Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Minat Beli Produk Kosmetik Wardah Pada Toko Erby Shop

Nazmi Alamri, Tineke Wolok, Umin Kango

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) pengaruh kualitas produk terhadap minat beli produk kosmetik wardah pada Toko Erby Shop, 2) pengaruh harga terhadap minat beli produk kosmetik wardah pada Toko Erby Shop, 3) pengaruh kualitas produk dan harga terhadap minat beli produk kosmetik wardah pada Toko Erby Shop. sampel menggunakan yaitu sebanyak 96 orang. Teknik Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner yang dibagikan kepada konsumen pada Toko Erby Shop. Alat uji analisis yang digunakan dalam menguji penelitian ini yaitu analisis regresi linier berganda.

Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil uji t (parsial) 1) kualitas produk berpengaruh terhadap minat beli ditunjukkan dengan nilai thitung 3.946 > ttabel 1.661, 2) harga berpengaruh terhadap minat beli ditunjukkan dengan nilai thitung 4.910 > ttabel 1.661, sedangkan hasil penelitian uji F menunjukkan Fhitung 78.151 > Ftabel 3.09 dengan taraf signifikansi 0,05. Artinya kualitas produk dan harga secara simultan mempengaruhi minat beli produk kosmetik pada Toko Erby Shop Berdasarkan perhitungan koefisien determinasi menunjukkan R Square sebesar 62,4%, dapat disimpulkan bahwa 3) kualitas produk dan harga secara simultan berpengaruh terhadap minat beli produk kosmetik pada Toko Erby Shop sedangkan sisanya 37,6% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

 

Kata Kunci: Kualitas Produk, Harga, Minat Beli.

 

Abstract

This study aims to determine 1) the influence of product quality on purchase intention of Wardah cosmetic products at the Erby Shop, 2) the influence of price on purchase intention of Wardah cosmetic products at the Erby Shop, 3) the influence of product quality and price on purchase intention of Wardah cosmetic products at the Erby Shop. The sampling applies Accidental Sampling of as many as 96 people. Data collection techniques used questionnaires that were distributed to costumers of Erby Shop. The analytical tool used in testing this research is multiple linear regression analysis.

The result of the t-test (partial) showed 1) product quality has an effect on purchase intention indicated by the tcount of 3.946 > ttable 1.661, 2) price has an effect on purchase intention indicated by the tcount 4.910 > ttable 1.661,while the results of the F-test showed fcount 78.151 > ftable 3.09 with a significance level of 0,05. This means that product quality and price simultaneously affect the purchase intention of cosmetic products at the Erby Shop. Based on the calculation of the coefficient of determination showing R Square of 62,4%. It can be concluded that 3) product quality and price simultaneously affect the purchase intention of cosmetic products at Erby Shop. At the same time, the remaining 37,6% are influenced by other variables not examined in this study.

 

Keywords: Product Quality, price, purchase Intention.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ali, Hasan. (2015). Tourism Marketing. Center for Academic Publishing Service. Yogyakarta.

Agustina, Eva. (2019). “Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Percetakan Aneka Jaya Pematangsiantar.” Jurnal Manajemen 5(1):38–49.

Alma, B. (2016). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: CV. Alfabeta.

Armstrong, Kotler (2015), “Marketing an Introducing Prentice Hall twelfth edition”. England : Pearson Education, Inc

Arikunto, S. (2013).Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Arianty, N. (2015). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Handphone Samsung. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, 16(2), 68–81.

Bob, Foster and Muhamad, Deni Johansyah .(2019). The Effect of Product Quality and Price on Buying Interest with Risk as Intervening Variables (Study on Lazada.com Site Users). International Journal of Innovation, Creativity and Change., 9 (12). pp. 66-78. ISSN 2201-1323.

Elvina, N., & Sarah, S. (2021). Pengaruh Harga Dan Electronic Word of Mouth (Ewom) Terhadap Minat Beli Emina Kosmetik. Indonesia Membangun, 20(1), 84–98. https://jurnal.inaba.ac.id/

Ferdinand, A. (2012). Pengembangan Minat Beli Merek Ekstensi. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ferdinand, A. (2017). Metode Penelitian Manajemen. BP Universitas Diponegoro. Semarang.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program BIM SPSS 25 (9th ed.). Badan Penerbit Universitas Diponegoro. https://repo.unikadelasa lle.ac.id/index.

Halim, Nico Rifanto, and Donant Alananto Iskandar. (2019). “Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Persaingan Terhadap Minat Beli.” 4(3):415–424.

Karundeng, Nikita, Johnny A. F. Kalangi, and Olivia F. C. Walangitan. (2019). “Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Home Industri Pia Deisy Desa Kapitu Kecamatan Amurang Barat.” Jurnal Administrasi Bisnis 8(2):83. doi: 10.35797/jab.8.2.2019.23566.83-90.

Korowa, E., Sontje Sumayku, Sandra Asaloei. (2018). Pengaruh Kelengkapan Produk dan Harga Terhadap Pembelian Ulang Konsumen (Studi Kasus Freshmart Bahu Manado). Jurnal Administrasi Bisnis. 6(3):27-34.

Kotler. P. (2010). Principles of Marketing. Edisi 13, New Jersey: Pearson Education.

Kotler. Armstrong, N. (2012). Prinsip-prinsip pemasaran. edisi 12. jilid 1. terjemahan Bob Sabran. Jakarta: Erlangga.

Nazara, Netianis. (2018). “Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Konsumen Pada UD. Misel teluk dalam Kabupaten Nias Selatan.” 0(0):1–77.




DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v6i2.3827

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter