PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA POKOK BAHASAN ALJABAR DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL)

Syakir Syakir

Sari


ABSTRAK

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang dilakukan di kelas VII-2 SMP Negeri 18 Bulukumba yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika pada pokok bahasan aljabar dengan penerapan model pembelajaran Problem based learning (PBL) sebagai aplikasi pendekakatan saintifik siswa kelas VII-2 SMP Negeri 18 Bulukumba Kabupaten Bulukumba.

Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII-2 SMP Negeri 18 Bulukumba pada semester ganjil Tahun Ajaran 2018/2019 yang berjumlah 29 Orang. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar, observasi dan tanggapan siswa dari angket yang diberikan. Data yang terkumpul kemudian dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif.

Hasil yang dicapai setelah dianalisis yaitu (1) pada Siklus I, diperoleh skor rata-rata hasil belajar matematika siswa sebesar 66,14 dengan standar deviasi 13,90, dari skor ideal yang mungkin dicapai yaitu 100 dan berada pada kategori tinggi, (2) pada siklu II, diperoleh skor rata-rata hasil belajar matematika siswa belajar siswa sebesar 81,21 dengan standar deviasi 10,94 dari skor ideal yang mungkin dicapai yaitu 100 dan berada pada kategori tinggi. Hal ini berarti terjadi peningkatan hasil belajar matematika berdasarkan skor rata-rata dari siklus I ke Siklus II (3) Jumlah siswa yang tuntas belajar pada siklus I sebanyak 13 orang (44,83)% dan pada siklus II meningkat menjadi 24 orang (82,76)% dan (4) Sikap siswa terhadap pendekatan yang dilakukan meningkat dilihat dari respon siswa dari situasi yang diberikan pada siklus I ke siklus II. Dari hasil penelitian ini, secara umum dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar matematika pada pokok bahasan aljabar dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) sebagai aplikasi pendekatan saintifik siswa kelas VII-2 SMP Negeri 18 Bulukumba kabupaten Bulukumba

 

Kata Kunci : Hasil Belajar Matematika, Aljabar, Problem Based Learning (PBL) dan Saintifik

 

ABSTRACT

This research is Classroom Action Research conducted in class VII-2 of SMP Negeri 18 Bulukumba which aims to determine the improvement of mathematics learning outcomes on the subject of algebra by applying the Problem based learning (PBL) learning model as the application of scientific students to class VII-2 of Bulukumba State Middle School 18 Bulukumba Regency.

The subjects of this study were students of class VII-2 of SMP Negeri 18 Bulukumba in the odd semester 2018/2019 Academic Year totaling 29 people. Data retrieval is done by using test results of learning, observation and student responses from the questionnaire given. The collected data is then analyzed quantitatively and qualitatively.

The results achieved after being analyzed were (1) in Cycle I, obtained an average score of students' mathematics learning outcomes of 66.14 with a standard deviation of 13.90, from the ideal score that might be achieved is 100 and is in the high category, (2) on cycles II, the average score of mathematics learning outcomes of students learning was obtained at 81.21 with a standard deviation of 10.94 from the ideal score that might be achieved which is 100 and in the high category. This means there is an increase in mathematics learning outcomes based on the average score of cycle I to Cycle II (3) The number of students who complete the study in the first cycle as many as 13 people (44.83)% and in the second cycle increased to 24 people (82, 76)% and (4) The attitude of students to the approach taken increases seen from the response of students from the situation given in cycle I to cycle II. From the results of this study, it can generally be concluded that there was an increase in mathematics learning outcomes on the subject of algebra with the Problem Based Learning (PBL) learning model as the application of scientific approaches to students of class VII-2 of State Middle School 18 Bulukumba Bulukumba district

Keywords: Learning Outcomes Mathematics, Algebra, Problem Based Learning (PBL) and Scientific


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ali, Muhamad. 1987. Guru dalam Proses Belajar Mengajar, Bandung : Sinar baru

Barman. 2004. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Masalah pada Pokok Bahasan Statistika Tesis. Tidak Diterbitkan. Surabaya: PPs. UNESA.

Dasna, I Wayan dan Sutrisno. 2007. Pembelajaran Berbasis Masalah. Jakarta: Widiasarana.

Depdikbud. 1993. Evaluasi dan Penilaian. Proyek Peningkatan Mutu Guru. DirektoraLPendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta.

Dimyati, 1999. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Haling. 2004. Belajar dan Pembelajaran (suatu ringkasan). Makassar: F IK UNM.

Hudojo, Herman. 1990. Strategi Belajar Mengajar Matematika. Malang : IKIP Malang.

Kemendikbud. 2016. Permendikbud No 22 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kemendikbud. 2016. Permendikbud No 24 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar pelajaran kurikulum 2013 pada Pendidikan Dasar dan Menengah. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kemendikbud. 2016. Panduan Pembelajaran Untuk Sekolah Menengah Pertama. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Krismanto.A1. 2009. Kapita Selekta Pembelajaran Aljabar Di Kelas VII SMP. Modul Matematika SMP Program BERMUTU. Yogyakarta: PPPPTK Matematika.

Nur, M. 2007. Pengajaran Berpusat kepada Siswa dan Pendekatan Konstruktivis dalam Pengajaran. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.

Slameto. 1991 . Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sri Wardhani.2004. Permasalahan Kontekstual Mengenalkan Bentuk Aljabar di SMP. Paket Pembinaan Penataran Bagi Alumni Diklat Guru Matematika SMP oleh PPPPG Matematika Tahun 2004. Yogyakana: PPPPG Matematika

Sudjatmiko, Ponco. 2004. Matematika Kreatif(Konsep dan Terapannya) IB SMP dan MA. Solo : Tiga Serangkai

Suherman, Erman. Dkk. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA Universitas Pendidikan Indonesia.

Suparno, Paul. 1997. Filsafat Konstrukzivisme dalam Pendidikan. Yogyakarta Kanisius.

Syaban, Mumun. 20l3. Matematika dalam Era Globalisasi. Jurnal Pendidikan Volume 1 No. l. Mei 2013-Juli 2 2 Tersedia http'educare e-fkipunla info/publikasi/vol ume%201 /Nomor%201 Nol‘lolOl 3l%20Mu2n.htm

Tampomas, Husein. 2003. Matematika Plus IB SMP. Bogor : Yudhistira

Trianto. 2007. Model Pembelajaran Inovatd Berorientasi Konstruktivis. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.

Upu, Hamzah. 2003. Problem Posing dan Problem Solving dalam Pembelajamn Matematika (Pegangan untuk Dosen, Mahasiswa PPS. Calon Guru dan Guru Malemtika). Bandung: Pustaka Ramadan.

Upu, Hamzah. 2004. Mensinergikan Pendidikan Matematika dengan Bidang Lain (Pegangan untuk Dosen, Mahasiswa PPS, dan Mahasiswa Program S;). Bandung: Pustaka Ramadan.

Wahyudin. 2008. Pembelajaran dan Model Model Pembelajaran Seri 1 sd 5. Jakarta. CV Ipa Abong

Wikandari dan Prima R. 1998. Pendekatan-pendekatan Konstruhivis dalam Pembelajaran. Surabaya: IKIP Surabaya.




DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v2i1.387

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter