ciputat.” Jurnal Semarak 4(3):97.
Wolok, T. (2019). Green Marketing : Pemasaran & Pembelian. Gorontalo: C.V Athra Samudra.
Yanti, Pande Made Deby Lestari. 2017. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada PT. Pos Indonesia Cabang Gianyar.” Jurnal Manajemen Dan Bisnis Equilibrium 4(2):80–81.
DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v6i1.3824
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional