Pengaruh Kualitas Produk Dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Pada Aplikasi Shopee Di Kota Batam

Cipta Lestari Sinaga, Winda Evyanto

Sari


Kualitas produk merupakan suatu harapan konsumen akan suatu produk dapat memenuhi unsur-unsur produk yang dianggap penting sesuai dengan yang konsumen inginkan. Kepercayaan konsumen adalah keyakinan konsumen terhadap produsen untuk mampu menjaga integritasnya dan akan kemampuan konsumen menjunjung kewajibannya kepadaa konsumen. Kualitas produk dan kepercayaan konsumen merupakan termasuk faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas produk dan kepercayaan konsumen terhadap keputusan pembelian pada aplikasi Shopee di Kota Batam. Jenis penelitian ini yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Peneliti menggunakan teknik sampling yaitu teknik non probabilty sampling,  menggunakan jenis sampel insidental. Jumlah sampel yang diambil di dalam penelitian ini adalah sebanyak 100 responden, diolah menggunakan SPSS versi 29. Hasil olah data yang didapatkan dari pengolahan SPSS menunjukkan bahwa kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap keputusan pembelian dengan nilai t hitung  (4,133) > t tabel  (1,984), dan memiliki nilai signifikansi 0,001 < 0,05. Kepercayaan konsumen berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap keputusan pembelian dengan nilai t hitung  (6,886) > t tabel  (1,984), memiliki nilai signifikansi 0,001 < 0,05. Hasil olah data dari nilai perolehan F hitung 149,189 lebih besar nilai F tabel yaitu 3,09 dan nilai signifikansi 0,001 lebih kecil dari 0,05 dapat diperoleh kesimpulan bahwa kualitas produk dan kepercayaan konsumen berpengaruh signifikan secara simultan terhadap keputusan pembelian.

 

Kata Kunci: Kualitas Produk, Kepercayaan Konsumen, Keputusan Pembelian

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Oktavia, Nurafny, Mustari, Rahmatullah, Tuti Supatminingsih, and Muhammad Dinar. 2022. “Pengaruh Kualitas Produk Dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Pada Aplikasi Shopee.” Journal Of Social Science and Character Education 1:28–38.

Pane, Derma H., and Tiurniari Purba. 2020. “Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan Dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Minat Beli Di Situs E-Commerce Bukalapak.” Jurnal Ilmiah Kohesi 4(3):149–55.

Pasaribu, Veta Lidya. 2022. “Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor TVS.” Business Management Journal 18(1):37. doi: 10.30813/bmj.v18i1.2829.

Sobandi, Agus, and Bambang Somantri. 2020. “Pengaruh Kepercayaan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online.” 1(1):41–52. doi: 10.1090/nml/050/92.

Aizm, M. Rifq., Fajar Azam Pasha Akhmad, and Slamet Suprianto. 2020. “Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian.” Jurnal Pemasaran Kompetitif 3(2):12. doi: 10.32493/jpkpk.v3i2.4075.

Indrasari, Meithiana. 2019. Pemasaran Dan Kepuasan Pelanggan. Surabaya.

Mutiara, and Imam Wibowo. 2020. “Pengaruh Kepercayaan, Keamanan Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian.” Jurnal Manajemen Bisnis Krisnadwipayana 8(2):10–20. doi: 10.35137/jmbk.v8i2.419.

Nasution, Siti Lam’ah, Christine Herawati Limbong, and Denny Ammari Ramadhan. 2020. “PENGARUH KUALITAS PRODUK, CITRA MEREK, KEPERCAYAAN, KEMUDAHAN, Dan HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA E-COMMERCE SHOPEE (Survei Pada Mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi Jurusan Manajemen Universitas Labuhan Batu).” Ecobisma (Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen) 7(1):43–53. doi: 10.36987/ecobi.v7i1.1528.




DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v6i2.3833

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter