Pengaruh Customer Experience dan Brand Image Terhadap Customer Satisfaction Pada LinkAja

Al Irsyad Nur, Imanuddin Hasbi

Sari


Sekarang internet mulai tumbuh secara signifikan, industri baru yang dikenal sebagai dompet digital muncul. Dalam e-commerce, dompet digital adalah metode pembayaran yang paling populer. LinkAja adalah salah satu perusahaan yang menawarkan layanan dompet digital, namun masih memiliki kekurangan di beberapa area yang menurunkan kepuasan konsumen dari tahun ke tahun. Tujuan dari temuan ini ialah untuk menguji hubungan antara customer experience serta brand image terhadap customer experience pada LinkAja di Kota Bandung. Penelitian ini menggunakan teknik penelitian kuantitatif dan jenis penelitian deskriptif. Sebanyak 385 responden diambil sampelnya dengan menggunakan metode nonprobability sampling. Menggunakan IBM SPSS, data diperiksa dengan menerapkan metode analisis deskriptif serta analisis regresi linier berganda.

 

Dari temuan analisis deskriptif, dengan persentase 84,5% secara keseluruhan variabel customer experience berada di kategori sangat baik. Dengan persentase 83,8% customer experience dinilai dalam kategori baik dan variabel brand image dinilai dalam kategori sangat baik dengan persentase 84,16%. Diketahui bahwa hasil analisis regresi linier berganda dari pengaruh simultan customer experience serta brand image terhadap customer satisfaction ialah 77,2% dan 22,8% di antaranya dihasilkan oleh variabel customer loyalty¸brand awareness, price, green marketing lain diluar penelitian ini.

 

 

Kata Kunci: Customer Experience, Brand Image, Customer Satisfaction


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


databoks. (2022, mei 20). Nilai Transaksi Uang Elektronik Menurut Jenis (2021). Diambil kembali dari databoks.katadata.co.id: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/05/20/transaksi-uang-elektronik-melonjak-55-jadi-rp786-triliun-pada-2021#:~:text=Berdasarkan%20data%20Bank%20Indonesia%20(BI,yang%20hanya%20Rp504%2C96%20triliun.

databooks. (2022, juni 3). KIC: E-Wallet Paling Sering Digunakan untuk Transaksi E-Commerce. Diambil kembali dari databooks.katadata.co.id: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/06/03/kic-e-wallet-paling-sering-digunakan-untuk-transaksi-e-commerce

Geroge, A., & Kumar, G. S. (2014). Impact of Service Quality Dimensions in Internet Banking on Customer Satisfaction. Decision.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). A Framework For Marketing Management. New York: Pearson.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management 15e. Essex: Pearson Education.

Rita, & Trimulyani, F. M. (2022). PENGARUH CUSTOMER EXPERIENCE DAN BRAND IMAGE TERHADAP CUSTOMER SATISFACTION SERTA DAMPAKNYA PADA CUSTOMER LOYALTY. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 359-369.

uzone. (2020, november 16). Sejarah Berdirinya LinkAja, Dompet Digital Ramah UMKM. Diambil kembali dari uzone.id: https://uzone.id/sejarah-berdirinya-linkaja-dompet-digital-ramah-umkm




DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v6i2.3958

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter