Pengaruh Kualitas Layanan, Kualitas Produk dan Social Media Marketing Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus Pada Konsumen PT. Nasmoco Kaligawe Kota Semarang)

Samuel Rivaldi Lokananta, Ajeng Aquinia

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisispengaruh kualitas layanan, kualitas produk dan social media marketing terhadap kepuasan pelanggan (studi kasus pada konsumen PT. Nasmoco Kaligawe Kota Semarang). Populasi pada penelitian ini yaitu konsumen PT. Nasmoco Kaligawe Kota Semarang. Sampel pada penelitian ini sebanyak 100 responden dengan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, yaitu menggunakan kriteria tertentu dalam pemilihan sampel. Data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data primer dengan menggunakan kuesioner sebagai instrument penelitian. Alat analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji validitas, uji reliabilitas, uji F, uji R2 dan uji hipotesis (uji t). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas layanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan, kualitas produk berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap kepuasan pelanggan dan social media marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan.

Kata Kunci : Kualitas Layanan, Kualitas Produk, Social Media Marketing, Kepuasan Pelanggan


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aditia, A. R. R., Wadud, M., & DP, M. K. (2020). Pengaruh Kualitas Produk terhadap Kepuasan Konsumen Sepeda Motor NMAX pada PT Yamaha A. Rivai Palembang. Jurnal Nasional Manajemen Pemasaran & SDM, 1(01), 23–37. https://doi.org/10.47747/jnmpsdm.v1i01.4

Albari, & Kartikasari, A. (2020). The Influence of Product Quality , Service Quality and Price on Customer The Influence of Product Quality , Service Quality and Price on Customer Satisfaction and Loyalty. Asian Journal of Entrepreneurship and Family Business, 3(1), 49–64.

Fadhli, K., & Pratiwi, N. D. (2021). PENGARUH DIGITAL MARKETING, KUALITAS PRODUK, DAN EMOSIONAL TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN POSKOPI ZIO JOMBANG. 2(2), 603–612.

Fajri, D., & Ma’ruf, J. J. (2018). Pengaruh Social Media Marketing Dan Promosi Terhadap Kepuasan Konsumen dan Pengalaman Konsumen Sebagai Variabel Mediasi Pada Maskapai Penerbangan Airasia di Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Manajemen, 3(3), 33–48.

Fandy Tjiptono, P. (2015). Strategi Pemasaran Edisi 4. Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Hanaysha, J. R. (2017). Impact of Social Media Marketing, Price Promotion, and Corporate Social Responsibility on Customer Satisfaction. Jindal Journal of Business Research, 6(2), 132–145. https://doi.org/10.1177/2278682117715359

Ibrahim, M., & Thawil, S. M. (2019). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 4(1), 175–182. https://doi.org/10.36226/jrmb.v4i1.251

Kasmir. (2017). Customer Service Excellent: Teori dan Praktik (1). Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=1138858

Lesmana, R. (2019). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pt. Radekatama Piranti Nusa. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 2(2), 115. https://doi.org/10.32493/jpkpk.v2i2.2464

Mahira, Hadi, P., & Nastiti, H. (2021). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Indihome. Prosiding Konferensi Riset Nasional Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi, 2(1), 1267–1283.

Mahsyar, S., & Surapati, U. (2020). Effect of Service Quality and Product Quality on Customer. International Journal of Economics, Business and Accounting Research (IJEBAR), 4(1), 204–211.

Martis, A., Herniwati, J., Hidayani, R., Thermi, E., & Safira, K. (2021). The Effect of Promotion , Product Quality , and Service Quality on Customer Satisfaction at Outlets Vin Crepes Takoyaki South Jakarta. 2(1), 441–447.

Nanincova. (2019). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggang Noach Cafe and Bistro. Agora, 7(2), 1–5.

Nurhasan, S., & Hendaryan, D. (2014). The Influence Of Service Quality And Social Media On Consumer Satisfaction. Aarhus University, 45(3), 77. https://doi.org/10.36555/almana.v5i3.1721

Otomotif. (2021). Toyota Teratas, Cek Peringkat Merek Mobil Terlaris 2021 - Otomotif Bisnis.com. https://otomotif.bisnis.com/read/20210811/275/1428619/toyota-teratas-cek-peringkat-merek-mobil-terlaris-2021

Panjaitan, J. E., & Yuliati, A. L. (2016). Dengan Lima Dimensi Sesuai Dengan Urutan Kepada Suatu Perusahaan Jasa Tersebut Jauh Dibawah. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada JNE Cabang Bandung, 11(2), 273.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Suharto, Junaedi, W. R., Muhdar, H. M., Firmansyah, A., & Sarana. (2022). Consumer loyalty of Indonesia e-commerce SMEs: The role of social media marketing and customer satisfaction. International Journal of Data and Network Science, 6(2), 383–390. https://doi.org/10.5267/j.ijdns.2021.12.016

Tjiptono, F. (2014). Pemasaran jasa–prinsip, penerapan, dan penelitian. Yogyakarta: Andi Offset.

Wydyanto, W., & Rafqi Ilhamalimy, R. (2021). Determination of Purchasing Decisions and Customer Satisfaction: Analysis of Service Quality and Product Quality (Marketing Management Literature Review). Dinasti International Journal of Education Management And Social Science, 2(3), 565–575. https://doi.org/10.31933/dijemss.v2i3.822

Yang, Y., Khan, Z., & Zhang, Y. (2020). The influence of social media marketing on apparel brands’ customers’ satisfaction: The mediation of perceived value. Asian Academy of Management Journal, 25(2), 167–188. https://doi.org/10.21315/aamj2020.25.2.7




DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v6i2.3927

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter