Learning By Doing: Sebuah Praktik Roleplay Untuk Mendorong Antusiasme Mahasiswa Gen-Z Di Perkuliahan Komunikasi Bisnis Dasar
Sari
Distribusi ilmu dalam pembelajaran adalah proses penyampaian pengetahuan dalam bentuk informasi, konsep, prinsip dasar dan atau gagasan dari dosen kepada mahasiswa maupun sebaliknya. Keefektifan proses tersebut sangat bergantung pada kontribusi antara komunikan dan komunikator. Selama perkuliahan, karena dosen memegang penuh kendali dalam kelas, maka tanggung jawab untuk melaksanakan proses pembelajaran yang kondusif dan efektif berada di dosen pengampu mata kuliah. Salah satu cara penyampaian pembelajaran adalah Pola internalisasi yang merupakan pola distribusi pengetahuan dari pengalaman atau contoh tindakan menjadi suatu model pengetahuan yang disimpan dalam memori atau dengan istilah umumnya adalah konsep “Learning by Doing”. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kontribusi roleplay terhadap antusiasme mahasiswa di perkuliahan Komunikasi Bisnis Dasar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan objek penelitian adalah mahasiswa tingkat pertama di Porgram Studi D3 Administrasi Bisnis. Data diambil melalui pengamatan langsung, dan wawancara terbuka. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat menambah wawasan knowledge management dalam pendistribusian materi ke mahasiswa
Kata Kunci: Komunikasi, Knowledge Management, Roleplay, Gen-Z.
Abstract
Distribution of knowledge in learning is the process of conveying knowledge in the form of information, concepts, basic principles and or ideas from lecturers to students and vice versa. The effectiveness of the process is highly dependent on the contribution between the communicant and the communicator. During class, the lecturer aims to hands-on the responsibility for carrying out a conducive and effective learning process. One of a kind of learning method is the pattern of internalization which is a pattern of distribution of knowledge from experience or examples of action into a model of knowledge stored in memory or in general terms is the concept of "Learning by Doing". This study aims to describe the contribution of roleplay to student’s enthusiasm during Business Communication Lectures. This study used a qualitative method with the object of research being first year students at the D3 Business Administration Study Program. Data was collected through direct observation, open interviews. The results of this study are expected to add insight into knowledge management in distributing material to students.
Keywords: Communication, Knowledge Management, Roleplay. Gen-Z.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Dalkir, Kimiz. (2005). Knowledge Managemet in theory and practice. Massachussets: McGill University.
Djojodibroto, Rahardjo Darmato. (2004). Tradisi Kehidupan Akademik. Yogyakarta: Galang Press Group.
Nugrahani, Farida. (2014). Metode Penelitian Kualitatif dalam Penelitian Pendidikan Bahasa. Surakarta: Solo Press.
Octavianty, Erwina. (2011). Role Playing pada Perkuliahan Fisika Lingkungan Sub Bahasan Pencemaran. Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA. 2 (02) Agustus 2011.
Rakhmah, Diyan Nur. (2021). Gen Z Dominan, Apa Maknanya bagi Pendidikan Kita?
https://pskp.kemdikbud.go.id/produk/artikel/detail/3133/gen-z-dominan-apa-maknanya-bagi-pendidikan-kita. (Accessed on May 12th ).
S. Harningsih Fitri. (2019). Peran Mahasiswa dalam Menerapkan Komunikasi Interpersonal di Perkuliahan. Liabilities Jurnal Pendidikan Akuntansi., 2(2019), 146-161.
Siswoyo, Dwi. (2007). Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: UNY Pers.
Stillman, David & Jonah. (2017). Gen-Z @ Work. How the Next Generation in Transforming the Workplace. New York: Harper Publisher.
DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v6i2.4557
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional