Pengaruh Lokasi Penjualan dan Motivasi Konsumen terhadap Target Penjualan PT. Arista Jaya Lestari Medan Ringroad

Kevin Marcelino Yauandi, Thomas Sumarsan Goh, Errie Margery, Syawaluddin Syawaluddin

Sari


Penelitian ini dilakukan pada konsumen yang bekerja di PT. Arista Jaya Lestari Medan Ringroad. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh lokasi penjualan dan motivasi konsumen terhadap target penjualan. Populasi dan sampel dalam penelitian ini berjumlah 52 orang. Teknik sampling yang digunakan adalah jenuh. Teknik pengumpulan data dengan menyebarkan kuesioner dan wawancara. Analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda. Kesimpulan dalam penelitian bahwa secara simultan lokasi penjualan dan motivasi konsumen berpengaruh positif dan signifikan terhadap target penjualan PT. Arista Jaya Lestari Medan Ringroad. Secara parsial lokasi penjualan mempengaruhi target penjualan PT. Arista Jaya Lestari Medan Ringroad. Secara parsial motivasi konsumen berpengaruh positif dan signifikan terhadap target penjualan PT. Ringroad Arista Jaya Lestari Medan. Besarnya koefisien determinasi terlihat dari nilai Adjusted RSquare sebesar 0,427 yang berarti lokasi penjualan dan motivasi konsumen mampu menjelaskan target penjualan sebesar 42,7% sedangkan sisanya sebesar 57,3% dipengaruhi oleh variabel yang tidak diteliti seperti: pasar segmentasi, promosi, saluran distribusi, dan lain-lain. Kata Kunci: Lokasi Penjualan, Motivasi Konsumen, Target Penjualan


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Alma, Buchari. 2016. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Jakarta : Erlangga.

Arikunto, Suharsimi. 2016. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Cetakan 15. Jakarta: Rineka Cipta.

Duli, Nikolaus. 2019. Metodologi Penelitian Kuantitatif : Beberapa Konsep Dasar Untuk Penulis Skripsi & Analisis Data Dengan SPSS. Cetakan Pertama. Yogyakarta : Deepublisher.

Dimyati. 2018. Manajemen Mutu Pendidikan. Bandung : Media Sains Indonesia.

Ferinia, Rolyana, Rahman Tanjung, Bonaraja Purba, Nia Lestari. 2021. Perilaku Konsumen Pariwisata. Jakarta : Yayasan Kita Menulis.

Fitrah, dan Luthfiyah. 2017. Metodologi Penelitian Kualitatif, Tindakan Kelas & Studi Kasus. Jawa Barat: Jejak.

Indahingwati. 2019. Kepuasan Konsumen dan Citra Institusi Kepolisian pada Kualitas Layanan SIM Corner di Indonesia. Surabaya : CV Jakad Publishing.

Indra, Made. 2019. Cara Mudah Memahami Metodologi Penelitian. Yogyakarta : Deepublish.

Jurdi, Fatahullah. 2018. Manajemen Sumber Daya Manusia Strategi Pengelolaan SDM Berkualitas dan Berdaya Saing. Malang : Intrans Publishing.

Kalimah, Siti dan Nur Fadillah.2017. Marketing Syariah. Bayuwangi : LPPM.

Kurniawan, dan Yuniarto. 2016. Analisis Regresi Dasar dan Penerapannya dengan R. Cetakan kesatu. Jakarta : Kencana.

Marwanto. 2017. Marketing Sukses. Yogyakarta : Kubis.

Manap, Abdul. 2016. Revolusi Manajemen Pemasaran. Jakarta : Mitra Wacana Media.

Mulia. 2017. Double Sales: Rahasia Menggandakan Penjualan Bahkan Lebih. Jakarta : PT. Elex Media Komputindo.

Noor, Juliansyah. 2017. Metodologi Penelitian Skripsi, Tesis, Desertasi, & Karya Ilmiah. Cetakan ke 7. Jakarta : Kencana.

Nurhayati, Soetriono, Shanti Akhiriani. 2021. Teknologi Pengolahan Limbah Kulit Pisang. Jember : UNEJ PRESS.

Rangkuti. 2019. Strategi Promosi yang kreatif dan Analisis Kasus Integrated Marketing Communicaton. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.

Riyanto dan Hatmawan. 2020. Metode Riset Penelitian Kuantitatif Penelitian di bidang Manajemen, Teknik, Pendidikan, dan Eksperimen. Cetakan Pertama. Yogyakarta : DEEPUBLISH.

Rossanty, Yossie, Muhammad Dharma Tuah Putra Nasution, Firman Ario. 2018. Consumer Behavior. Medan : Lembaga Penelitian dan Penulisan Ilmiah Aqli.

Santoso, Singgih. 2019. Mahir Statistik Parametrik. Jakarta : PT. Elex Media Komptindo.

Setiadi, Nurgroho J. 2019. Perilaku Konsumen. Jakarta :Prenadamedia Group.

Sujarweni, V. Wiratna. 2018. Metodologi Penelitian Bisnis dan Ekonomi Pendekatan Kuantitatif. Yogyakarta : Putaka Baru Press.

Suryadi, Edi. Deni Darmawan, Ajang Mulyadi. 2019. Metode Penelitian Komunikasi. Bandung : Remaja Indonesia.

Yusuf, A. Muri. 2019. Metode Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan. Edisi Pertama. Cetakan Kedua.. Jakarta : Kencana




DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v5i2.4104

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter