Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kedisplinan Kerja Karyawan di Institut Pariwisata Trisakti

Siswanto Siswanto

Sari


Tujuan dari penelitian ini ialah untuk menilai pengaruh kompensasi, keteladanan pemimpin, aturan, dan pengawasan terhadap disiplin kerja karyawan di Institut Pariwisata Trisakti. Metode penelitian yang digunakan ialah deskriptif kuantitatif dengan analisis berganda menggunakan program SPSS. Jumlah populasi dan sampel untuk penelitian ini adalah 153 pegawai di Institut Pariwisata Trisakti, dan teknik pengambilan sampel yang digunakan ialah sampling jenuh. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner dengan skala Likert yang berkisar dari 1 hingga 5. Dari hasil penelitian, diketahui bahwa kompensasi dapat membantu meningkatkan motivasi dan disiplin kerja karyawan, yang berdampak positif pada produktivitas dan kinerja perusahaan secara keseluruhan. Pemimpin yang menunjukkan keteladanan dalam hal disiplin kerja dapat membantu membangun budaya kerja yang disiplin dan profesional, meningkatkan kinerja dan produktivitas perusahaan. Aturan yang konsisten dan adil dapat menciptakan lingkungan kerja yang adil dan profesional, yang meningkatkan motivasi dan disiplin kerja karyawan. Selain itu, pengawasan yang baik juga dapat meningkatkan disiplin kerja karyawan dan pada akhirnya meningkatkan produktivitas dan kinerja perusahaan secara keseluruhan.

 

Kata Kunci: Kompensasi, Teladan, Aturan, Pengawasan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abdulah, B. (2019). Pengaruh Motivasi dan Disiplin Kerja Terhadap

Kinerja Karyawan SMK Ksatrya Jakarta. Jurnal Ekonomi Bisnis dan

Manajemen, 9(1): 40-55.

Arianto, D. A. N. (2013). Pengaruh Kedisiplinan, Lingkungan Kerja dan

Budaya Kerja terhadap Kinerja Tenaga Pegawai. Jurnal Economia, 9(1); 191-200.

Busro, M. (2018). Teori-Teori Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Prenadameidia Group.

Herienda, F., Ratnaningtyas, H., Oktavia, R. C. D. (2022). The Effect of Training And Compensation on Employee Performance on The Implementing Directors of Controlling The Development of The Kemayoran Complex (DP3KK). Jurnal Penelitian Ilmu Manajemen, 7(3): 317-324.

Maulana, E., & Heriyanto, M. (2013). Keteladanan Pimpinan, Aktualisasi Diri, Balas Jasa, dan Disiplin Kerja. Jurnal Administrasi Pembangunan, 1(3): 219-323

Patmarina, H., & Erisna, N. (2012). Pengaruh Disiplin Kerja terhadap Kinerja Karyawan yang dimediasi Oleh Produktivitas Kerja Perusahaan CV. Laut Selatan Jaya di Bandar Lampung. Jurnal Manajemen dan Bisnis, 3(1): 19-37.

Ruwaeda., Burhanuddin., & Parawu, H. E. (2021). Pengaruh Pengawasan Terhadap Disiplin Kerja Pegawai di Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan Kabupaten Luwu Utara. KIMAP: Kajian Ilmiah Mahasiswa Administrasi Publik, 2(1): 266-279.

Sampeliling, A. (2015). Faktor-Faktor yang Berpengaruh Terhadap Kedisiplinan Kerja Pegawai Bagian Umum dan Protokol Sekretariat Daerah Kabupaten Kutai Timur. Jurnal Kinerja, 12(1): 1-17.

Sari, P. M., Bakri, S. A., & Diah, Y. M. (2015). Pengaruh Kompensasi Terhadap Disiplin Kerja Pegawai Pada Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan Sumatera Selatan. Jembatan-Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis dan Terapan, XII(2): 57-96.

Sigar, J. A. B., Sambul, S. A. P., & Asaloei, S. (2018). Pengaruh Pengawasan Terhadap Disiplin Kerja Karyawan Pada Hotel Sintesa Peninsula Manado. Jurnal Administrasi Bisnis, 6(3): 52-60.




DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v6i2.4031

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter