PENGARUH KOMPETENSI DAN SARANA PRASARANA TERHADAP KINERJA DOSEN MELALUI PROSES PEMBELAJARAN DI AKADEMI ILMU PELAYARAN AIPI MAKASSAR

Darwis Darwis, Hasmin Tamsah, Gunawan Bata Ilyas

Sari


ABSTRAK

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk Untuk menguji pengaruh kompetensi dan sarana prasarana terhadap kinerja dosen melalui proses pembelajaran di Akademi Ilmu Pelayaran AIPI Makassar. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif dan verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh dosen di Akademi Ilmu Pelayaran AIPI Makassar, Adapun teknik sampel yang digunakan yaitu Sampling Jenuh dengan total sampel sebanyak 100 orang dosen. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Kompetensi berpengaruh positif dan signifikan terhadap proses pembelajaran di Akademi Ilmu Pelayaran AIPI Makassar. (2) Sarana prasarana berpengaruh positif dan signifikan terhadap proses pembelajaran di Akademi Ilmu Pelayaran AIPI Makassar. (3) Kompetensi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerjadosen di Akademi Ilmu Pelayaran AIPI Makassar. (4) Sarana prasarana berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja dosen di Akademi Ilmu Pelayaran AIPI Makassar. (5) Proses pembelajaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja dosen di Akademi Ilmu Pelayaran AIPI Makassar. (6) Kompetensi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja dosen melalui proses pembelajaran di Akademi Ilmu Pelayaran AIPI Makassar. (7) Sarana prasarana berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja dosen melalui proses pembelajaran di Akademi Ilmu Pelayaran AIPI Makassar.

Kata Kunci : Kompetensi, Sarana Prasarana, Proses Pembelajaran, Kinerja

 

ABSTRACT

The purpose of this study is to examine the effect of competencies and infrastructure on the performance of lecturers through the learning process at the AIPI Makassar Academy of Shipping. The research method used is descriptive and verification method with a quantitative approach. The population in this study were all lecturers at the AIPI Makassar Shipping Sciences Academy. The sample technique used was Saturated Sampling with a total sample of 100 lecturers. Data analysis techniques used are path analysis techniques. The results of the study show that (1) Competence has a positive and significant effect on the learning process in the AIPI Shipping Sciences Academy Makassar. (2) Infrastructure facilities have a positive and significant effect on the learning process in the AIPI Shipping Academy of Makassar. (3) Competence has a positive and significant effect on the performance of lecturers at the AIPI Shipping Academy in Makassar. (4) Infrastructure facilities have a positive and significant effect on the performance of lecturers at the AIPI Shipping Sciences Academy in Makassar. (5) The learning process has a positive and significant effect on the performance of lecturers at the AIPI Shipping Academy in Makassar. (6) Competence has a positive and significant effect on the performance of lecturers through the learning process at the AIPI Makassar Academy of Shipping. (7) Infrastructure facilities have a positive and significant effect on the performance of lecturers through the learning process at the AIPI Shipping Academy in Makassar.

Keywords: Competence, Infrastructure, Learning Process, Performance


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Alkafi, R., Samsi, S., & Nurdin, N. (2014). Pengaruh RPP, Metode Pembelajaran, Sarana Prasarana Terhadap Kinerja Guru Sertifikasi. JEE (Jurnal Edukasi Ekobis), 2(7).

Deswarta, D. (2017). Pengaruh Kompetensi Dan Motivasi Terhadap Kepuasan Kerja Dan Kinerja Dosen Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Uin Sultan Syarif Kasim Riau. VALUTA, 3(1), 19-39.

Djamarah. S. B, Zain. A. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Eryadini, N. (2017). Pengaruh Kompetensi Dosen Terhadap Mutu Pembelajaran di STKIP PGRI Lamongan. Journal STKIP PGRI Lamongan, 1(1), 6-6.

Fauziana, D. 2017. Pengaruh Sarana dan Prasarana Sekolah dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Guru di Pondok Pesantren Al-Islam Joresan Mlarak Ponorogo. Tesis Program Pascasarjana IAIN Ponorogo.

Husaini, H. (2017). Pengaruh Profesional Dosen Terhadap Kualitas Pembelajaran Dosen Agama Islam Di Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Universitas Pattimura. PEMBELAJAR: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, dan Pembelajaran, 1(1), 9-16.

Istiqomah, E. 2017. Pengaruh Kompetensi Guru Terhadap Proses Belajar MengajarSiswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan.

Kurniawan, N. (2017). Pengaruh Standart Sarana Dan Prasarana Terhadap Efektifitas Pembelajaran Di TK Al-Firdaus. Jurnal Warna : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia dini. September 2017. Vol 02. No. 02.

Legiwati, N. (2016). Pengaruh Pemanfaatan Sarana Dan Prasarana Pembelajaran Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMPN 3 Grati Satap Kabupaten Pasuruan. Jurnal Penelitian dan Pendidikan IPS, 10(2), 294-309.

Majid, Abdul. 2005. Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar. Kompetensi Guru. Bandung: Rosdakarya

Mocodompis, H. (2014). Pengaruh Kualitas Sumber Daya Manusia Aparatur terhadap Peningkatan Kinerja di Badan Kepegawaian Daerah Kabupatenbolaang Mongondow Utara. JURNAL POLITICO, 2(6).

Mulyasa. (2004). Kurikulum Berbasis Kompetensi, (Bandung: Remaja Rosdakarya Offset

MUTAKIN, T. Z. (2015). Pengaruh Kompetensi, Kompensasi, Dan Latar Belakang Terhadap Kinerja Guru. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(2).

Rachmawati, Titik dan Daryanto. 2013. Penilaian Kinerja Profesi Guru dan Angka Kreditnya. Yogyakarta: . Penerbit Gava Media

Rosilawati, T. (2014). Supervisi Akademik dalam Upaya Peningkatan Motivasi Guru Menyusun Perangkat Persiapan Pembelajaran. Jurnal Penelitian Tindakan Sekolah dan Kepengawasan, 1(2).

Sagala, Syaiful., (2009), Konsep dan Makna Pembelajaran, Bandung: Alfabeta

Sudiro. 2015. Pengaruh Sarana, Proses Pembelajaran, Dan Persepsi Kinerja DosenTerhadap Kepuasan Mahasiswa Pada Politeknik Indonusa Surakarta. Jurnal Sainstech Politeknik Indonusa Surakarta ISSN : 2355-5009 Vol. 1 Nomor 4 Desember Tahun 2015.

Zainuddin, P., Riama P., dan Oktarida, A. 2015. Pengaruh Kompetensi Dan Motivasi Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Serta Implikasinya Pada Kinerja Dosen (Survei Pada Perguruan Tinggi Negeri Di Kota Palembang). Prosiding Seminar Nasional Penelitian dan PKM Sosial, Ekonomi dan Humaniora




DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v2i1.391

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter