Pengaruh Kualitas Layanan Sistem Informasi Akademik (SIAT) Terhadap Tingkat Kepuasan Mahasiswa Program Studi S1 Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo
Sari
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kualitas layanan sistem informasi akademik (SIAT) terhadap tingkat kepuasan mahasiswa. Penelitian ini menggunakan 90 sampel responden pada Mahasiswa Program Studi S1 Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo. Metode sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik sampel non probablity sampling, jumlah sampel yang diambil dalam penelitian ini menggunakan rumus Slovin. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner, jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji regresi linear sederhana.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil uji kualitas layanan berpengaruh positif terhadap tingkat kepuasan mahasiswa di Program Studi S1 Manajamen. Hal ini menunjukkan jika semakin baik kualitas layanan sistem informasi akademik (SIAT) maka tingkat kepuasan mahasiswa juga akan ikut meningkat. Variabel kualitas layanan dalam menjelaskan variabel tingkat kepuasan mahasiswa sebesar 34,6% sedangkan sisanya 65,4% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti dan dijelaskan dalam penelitian ini.
Kata Kunci: Kualitas Layanan, Tingkat Kepuasan Mahasiswa
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Agustin, H. (2018). Sistem Informasi Manajemen Menurut Prespektif Islam. Jurnal Tabarru’: Islamic Banking and Finance, 1(1). https://doi.org/10.25299/jtb.2018.vol1(1).2045
Anwar, H. (2016). Penerapan Sistem Informasi Akademik (SIAKAD) dalam Meningkatkan Layanan Akademik di Prodi Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan IAIN Sultan AMAI Gorontalo. TADBIR: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(1), 6–20
Firmansyah, M., Masrun, M., & Yudha S, I. D. K. (2021). Esensi Perbedaan Metode Kualitatif Dan Kuantitatif. Elastisitas - Jurnal Ekonomi Pembangunan, 3(2). https://doi.org/10.29303/e-jep.v3i2.46
Hamilton, S, and Chervany, N.L 2017 Evaluating Information System Effectivenenss Part 1: Comparing Evaluation Approaches, MIS Quarterly.
Informatika, J., & Informasi, S. (2021). Informasi (Jurnal Informatika dan Sistem Informasi) Volume 13 No.1 / Mei / 2021. Informasi (Jurnal Informatika Dan Sistem Informasi), 13(1).
Lie, L. (2009). Penggunaan MRA dengan Spss untuk Menguji Pengaruh Variabel Moderating terhadap Hubungan antara Variabel Independen dan Variabel Dependen. Jurnal Teknologi Informasi DINAMIK, XIV(2).
Mardiana, A. (2015). Tingkat Kepuasan Mahasiswa Terhadap Kinerja Sistem Informasi Akademik dan Keuangan (Studi Kasus : Universitas Majalengka). Infotech Journal, 1(2), 236602.
Marnovita, M. (2020). Hubungan Kualitas Pelayanan Dengan Kepuasan Pelanggan. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 8(1). https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v8i1.4864
Nauli, S. B. (2015). Kajian Efektivitas Sistem Informasi Akademik Universitas Mercu Buana. Jurnal Ilmiah FIFO, 7(2). https://doi.org/10.22441/fifo.v7i2.1253
Pambudi, S., Sunyoto, A., & Kurniawan, M. P. (2020). Analisis Kualitas Pelayanan Sistem Informasi Akademik STT Wiworotomo Purwokerto. Iteks.
Ripanti, E. F., & Oramahi, H. A. (2021). Rancangan Sistem Informasi Pengelolaan Audit. Jurnal Edukasi Dan Penelitian Informatika, 7(April).
Riyanto, S., & Hatmawan, A. A. (2020). Metode Riset Penelitian Kuantitatif Penelitian Di Bidang Manajemen, Teknik . Deepublish Publisher.
S, N. L. A. K. Y., & Wiyati, R. K. (2016). Analisis Pengaruh Kualitas Informasi Dan Kualitas Sistem Terhadap Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Online Stikom Bali. Information System Journal, 4(1).
Shodiq, S. (2021). Peran Sistem Informasi dan Teknologi Informasi terhadap Proses Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Edukasi, 8(1). https://doi.org/10.19184/jukasi.v8i1.23968
Yulfiana. (2016). Pengaruh Implementasi Sistem Informasi Akademik (Siakad) Terhadap Tingkat Kepuasan Mahasiswa Fakultas Dakwah Dan Komunikasi Uin Alauddin Makassar, 1–102. Retrieved from repositori.uin-alauddin.ac.id/4512/1/Yulfiana.pdf
Zakyah, A. M. (2019). Kualitas Pelayanan Sistem Informasi Akademik Pada Kepuasan Mahasiswa Menggunakan Metode Webqual 4.0. JUSTINDO (Jurnal Sistem Dan Teknologi Informasi Indonesia), 4(1). https://doi.org/10.32528/justindo.v4i1.2416
DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v6i2.3882
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional