Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Purchase Intention Melalui Brand Image Pada Smartphone X

Muchamad Ridwan, Imanuddin Hasbi

Sari


Saat ini dunia mengalami perkembangan teknologi yang sangat pesat, terutama dalam hal komunikasi seperti smartphone. Banyak merek smartphone yang berkembang di Indonesia salah satunya yaitu smartphone X. Smartphone X memanfaatkan sosial media untuk melakukan aktivitas strategi pemasaran maupun penyebaran informasi produk. Meski begitu, smartphone X terus mengalami penurunan dalam survei Brand Index yang merepresentasikan turunnya minat beli masyarakat terhadap produk smartphone tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Social Media Marketing terhadap Purchase Intention melalui Brand Image pada smartphone X. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode non-probability sampling dengan total sampel sebanyak 385 responden. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan metode Structural Equation Model (SEM) dengan bantuan software SmartPLS versi 3.2.9. Hasil dari analisis deskriptif menunjukkan bahwa Social Media Marketing, Brand Image, dan Purchase Intention berkategori baik. Dari hasil hipotesis menunjukkan bahwa Social Media Marketing (X) memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Purchase Intention (Y), Social Media Marketing (X) memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Brand Image (Z), Brand Image (Z) memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Purchase Intention (Y), Social Media Marketing (X) memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Purchase Intention (Y) melalui Brand Image (Z).

 

Kata Kunci: Sosial Media Marketing, Citra Merek, Minat Pembelian


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Armawan, I., Sudarmiatin, Hermawan, A., & Rahayu, W. P. (2022). The effect of social media marketing, SerQual, eWOM on purchase intention mediated by brand image and brand trust: Evidence from black sweet coffee shop. International Journal of Data and Network Science, 141.

Budiastuti, D., & Bandur, A. (2018). Validitas dan Reliabilitas Penelitian. Jakarta: Mitra Wacana Media .

dataindonesia.id. (2023, 01 17). Pengguna Smartphone Indonesia Terbesar Keempat Dunia pada 2022. Retrieved from dataindonesia.id: https://dataindonesia.id/digital/detail/pengguna-smartphone-indonesia-terbesar-keempat-dunia-pada-2022

idntimes.com. (2021, 03 09). 7 Brand HP yang Kuasai Pasar Indonesia, Banyak yang Punya. Retrieved from idntimes.com: https://www.idntimes.com/tech/gadget/amp/nena-zakiah-1/brand-smartphone-yang-menguasai-market-indonesia

Sarwono, J., & Narimawati, U. (2015). Membuat Skripsi, Tesis, dan Disertasi dengan Partial Least Square SEM (PLS-SEM). Yogyakarta: ANDI.

Savitri, C., Hurriyati, R., Wibowo, L. A., & Hendrayati, H. (2022). The role of social media marketing and brand image on smartphone purchase intention. International Journal of Data and Network Science , 185-192.

statista.com. (2022, 01 19). Number of smartphone users in Indonesia from 2019 to 2021 with forecasts until 2028 (in millions). Retrieved from statista.com: https://www.statista.com/statistics/266729/smartphone-users-in-indonesia/#:~:text=The%20number%20of%20smartphone%20users,India%20and%20the%20United%20States.&text=In%202018%2C%20the%20subscriber%20count,Telkomsel%20amounted%20to%20163%20million

statista.com. (2023, 02). Most Commonly Used Social Media Platform for Purchases During The Last 12 Months in Indonesia as of February 2023. Retrieved from statista.com: https://www.statista.com/statistics/1373651/indonesia-social-media-platforms-used-for-social-commerce/?locale=en

topbrand-award.com. (2022). topbrand-award.com. Retrieved from Komparasi Brand Index: https://www.topbrand-award.com/komparasi_brand/bandingkan?id_award=1&id_kategori=10&id_subkategori=166&tahun_awal=2019&tahun_akhir=2022&brand1=iPhone&brand2=Oppo&brand3=Samsung&brand4=Vivo&brand5=Xiaomi




DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v6i2.4444

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter