PENGARUH SYSTEM DAN KUALITAS SDM TERHADAP KUALITAS PELAYANAN MELALUI KINERJA PEGAWAI PADA KANTOR KESYAHBANDARAN UTAMA MAKASSAR

Rukaya Rukaya, Jamil Thalib, Hasmin Tamsah

Sari


ABSTRAK

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh: (1) Sistem informasi manajemen terhadap kinerja pegawai pada Kantor Kesyahbandaran Utama Makassar. (2) Kualitas SDM terhadap kinerja pegawai pada Kantor Kesyahbandaran Utama Makassar. (3) Sistem informasi manajemen terhadap kualitas pelayanan pada Kantor Kesyahbandaran Utama Makassar. (4) Kualitas SDM terhadap kualitas pelayanan pada Kantor Kesyahbandaran Utama Makassar. (5) Kinerja pegawai terhadap kualitas pelayanan pada Kantor Kesyahbandaran Utama Makassar. (6) Sistem informasi manajemen terhadap kualitas pelayanan melalui kinerja pegawai pada Kantor Kesyahbandaran Utama Makassar. (7) Kualitas SDM terhadap kualitas pelayanan melalui kinerja pegawai pada Kantor Kesyahbandaran Utama Makassar. Desain penelitian yang digunakan adalah riset kausal. Adapun populasi sasarannya adalah seluruh pegawai pada Kantor Kesyahbandaran Utama Makassar, dengan teknik sample jenuh yakni sebanyak 100 orang responden. Dalam menguji hipotesis digunakan teknik analisis jalur dan sobel test untuk menguji pengaruh tidak langsung. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Sistem informasi manajemen berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai pada Kantor Kesyahbandaran Utama Makassar. (2) Kualitas SDM berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai pada Kantor Kesyahbandaran Utama Makassar. (3) Sistem informasi manajemen berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas pelayanan pada Kantor Kesyahbandaran Utama Makassar. (4) Kualitas SDM berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas pelayanan pada Kantor Kesyahbandaran Utama Makassar. (5) Kinerja pegawai berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas pelayanan pada Kantor Kesyahbandaran Utama Makassar. (6) Sistem informasi manajemen berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas pelayanan melalui kinerja pegawai pada Kantor Kesyahbandaran Utama Makassar. (7) Kualitas SDM berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas pelayanan melalui kinerja pegawai pada Kantor Kesyahbandaran Utama Makassar.

Kata Kunci:       Sistem Informasi Manajemen, Kualitas SDM, Kinerja Pegawai, Kualitas Pelayanan.

ABSTRACT

The purpose of this study is to analyze the influence of: (1) Management information system on employee performance in the Makassar Main Kesyahbandaran Office. (2) Quality of HR on employee performance at the Makassar Main Kesyahbandaran Office. (3) Management information system on service quality at the Makassar Main Kesyahbandaran Office. (4) Quality of human resources on service quality in the Makassar Main Kesyahbandaran Office. (5) Employee performance on service quality in the Makassar Main Kesyahbandaran Office. (6) Management information systems on service quality through employee performance at the Makassar Main Kesyahbandaran Office. (7) Quality of HR on service quality through employee performance at the Makassar Main Kesyahbandaran Office. The research design used is causal research. The target population is all employees in the Makassar Main Kesyahbandaran Office, with saturated sample techniques which are as many as 100 respondents. In testing the hypothesis used path analysis techniques and sobel tests to test for indirect effects. The results of this study indicate that: (1) Management information systems have a positive and significant effect on employee performance at the Makassar Main Kesyahbandaran Office. (2) Quality of HR has a positive and significant effect on employee performance at the Makassar Main Kesyahbandaran Office. (3) Management information systems have a positive and significant effect on service quality in the Makassar Main Kesyahbandaran Office. (4) Quality of HR has a positive and significant effect on the quality of service at the Makassar Main Kesyahbandaran Office. (5) Employee performance has a positive and significant effect on the quality of service at the Makassar Main Kesyahbandaran Office. (6) Management information systems have a positive and significant effect on service quality through employee performance at the Makassar Main Kesyahbandaran Office. (7) Quality of HR has a positive and significant effect on service quality through employee performance at the Makassar Main Kesyahbandaran Office.

Keywords:       Management Information Systems, Quality of HR, Employee Performance, Service Quality

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Amhas, M. (2018). Pengaruh Kualitas Sumber Daya Manusia, Kualitas Pelayanan dan Kinerja Pegawai terhadap Kepuasan Pelanggan pada Kantor Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) Makassar 01 Selatan. Jurnal Mirai Management, 3(1), 136-149.

Asri, S. (2008). Pengaruh Pengembangan Aparatur terhadap Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pelanggan (Studi pada Kantor Samsat Dinas Pendapatan Daerah Prov. Kaltim). Jurnal Borneo Administrasi.

Azhar., 2007. Faktor-faktor yang mempengaruhi Keberhasilan Penerapan Permendagri No. 13 Tahun 2006 Pada Pemerintah Kota Banda Aceh. Program Pasca Sarjana USU. Medan,

Dwiyanto, Agus (2006) Mewujudkan Good Governance Melalui Pelayanan Publik. Yogyakarta, Gadjah Mada University.

Fachmi, M., Setiawan, I. P., & Hidayat, A. (2019). Analysis of Factors Affecting Consumer Purchase Decision at Online Shops. International Journal of Innovative Science and Research Technology, 4 (3).

Mardi, M. (2017). Pengaruh Sistem Informasi Manajemen Pegawai Terhadap Kualitas Pelayanan Administrasi Kepegawaian di Badan Kepegawaian Daerah Kota Samarinda. JURNAL UNIVERSITAS MULAWARMAN, 1(2), 535-547.

Mocodompis, H. (2015). Pengaruh Kualitas Sumber Daya Manusia Aparatur terhadap Peningkatan Kinerja di Badan Kepegawaian Daerah Kabupatenbolaang Mongondow Utara. JURNAL POLITICO, 2(6).

Netty, Ema. (2006). Pengaruh SIM Terhadap Prestasi Kerja Karyawan Pada PDAM Tirtanadi Medan.

Permadi, N.Y., dan Abdurrahman, D. (2017). Pengaruh Kualitas SDM dan Komitmen Organisasi terhadap Kinerja Karyawan di PT Kimia Farma,Tbk Bandung. Prosiding Manajemen 4 (2).

Raymond, C. P., Hatane, S., & Hutabarat, J. (2015). Analisis Kualitas Sumber Daya Manusia, Kualitas Pelayanan, Kinerja Organisasi, Kepercayaan Masyarakat Dan Kepuasan Masyarakat (Studi Kasus: Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Kabupaten Nabire). Jurnal Teknologi dan Manajemen Industri, 1(1), 1-8.

Sedarmayanti. (2009). Birokrasi dan Manajemen Pegawai Negeri Sipil. Rafika ADITAMA, Bandung.

Suyitno, S. (2017). Analisis Penerapan Sistem Informasi Manajemen dan Kompetensi Pegawai Serta Pengaruhnya terhadap Kinerja Pegawai. Journal of Applied Business Administration, 1(2), 270-279.

Tadeko, N. (2017). Pengaruh Sistem Pengendalian Intern Pemerintah terhadap Kualitas Pelayanan pada Satuan Kerja Perangkat Daerah (Survey pada Pemerintah Daerah Kabupaten Banggai). Katalogis, 5(2).

Timang, Y. (2018). Penerapan Sistem Informasi Manajemen Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik Pada Kantor Camat Poasia Kota Kendari. Rez Publica, 1(2), 43.

Wiranda, F. A., Prihatini, A. E., & Hidayat, W. (2015). Pengaruh Sistem Informasi Manajemen Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan PT. Pln (Persero) Distribusi Jakarta Raya Dan Tangerang Bidang Sumber Daya Manusia Dan Keuangan. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 4(3), 136-144.


Article Metrics

Sari view : 130 times
PDF - 0 times

DOI: https://doi.org/10.2568/yum.v2i2.446

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter